BINUS University menunjukan komitmen dalam memberikan layanan pendidikan terbaiknya dengan kembali menyelenggarakan acara Studium Generale. Bersama ini BINUS University mengajak mahasiswa BINUS Online Learning untuk mengikuti kuliah tamu yang diselenggarakan pada tanggal 7 Desember 2016 melalui webinar.

Seperti acara yang telah diselenggarakan pada agenda kegiatan sebelumnya, BINUS selalu menyuguhkan tema yang menarik. Dan pada Studium Generale kali ini, tema yang diangkat adalah “Strategy Social Campaign to Raise Social Awareness” untuk pembicara yang diundang membawakan topik tersebut adalah Dewi Satriani seorang Campaign and Mobilization dari Manager WWF Indonesia.

Pada kesempatannya tersebut, Dewi berbagi pengetahuan dan pengalamannya dalam membangun sebuah kampanye sosial yang sudah seringkali diselenggarakan oleh organisasi tempatnya bernaung. Sebagai organisasi nirlaba yang memang bergerak di bidang sosial, khususnya pelestarian lingkungan hidup, kampanye sosial menjadi salah satu roda penggerak menuju objektif yang tentu sesuai dengan visi-misi organisasi.

“Dengan visi untuk menjaga ekosistem dan keanekaragaman hayati Indonesia dan mengelolanya secara berkelanjutan dan merata, menjadi tugas kami untuk terus meningkatkan kepedulian masyarakat akan lingkungan hidup di sekitarnya. Dengan kampanye sosial, tujuan kami bisa jadi tercapai,” ucap Dewi.

Di depan Binusian yang hadir acara hari ini, selain menceritakan pengalamannya, Dewi juga membagi kiat-kiat untuk mampu menjalankan strategi kampanye sosial yang efektif agar mampu mencapai tujuan yang ingin diraih.

Dewi menyebutkan, setidaknya ada lima komponen utama untuk menjalankan sebuah kampanye sosial; Target Audience, Key Message, Calls (to) Action, Campaign Monitoring and Evaluation, dan Exit Strategies. Kelima komponen ini menurut Dewi, penting untuk menjadi perhatian apabila ingin membuat sebuah strategi kampanye sosial.

Dengan diselenggarakannya Studium Generale kali ini, diharapkan mampu meningkatkan kemampuan Binusian, untuk mampu membuat sebuah kampanye sosial yang baik. Sehingga setidaknya mampu meningkatkan kepedulian sosial masyarakat Indonesia lebih luas dan menjadikan bangsa ini memiliki kehidupan sosial yang jauh lebih baik.