BINUS Online

Mau Ujian Online Lancar? Intip Tips Berikut, Yuk!

Menjalani kuliah online memang menguntungkan, terutama untuk kamu yang kuliah sambil bekerja. Di BINUS ONLINE LEARNING misalnya, mahasiswa bisa mengakses bahan ajar dengan mudah, mengatur jadwal belajar secara fleksibel, dan dapat berdiskusi dengan dosen maupun teman sekelas kapan saja lewat LMS.

Keuntungan berikutnya, mahasiswa juga cukup mengikuti ujian online di rumah atau di kantor. Jadi, kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke kampus untuk mengikuti ujian. Benar-benar perkuliahan yang full online

Namun, jika melakoni kuliah jarak jauh adalah hal baru buatmu, ujian tanpa tatap muka bisa terasa asing. Ada kekhawatiran ujian berjalan kurang lancar karena beberapa hal, seperti faktor teknis.

Supaya hal itu tidak terjadi padamu, simak 6 tips berikut ini yuk!

1. Teliti Lagi Prosedur Ujian

Prosedur ujian online berbeda dengan ujian tatap muka di kampus. Masing-masing kampus juga punya kebijakan sendiri terkait pelaksanaan ujian. Tugas pertama kamu adalah meneliti lagi bagaimana ujian ini dilaksanakan. Mulai dari platform yang dipakai (misalnya lewat LMS), persyaratan yang harus dipenuhi, hingga peraturan ujian yang berlaku.  

Pelajari baik-baik prosedur tersebut sebelum melaksanakan ujian. Pendek kata, persiapanmu bukan hanya mempelajari materi saja, tetapi juga memahami beberapa prosedur ujian yang perlu dilakukan. 

2. Koneksi Internet Stabil jadi Penentu

Nah, ini juga jadi faktor penentu kelancaran ujian. Jika di rumah sudah tersedia Wifi, bisa dibilang aman karena koneksi internet lewat Wifi relatif stabil. Namun, tidak ada salahnya kamu juga menyiapkan paket data di smartphone. Langkah ini perlu dilakukan sebagai antisipasi saat terjadi kendala dalam koneksi internet. Setidaknya kamu bisa mengandalkan tethering mobile hotspot supaya tetap bisa mengerjakan soal ujian.

3. Cek Kebutuhan Penunjang Ujian 

Masing-masing jurusan kuliah online biasanya punya kebutuhan penunjang ujian yang telah ditentukan, seperti aplikasi, software, atau peralatan lain sesuai yang diminta dosen bersangkutan. Misalnya, untuk mahasiswa Sistem Informasi atau Teknik Informatika harus menyediakan software khusus coding. Sementara, mahasiswa Akuntansi perlu memastikan software komputer akuntansi berjalan baik.

Sekali lagi, cek dahulu apakah semua kebutuhan penunjang itu sudah berfungsi baik sebelum pelaksanaan ujian. Apalagi, kamu diberikan waktu terbatas untuk menyelesaikan semua soal. Persiapan yang matang akan membuatmu bisa fokus pada ujian. 

4. Periksa Jadwal Ujian

Sekalipun kuliah jarak jauh terkesan santai karena kamu leluasa mengatur jadwal, tidak demikian dengan waktu ujian. Pihak kampus sudah menetapkan jadwal ujian sedemikian rupa agar semua mahasiswa dapat menyelesaikan soal tepat waktu. Maka, periksa jadwal ujian jadi langkah berikut yang harus kamu lakukan. 

Misalnya, ujian berlangsung pukul 08.00. Sebaiknya kamu sudah siap 30 menit sebelumnya. Cari tempat yang nyaman dan tenang di rumah agar konsentrasimu tidak mudah buyar. Kenakan pakaian rapi, siapkan peralatan yang dibutuhkan, dan jangan lupa sarapan. 

5. Jawab Sesuai Ketentuan Soal yang Diberikan

Setiap dosen tentu memberlakukan aturan berbeda untuk ujian mata kuliahnya. Simak baik-baik bagaimana cara menjawab atau mengerjakan soal. Cek juga kapan deadline atau durasi ujian berlangsung. Segera kerjakan ujian supaya bisa selesai tepat waktu.

Jika ujian mengharuskan kamu membuat suatu dokumen dan dikumpul dalam batas waktu tertentu, periksa format file yang harus diunggah. Beri nama file sesuai dengan nama mata kuliah supaya tidak tertukar. Simpan semua file dalam folder khusus agar mempermudah kamu saat mengunggah ke platform ujian.   

6. Periksa Kembali Seluruh Jawaban Sebelum di kirim

Tips terakhir tidak kalah penting lho. Periksa dengan cermat seluruh jawaban kamu sebelum mengirimnya. Telusuri lagi satu per satu dari bagian awal soal sampai akhir. Pastikan tidak ada soal yang terlewat dikerjakan, meski semua proses ini dapat dideteksi sistem. Namun, tidak ada salahnya untuk meneliti sendiri kan?

Setelah tahu keenam tips menjalani ujian online, sekarang kamu juga perlu beristirahat cukup dan makan makanan bergizi. Dengan kondisi tubuh yang bugar, kamu akan lebih siap menjalani ujian dan bisa memperoleh nilai memuaskan.  Semoga tips ini bermanfaat ya!

Baca Juga: Skill Menjalani Kehidupan Sosial dan Profesional yang Baik

 

Whatsapp