BINUS Online

Perbedaan Coding dan Programming yang Wajib Diketahui

Masih ada banyak orang yang tidak mengetahui perbedaan antara coding dan programming itu seperti apa. Bahkan bagi Anda yang begitu tertarik mengambil jurusan Teknik Informatika (TI), belum tentu mengetahui perbedaan coding dan programing ini. Sekilas, keduanya memang sangat mirip dan mungkin memang saling berkaitan.

Belakangan, jurusan IT memang sedang banyak diminati karena memiliki prospek yang sangat bagus di masa depan. Terlebih saat ini banyak sekali perusahaan yang sedang membutuhkan lulusan programer profesional untuk bisa menciptakan aplikasi yang berkualitas. Bagi kalian yang merasa begitu terpanggil untuk menjadi seorang programmer, kalian wajib mengetahui tentang perbedaan coding dan programming terlebih dahulu.

Tentang Perbedaan Coding dan Programing

Menjadi seorang programmer yang profesional memang tidak harus melalui pendidikan formal karena bisa dipelajari secara otodidak melalui internet. Namun, jika Anda berminat mengenyam pendidikan formalnya, maka bisa mengambil jurusan Teknik Informatika untuk mendapatkan kemampuan dasarnya.

BINUS ONLINE menjadi salah satu kampus pencetak programer profesional yang bisa kalian pilih. Di sana, Anda bisa mengambil jurusan Computer Science yang bisa mengimbangi tren di era digital ini.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, antara coding dan programming sebenarnya sangat mirip dan mungkin akan saling berkaitan. Berikut adalah rincian perbedaan dari keduanya yang wajib Anda ketahui.

Coding

Coding adalah suatu bentuk aktivitas atau bisa juga dikatakan proses penulisan kode, yang tentunya disesuaikan dengan aturan kepenulisan (syntax) tertentu dari bahasa pemrograman yang digunakan. Coding sendiri merupakan sekumpulan kode yang bisa disatukan untuk menjadi sebuah program.

Saat ini telah ada banyak bahasa pemrograman yang bisa dikatakan populer dan banyak digunakan. Bahasa yang dipergunakan pemrograman untuk coding ini juga menyesuaikan produk dan program apa yang ingin dikembangkan.

Dengan mempelajari coding, Anda juga bisa mendapatkan kesempatan yang sangat baik di masa depan. Selain itu, berikut beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapat jika belajar coding.

  • Kemampuan coding yang Anda miliki bisa mendatangkan cuan. Baik itu dengan bergabung bersama perusahaan yang bergerak di bidang teknologi atau bisa dengan freelance atau bekerja sendiri.
  • Dengan belajar coding, Anda juga meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Tentu saja, karena ketika membuat program, Anda tentu tidak bekerja sendirian. Anda bakal bekerja dalam sebuah tim dan tentunya akan melakukan diskusi-diskusi untuk mencari jalan keluar apabila menemukan kendala saat proses pembuatan program. Secara tidak langsung, hal ini bisa melatih kemampuanmu dalam berkomunikasi.
  • Dengan belajar coding, Anda juga bisa belajar mengembangkan pola pikir yang ada di dalam kepala. Belajar coding memang mengharuskan Anda untuk belajar memecahkan masalah dengan cara yang paling logis agar program yang dibuat bisa bekerja dengan baik.

Programming

Berbeda dari coding, belajar programming bukan hanya sekedar mempelajari coding saja, tetapi Anda akan belajar tentang lebih banyak hal lagi. Perbedaan coding dan programing terlihat dari materi yang dipelajari. Materi yang harus Anda pelajari dalam programming di antaranya seperti memahami struktur data, mengimplementasikan algoritma, membuat konsep, analisis, dan memecahkan masalah.

Singkatnya, programming adalah sebuah aktivitas merancang dan membangun suatu program dalam komputer demi tercapainya hasil tertentu. Tujuan dari programming ini sendiri memang untuk menentukan urutan instruksi yang nantinya bisa mengotomatisasi tugas di komputer. Manfaat mempelajari programming juga sama dengan coding seperti, yaitu mendatangkan uang, mengasah kemampuan berpikir logis, dan meningkatkan keahlian analisis.

Cari Tahu Perbedaan Coding dan Programming

Setelah mengetahui tentang coding dan programming, sekarang Anda juga harus mengetahui perbedaan coding dan programing. Berikut penjelasan yang dirangkum untuk Anda.

  1. Coding
  • Hanya membutuhkan program text editor.
  • Wajib memahami dasar bahasa pemrograman syntax serta kata kunci umum.
  • Menerjemahkan dari bahasa manusia menjadi bahasa mesin.
  • Menghasilkan bagian dari salah satu proyek programmer.
  1. Programming
  • Membutuhkan peralatan untuk analisis, generator untuk kode, frameworkstesting dan program untuk
  • Proses pengembangan software atau perangkat lunak.
  • Menciptakan aplikasi utuh dan siap untuk digunakan.
  • Ahli dan berpengalaman menciptakan algoritma. Biasanya juga melakukan pemrosesan data, manajemen proyek dan modelling permasalahan.

Sudah terlihat bukan perbedaan coding dan programing itu seperti apa. Coding dan programming sendiri memang kata kerja yang memiliki makna yang berbeda. Meskipun berbeda, coding menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari programming.

Lebih singkatnya lagi, coding adalah proses menulis kode-kode untuk menciptakan sistem perintah. Sementara programming adalah proses pembuatan program utuh dari awal hingga akhir yang dimulai dari analisa, coding dan yang terakhir adalah uji coba terhadap program yang diciptakan.

Jika ada yang bertanya, apakah coding bisa disebut juga dengan progamming? Jawabannya tergantung dari tujuan Anda melakukan coding sendiri. Dari penjelasan di atas, maka ditemukan kesimpulan jika coding hanya menjadi bagian aktivitas dari programming.

Tempat Kuliah Paling Cocok Untuk Coding dan Programming

Setelah mengetahui perbedaan coding dan programing, ini saatnya Anda memantapkan jurusan yang ingin diambil di perguruan tinggi. Saat memilih jurusan, tentu saja harus menyesuaikan dengan minat dan bakat yang dimiliki. Mengambil jurusan kuliah yang sesuai dengan keinginan tentunya akan lebih menyenangkan, namun Anda juga jangan mengabaikan tentang prospek pekerjaan di masa depan.

BINUS ONLINE memiliki jurusan Computer Science yang sangat direkomendasikan untuk kalian yang sangat berminat menggeluti bidang coding dan programming. Peluang berkarir untuk jurusan ini sangatlah besar, terlebih ada yang menyebut jika Indonesia saat ini tengah darurat tenaga programmer.

Tunggu apa lagi, segera daftarkan diri Anda untuk menjadi bagian dari BINUS ONLINE. Dapatkan pengalaman dan ilmu bermanfaat bersama BINUS.

Whatsapp