BINUS Online

Apakah Jurusan Manajemen Bisnis Harus Pintar Matematika?

Jurusan manajemen bisnis adalah salah satu jurusan yang di dalamnya terdapat dua area yang sangat luas yang berguna untuk pelatihan, perekrutan, serta koordinasi dan juga untuk menjadi seorang manajer dalam pengambilan keputusan agar membuahkan hasil yang efektif untuk mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.

Untuk Anda yang berminat memilih jurusan manajemen dan bisnis ini, sebaiknya Anda harus memfikirkannya dengan baik. Hal ini karena jurusan tersebut mempelajari berbagai macam aktivitas, mulai dari perancangan, pengoperasian, hingga pengelolaan di sebuah bisnis atau usaha.

Adapun beberapa contoh ilmu yang dipelajari selama Anda menjadi seorang mahasiswa  manajemen bisnis, seperti ilmu manajemen, di mana di dalamnya terdapat mata kuliah manajemen proyek dan juga manajemen mutu, hingga sampai skill dalam berkomunikasi dan cara melakukan negosiasi yang benar.

Namun, Anda jangan khawatir karena jurusan manajemen bisnis ini merupakan salah sau jurusan yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin berkarir di dunia usaha atau bisnis. Sebab, jurusan tersebut disediakan untuk mencetak seseorang agar menjadi seseorang yang mahir dan profesional dalam mengelola bisnis dan juga manajemen.

Pentingnya Matematika dalam Manajemen Bisnis

Jika Anda mempunyai minat yang serius, misalnya Anda ingin menguasai dasar perhitungan matematika dengan baik, maka jurusan manajemen yang ini akan banyak melibatkan sebuah perhitungan yang sangat dalam.

Akan tetapi dalam dunia bisnis, konsentrasi matematika bisnis ini sangat berguna untuk sebuah perusahaan, di mana jurusan ini akan berguna untuk merekan dan juga mengelola seluruh operasi dalam bisnis. Matematika bisnis ini nantinya akan mempelajari tentang statistika logika matematika, kalkulus, dan masih banyak lagi.

Ilmu matematika ini sangat penting dalam dunia bisnis karena digunakan sebagai alat atau media dalam menyederhanakan penyajian serta memahami berbagai macam masalah. Dengan menggunakan bahasa matematika, semua masalah dan kendala yang nantinya dialami di dunia bisnis bisa menjadi lebih sederhana dalam penyajiannya, mudah dipahami, mudah dianalisis, serta dapat dipecahkan dengan baik.

Hubungan antara Kuliah Bisnis Manajemen dan Matematika

Manajemen Bisnis dalam arti pendidikan adalah sebuah materi studi yang mencetak Anda menjadi profesional dalam mengatur sebuah perusahaan. Sedangkan defisini manajemen bisnis dalam harfiah adalah sebuah proses dasar yang sangat penting dilakukan dan diperhatikan saat membangun ataupun menjalankan sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan yang baik  bisa dilihat dari manajemen bisnis yang bagus pula.

Pada dasarnya, ada kaitan erat antara kuliah bisnis dan matematika. Jika Anda mengambil jurusan kuliah bisnis, ada beberapa mata kuliah yang akan Anda dapatkan, di antaranya organisasi tata niaga, pengantar bisnis, akuntansi keuangan, ekonomi mikro dan makro, perpajakan, hingga manajemen keuangan. Jadi, jika dilihat dari beberapa jurusan yang terdapat di dalam kurikulum kuliah bisnis, maka sudah jelas banyak mata kuliah yang berbau matematika.

Berbicara soal apa yang dipelajari dalam kuliah manajemen bisnis sebetulnya sangat kompleks, di antaranya  pembuatan rencana, pengembangan strategi, wirausaha, marketing prosedur-prosedur dalam bisnis, perekrutan sumber daya, pembukuan, dan kepemimpinan. Namun, secara global ada beberapa poin yang perlu diperhatikan, antara lain komunikasi dan negosiasi, pengantar akuntansi, perilaku organisasi, statistika bisnis, pendidikan pancasila, pendidikan agama, serta bahasa inggris.

Jika dilihat dari prospek kerja, ada banyak ada banyak sekali peluang kerja yang bisa diisi untuk Anda lulusan manajemen bisnis, di antaranya sebagai data entry, staff purchasing, admin operation support, dan lain sebagainya. Sebagai lulusan manajemen bisnis, sebenarnya Anda bisa masuk ke banyak bidang  seperti produksi dan penyedia jasa. Sebab, tidak bisa dipungkiri pada setiap perusahaan besar maupun kecil, lama ataupun start-up juga membutuhkan manajemen bisnis yang baik pada perusahaanya.

Yang Harus Dipersiapkan sebelum Mengambil Jurusan Manajemen Bisnis

Untuk Anda yang ingin mengambil jurusan manajemen bisnis, ada beberapa hal yang harus disiapkan. Hal ini karena mengingat prospek kerjanya yang sangat luas, jadi Anda dapat memilih bidang apa yang akan Anda kuasai.

Selain itu, Anda juga harus mempunyai untuk berpikir yang analitik dan berpikir kritis sebagai mahasiswa manajemen bisnis. Bisa diambil contoh, jika Anda ingin menguasai konsentrasi manajemen keuangan, Anda juga harus menguasai perhitungan dasar matematika. Intinya, ilmu manajemen disini memiliki banyak sekali ruang yang akan Anda pelajari.

Di sini Anda bisa memilih satu atau lebih konsentrasi yang ingin Anda kuasai. Adapun beberapa konsentrasi mata kuliah di jurusan manajemen, di antaranya sebagai berikut:

  1. Manajemen pemasaran

Konsentrasi manajemen pemasaran adalah manajemen konsentrasi dalam pemasaran suatu produk di sebuah perusahaan. Di dalamnya terdapat berbagai macam kegiatan yang mendukung pemasaran suatu produk tertentu.

  1. Manajemen keuangan

Konsentrasi manajemen ini memiliki tujuan dalam pengelolaan semua aset dalam mendapatkan keuntungan yang sangat besar disuatu perusahaan. Sebagai seorang mahasiswa mangemen, Anda harus dapat menganalisis keuangan serta harus pintar dalam menyusun sebuah strategi dalam pengoptimalan keuangan perusahaan.

  1. Manajemen sumber daya manusia

Konsentrasi manajemen ini akan fokus pada pengelolaan SDM di sebuah perusahaan dalam mencapai tujuan secara maksimal. Manajemen SDM ini fokus dalam pengembangan karyawan, di mana ini merupakan salah satu aset pada sebuah perusahaan.

  1. Manajemen operasional

Manajemen operasional merupakan konsentrasi manajemen yang memiliki tanggung jawab dalam proses produksi di sebuah perusahaan. Manajemen ini akan mengawasi semua proses dari input hingga output, serta memastikan semuanya bekerja dengan baik demi mencapai tujuan perusahaan.

Nah, itulah pembahasan mengenai manajemen keuangan dan bisnis. Di sini bisa diambil kesimpulan, bahwa jurusan manajemen bisnis tidak harus pintar matematika. Hanya saja Anda harus memilih satu atau lebih konsentrasi manajemen dan Anda harus fokus pada pilihan Anda.

Namun, untuk Anda yang ingin belajar kuliah secara online, Anda bisa menggunakan Binus Online. Di sini Anda akan melakukan pembelajaran jarak jauh dengan jam kuliah yang sangat fleksibel.

Whatsapp