BINUS Online

10 Peluang Profesi bagi Lulusan Manajemen Bisnis

Banyak orang tua yang berharap agar anak mereka bisa masuk jurusan manajemen bisnis. Salah satu alasannya karena banyak orang beranggapan jika peluang profesi bagi lulusan manajemen bisnis sangatlah luas. Tak hanya bisa bekerja sebagai karyawan di berbagai bidang perusahaan, seorang lulusan manajemen bisnis juga bisa menerapkan ilmunya untuk menjadi seorang entrepreneur. Menarik, bukan?

Peluang Profesi bagi Lulusan Manajemen Bisnis

Jurusan manajemen bisnis bisa bekerja di banyak bidang pekerjaan seperti marketing, perbankan, sumber daya manusia, business development, hubungan industrial dan lain sebagainya. Peran mereka bisa ditemukan di hampir semua industri, mulai dari retail, fashion, makanan, kesehatan, manufaktur, pariwisata dan sebagainya.

Dari ulasan di atas bisa kita lihat bahwa jurusan manajemen bisnis cukup menguasai pasar bisnis. Nah, lebih detailnya berikut beberapa peluang profesi bagi lulusan manajemen bisnis.

  1. Business development
    Peluang profesi bagi lulusan manajemen bisnis selanjutnya adalah business development. Pekerjaan ini juga memiliki rentang gaji yang cukup menggiurkan dan dimulai dengan rentang gaji 4 juta rupiah.
    Business development bertanggung jawab mengatur dan strategi pasar agar bisnis bisa lebih berkembang. Mereka bertugas untuk melakukan riset pasar, mencari peluang pelanggan baru, menyusun serta mempresentasikan rencana pengembangan bisnis, memahami produk sendiri dan produk para kompetitor, dan sebagainya.
  2. Project manager
    Peluang profesi bagi lulusan manajemen bisnis satu ini kian tahun kian diminati. Tanggung jawab yang besar mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga penyelesaian proyek menjadi tantangan dalam pekerjaan ini. Meski begitu, tantangan yang dihadapi tentu sebanding dengan gaji yang didapat. Biasanya gaji awal kisaran 4 juta rupiah dan bisa saja lebih tinggi tergantung dari perusahaan tempat Anda bekerja.
  3. Akademisi
    Siapa sangka jika lulusan manajemen bisnis juga bisa menjadi akademisi. Ya, Anda bisa menjadi seorang dosen setelah menyelesaikan gelar Master. Gaji untuk profesi ini juga cukup tinggi tergantung di mana universitas tempat Anda mengajar. Namun, kisaran gaji biasanya mulai dari 4 juta rupiah.
  4. Manajer Produksi Industri
    Profesi ini sangat penting dalam peningkatan produksi sebuah perusahaan. Seorang manajer produksi harus memastikan jika barang yang diproduksi telah melewat quality control (QC) dan juga harus memastikan ketersediaan bahan baku agar proses produksi tidak tersendat. Kisaran gaji untuk pekerjaan ini yakni 5 juta hingga 10 juta rupiah.
  5. Manajer penjualan
    Bagi Anda yang suka dengan ilmu pemasaran, Anda bisa melamar pekerjaan sebagai manajer penjualan. Di sini Anda harus mengelola semua aktivitas yang berkaitan dengan penjualan, mulai dari strategi apa saja yang akan digunakan dalam pemasaran hingga bagaimana produk tersebut bisa sampai ke tangan konsumen. Karena bisa dibilang ini juga sebagai ujung tombak dalam sebuah perusahan, gaji yang diberikan juga cukup besar, mulai dari 6 juta hingga belasan juta rupiah.
  6. Konsultan bisnis
    Apakah Anda ingin memiliki usaha sendiri dengan penghasilan yang lumayan besar? Anda bisa menjadi seorang konsultan bisnis. Seperti namanya, konsultan bisnis berperan untuk memberi masukan dan arahan untuk sebuah perusahaan untuk berkembang. Jika Anda ragu untuk bekerja sendiri, Anda bisa melamar pekerjaan sebagai konsultan bisnis di berbagai perusahaan. Saat ini banyak pula perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi konsultan bisnis dengan gaji mulai dari 5 juta rupiah.
  7. Manajer SDM
    Seorang manajer SDM bertugas untuk mengelola SDM atau Sumber Daya Manusia yang bekerja dalam sebuah perusahaan. Salah satu peran manajer SDM adalah memastikan jika sumber daya manusia di perusahaan tersebut bekerja maksimal sesuai dengan minat mereka. Selain itu, manajer SDM juga berperan untuk menjaga kinerja semua karyawan dengan mengadakan kegiatan seperti pelatihan atau training.
  8. Marketing executive
    Ini adalah salah satu peluang profesi bagi lulusan manajemen bisnis yang cukup menantang. Tugas utama dari marketing executive adalah memaksimalkan keuntungan dari strategi pemasaran yang tengah dijalankan. Strategi marketing disini tak hanya offline, tetapi juga termasuk digital marketing.
  9. Risk Manager
    Sebuah perusahaan membutuhkan seorang risk manager untuk mengurangi faktor risiko yang akan terjadi, baik itu risiko keselamatan, risiko keamanan, atau risiko keuangan. Nah, karena itulah tanggung jawab seorang risk manager juga cukup besar dan harus memiliki kemampuan problem solving dan analisis yang tinggi.
  10. Pengusaha
    Bagi Anda yang tidak suka bekerja di bawah pimpinan, solusinya jadilah pimpinan. Jurusan ini memberikan bekal yang mumpuni dan memadai bagi para calon pengusaha. Anda akan belajar banyak bagaimana cara mendirikan usaha, mempertahankannya, mengembangkannya, serta mengantisipasi segala risiko. Nah, untuk rentang gaji dari pekerjaan ini juga cukup bervariasi, tergantung dari kemampuan dan target Anda. Penghasilan dari pengusaha bisa mulai jutaan hingga puluhan juta.

Luasnya peluang profesi bagi lulusan manajemen bisnis sudah pasti membuatnya memiliki banyak peminat. Untuk mewadahi banyaknya peminat jurusan manajemen bisnis, saat ini sudah banyak kampus dengan jurusan ini. Salah satu kampus terbaik yang direkomendasikan adalah BINUS ONLINE.

BINUS ONLINE adalah satu dari sekian banyak kampus yang memiliki jurusan manajemen bisnis. Bedanya, BINUS memiliki progam Online Learning sehingga sangat memungkinkan bagi Anda yang sudah bekerja atau telah memiliki bisnis untuk tetap bisa kuliah tanpa perlu khawatir dengan jadwal perkuliahan. Dengan kata lain, jadwal perkuliahan di BINUS ONLINE cukup fleksibel.

Selain itu, BINUS juga memiliki berbagai fasilitas canggih yang siap mengakomodasi kebutuhan Anda. BINUS ONLINE juga memiliki dosen pengajar kreatif yang dijamin tak akan membuatmu bosan meski belajar lewat daring.

Whatsapp