BINUS Online

Fleksibel dan Bebas Tentukan Mata Kuliah, Kenali Sistem Modular: Bisa Kuliah Sambil Kerja

Perkuliahan online menjadi semakin matang dengan kehadiran sistem modular. Sistem ini juga memudahkan mahasiswa untuk berkuliah di tengah keterbatasan waktu. Begini keunggulannya.

Kuliah sambil kerja merupakan tantangan yang tidak bisa dibilang mudah. Agar dapat menyelesaikan kuliah, mahasiswa harus memberikan upaya yang lebih dan penuh dengan kesungguhan. Terlebih, perkuliahan reguler biasanya dirancang bagi mahasiswa yang memang fokus mendedikasikan beberapa tahun untuk mengenyam bangku kuliah.

Sebagian institusi perguruan tinggi mulai menimbang kebutuhan pekerja untuk mengejar pendidikan yang lebih tinggi tanpa meninggalkan pekerjaannya. Dari sini, lahirlah program-program perkuliahan baru untuk memfasilitasi mahasiswa yang memiliki keterbatasan waktu dalam menyelesaikan pendidikan. Perkuliahan dengan sistem modular merupakan satu di antaranya.

Perkuliahan Sistem Modular dan Keunggulannya

Sistem modular merupakan sistem yang membagi materi-materi ke dalam modul-modul yang lebih sederhana. Dengan sistem yang diakses secara online ini, mahasiswa dibebaskan untuk menentukan seberapa banyak mata kuliah yang akan diikuti dalam satu semester.  Ujian dan penugasan pun seluruhnya dilakukan secara online.

  1. Bebas Menentukan Mata Kuliah

Mahasiswa diberikan kebebasan untuk menentukan sendiri seberapa banyak mata kuliah yang akan diselesaikan dalam semester berjalan. Pemilihan bisa disesuaikan dengan ketersediaan waktu belajar, kemampuan menyerap materi, sampai keadaan finansial. Semakin banyak mata kuliah yang diselesaikan dalam setiap semester, semakin cepat pula waktu yang digunakan untuk menyelesaikan studi.

  1. Fleksibilitas Waktu

Mahasiswa pun bebas mengatur waktunya sendiri untuk menyelesaikan modul-modul yang tersedia. Tidak ada ketentuan tanggal pengerjaan per modul ataupun seberapa banyak modul yang harus selesai dalam satu hari. Batas waktu pengerjaan hanyalah batas global untuk menyelesaikan seluruh modul sebelum diselenggarakannya event lain dalam kalender pendidikan, misalnya ujian.

  1. Penghematan Biaya

Perkuliahan online sendiri sudah menghemat biaya kuliah. Dengan menggunakan sistem modular, biaya per semester bisa lebih ditekan lagi tergantung mata kuliah yang diambil. Dengan estimasi jumlah mata kuliah yang diambil setiap semester, mahasiswa dapat memprediksi berapa lama waktu yang diperlukan untuk kuliah. Tentu saja, dapat diperkirakan pula total biaya yang perlu dibayarkan.

  1. Kemudahan Akses Materi dan Tugas

Setiap materi dan tugas dapat diakses dengan mudah melalui platform Learning Management System (LMS). Materi berupa modul dan buku-buku pegangan dapat diunduh di sana, demikian pula dengan tugas-tugasnya. Bahkan, ketika sudah memasuki periode ujian, soal-soal ujian bisa diakses dari platform tersebut. Soal-soal ujian dapat dibuka setelah memasukkan kode yang diberikan penyelenggara ujian.

  1. Pengukuran Kemajuan yang Jelas

Keterukuran kemajuan mahasiswa pada setiap modul dan mata kuliah dapat dilihat dengan mudah melalui LMS. Nilai-nilai dari setiap tugas, modul, dan ujian dapat diakses secara transparan. Demikian pula, proporsi perhitungan setiap aspek tersaji dengan detail pada platform tersebut. Mahasiswa dapat menghitung sendiri hasil belajarnya secara adil dan membandingkannya dengan perhitungan oleh sistem.

Peluang dalam Pembelajaran Online

Pembelajaran online kini semakin terarah dan memiliki banyak keunggulan. Sistem ini menawarkan peluang yang lebih luas untuk mahasiswanya.

Interaksi mahasiswa yang intens dengan teknologi menciptakan pribadi yang  selaras dengan perkembangan zaman. Dengannya, mahasiswa dapat menumbuhkan semangat berkarya tanpa terbatasi ruang dan waktu.

Selain itu, pembelajaran online juga membentuk mahasiswa yang bisa menaklukkan tantangan sosial. Melalui sistem ini, mahasiswa bisa berkolaborasi dengan rekan mahasiswa dari latar belakang apa pun untuk menuntaskan target-target perkuliahan. Hal ini sekaligus mendobrak stigma individualisme dalam kuliah online.

Dari berbagai sudut pandang, pembelajaran online menggunakan sistem modular merupakan suatu inovasi di bidang pendidikan. Dengannya, pemerataan pendidikan ke pelosok daerah pun akan dapat terwujudkan.

***

Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. menyatakan bahwa BINUS ONLINE berkomitmen untuk mencetak lulusan berkualitas dari beragam latar belakang mahasiswa. Lembaga ini berupaya dapat mewadahi para lulusan sekolah menengah tingkat atas, lulusan diploma dan vokasi, hingga kaum pekerja agar dapat menyelesaikan jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. Di antaranya adalah dengan menyelenggarakan program perkuliahan 100% online.

“Melalui program-program BINUS ONLINE, termasuk di antaranya Sistem Modular, kami berkomitmen untuk memberikan fleksibilitas bagi mahasiswa, tetapi juga mendorong mereka untuk bertanggung jawab terhadap perkuliahan mereka. Bagi masyarakat yang memiliki kesibukan namun memiliki tujuan untuk meng-upgrade dirinya, maka BINUS ONLINE dapat menjadi pilihan untuk menempuh pendidikan tinggi” Ujar Pro. Harjanto Prabowo

BINUS ONLINE memahami bahwa tidak setiap orang memiliki banyak waktu untuk menjalani hari-hari perkuliahan. Untuk itulah, BINUS ONLINE menerapkan Sistem Modular yang membebaskan mahasiswa untuk berkuliah kapan pun dan di mana pun. Sistem ini mendorong mahasiswa untuk mengatur perkuliahannya secara mandiri dan disesuaikan dengan budget, keluangan waktu, serta kemampuan diri.

Whatsapp