BINUS Online

Peranan Akuntansi Konsolidasi dalam Manajemen Risiko Keuangan

Salah satu dokumen yang sangat penting dalam bisnis adalah laporan akuntansi konsolidasi. Di mana dokumen tersebut menjadi tempat untuk mendata semua transaksi yang dilakukan induk maupun anak perusahaan.

Secara umum, laporan keuangan ini berperan besar dalam memberikan gambaran yang jelas terhadap seluruh grup perusahaan serta kinerja finansialnya. Selain itu juga berguna untuk membantu perusahaan dalam mengambil keputusan yang tepat.

Fungsi dan Manfaat Menyusun Laporan Akuntansi Konsolidasi

Menyusun laporan akuntansi jenis berfungsi untuk mengetahui bagaimana efek entitas anak perusahaan terhadap berbagai perkembangan induk perusahaan untuk jangka panjang. Laporan konsolidasi dinilai lebih efisien untuk perusahaan besar yang memiliki beberapa anak perusahaan. Sebab, hasil laporan keuangan ini dirasa lebih memudahkan perusahaan dalam mengetahui perkembangan bisnis secara menyeluruh.

Menyusun laporan akuntansi konsolidasi memang membutuhkan ketelitian yang luar biasa. Pasalnya, dalam penyusunan laporan ini juga harus mengecualikan dampak transaksi antar entitas agar dokumen bisa menjadi lebih efektif.

Apabila ada transaksi antar induk maupun anak perusahaannya, maka hal tersebut tidak akan masuk di dalam hitungan laporan keuangan ini. Penghapusan pendapatan bunga pada anak perusahaan di induknya  juga bisa dilakukan dengan menginvestasikan kas yang dimiliki.

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan bagi induk maupun anak perusahaan dengan membuat laporan akuntansi konsolidasi ini. Berikut adalah beberapa manfaat diantaranya.

1.       Menyederhanakan Laporan Keuangan

Menyusun laporan keuangan jenis konsolidasi ini bisa membantu perusahaan dalam menyederhanakan dan mengurangi dokumen, terlebih bagi yang memiliki banyak anak perusahaan. Hal inilah yang membuat laporan keuangan menjadi lebih efektif karena dipersingkat sekaligus diseleksi berdasarkan pada keluar maupun masuknya dana.

Meskipun istilahnya dipersingkat, namun tidak serta merta menghilangkan beberapa transaksi. Namun prosesnya saja yang disederhanakan supaya lebih mudah untuk dibaca dan dipahami.

2.       Dijadikan Bahan Evaluasi Kredibilitas Perusahaan

Manfaat selanjutnya dari akuntansi jenis ini adalah bisa melakukan evaluasi untuk menjaga kredibilitas perusahaan yang bisa menjadi rujukan para investor. Di dalam laporan ini juga akan terlihat bagaimana dampak dari entitas anak perusahaan terhadap perusahaan induknya. Ini lah nantinya yang akan menjadi landasan sebagai pengembangan untuk perusahaan induk dalam jangka panjang.

3.       Memberi Gambaran Umum Tentang Bisnis

Akuntansi konsolidasi juga bisa memberikan gambaran umum tentang bisnis untuk para investor, analisis finansial dan juga pemilik perusahaan. Gambaran ini mencakup hubungan antar anak perusahaan yang nantinya bisa berdampak bagi perkembangan perusahaan induknya.

Di sini, sekilas perusahaan bisa mengamati dan menilai sudah sejauh mana kesehatan dan keseluruhan bisnisnya. Selain itu, di sini juga akan terlihat sejumlah anak perusahaan yang kemungkinan akan saling berdampak terhadap perusahaan induknya.

Syarat Menyusun Laporan Akuntansi Konsolidasi

Menyusun laporan keuangan jenis konsolidasi ini juga membutuhkan syarat khusus. Adapun beberapa syarat yang perlu dipersiapkan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  1. 50% saham dari anak cabang setidaknya harus dimiliki oleh perusahaan induk.
  2. Perusahaan tetap bisa menyusun laporan akuntansi konsolidasi meski tidak memiliki saham 50% dari anak cabang, namun laporan yang disusun tentu saja harus berpusat di anak perusahaan.
  3. Laporan keuangan jenis konsolidasi ini bisa berlaku bagi perusahaan yang telah mencakup induknya dan memiliki kepemilikan saham.

Cara Menyusun Laporan Akuntansi Konsolidasi

Kamu bisa menyusun laporan jenis konsolidasi ini melalui Microsoft Excel ataupun aplikasi pendukung lainnya. Untuk langkah-langkahnya atau caranya bisa dengan mengikuti penjabaran berikut ini.

  1. Periksa terlebih dahulu laporan keuangan entitas induk maupun anak perusahaan secara menyeluruh. Di tahap awal ini, pembuat laporan akuntansi jenis konsolidasi ini harus teliti agar bisa membantu proses identifikasi kesalahan atupun kelalaian pada saat proses pencatatan. Identifikasi ini sangat berguna dalam koreksi penyesuaian.
  2. Sesuaikan laporan yang disusun dalam upaya mengeliminasi sejumlah laporan tentang laba maupun rugi pada beberapa perusahaan.
  3. Eliminasi penghasilan maupun dividen dari anak perusahaan. Selain itu juga kembalikan saldo akun investasi anak perusahaan pada saldo di awal periode.
  4. Kembalikan saldo dari akun investasi pada anak perusahaan ke saldo di awal periode.
  5. Lakukan penyesuaian kembali dengan membuat catatan di bagian kepentingan non pengendali terhadap laba sekaligus dividen dari anak perusahaan.
  6. Pada laporan entitas anak perusahaan, eliminasi saldo resiprokal yang semula dilaporkan di dalam laporan entitas keuangan pada induk perusahaan. Selain itu, eliminasi ekuitasnya juga sebelum dilaporkan kepada entitas keuangan anak perusahaan.
  7. Jika pada proses pembuatan laporan akuntansi konsolidasi ini kemudian ditemukan nilai selisih, maka ini adalah hal yang sangat wajar. Kamu tidak perlu khawatir, lakukan alokasi dan amortisasi saat selisih ini terjadi di dalam laporan.
  8. Jangan lupa untuk melakukan eliminasi juga terhadap sejumlah saldo resiprokal lain seperti pendapatan, utang piutang, beban dan lain sebagainya.

Laporan keuangan sangat berperan dalam membantu perusahaan mengambil keputusan agar perusahaan bisa berkembang. Namun perlu diingat, laporan akuntansi konsolidasi ini hanya dibutuhkan oleh perusahaan yang sudah memiliki sejumlah anak perusahaan. Apabila belum memiliki anak perusahaan atau perusahaan induk tidak mengambil alih kendali anak perusahaan, maka juga tidak perlu membuat laporan keuangan jenis ini.

Agar di masa depan bisa berkontribusi secara maksimal di dunia kerja, maka bekali ilmu seputar bisnis di BINUS ONLINE. BINUS adalah kampus yang sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah, namun terkendala waktu dan kesibukan lain. Menawarkan perkuliahan secara online, BINUS membantumu menjalani kuliah dengan waktu yang lebih fleksibel dengan materi kuliah yang mudah untuk dipelajari secara mandiri.

Whatsapp