BINUS Online

Punya Pengalaman Kerja? Kuliah Lebih Hemat dan Cepat dengan Rekognisi Pembelajaran Lampau

Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) merupakan sebuah penghargaan atas profesionalisme dan pengalaman kerja calon mahasiswa. Dengan ini, mahasiswa bisa berkuliah lebih cepat sambil tetap bekerja.

Bekerja sambil kuliah memerlukan sebuah tekad dan kesungguhan yang lebih dari aktivitas kuliah pada umumnya. Tanggung jawab pada pekerjaan yang mengiringi tugas perkuliahan membuat mahasiswa harus pandai membagi waktu dan perhatian. Terlebih, masa kuliah biasanya dibatasi dengan waktu maksimal kelulusan.

Sebagai penyelenggara pendidikan, sudah semestinya sebuah institusi pendidikan tinggi bonafide menunjukkan kepedulian terhadap karyawan atau pekerja profesional yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana. Universitas dapat memberikan kredit khusus atas profesionalisme yang diperoleh pengalaman kerja sebelum berkuliah.

Sekilas tentang Rekognisi Pembelajaran Lampau

Program ini bertujuan untuk memberikan penghargaan atas kepakaran yang diperoleh calon mahasiswa di dunia kerja. Oleh karena itu, program yang disebut Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) ini hanya bisa diikuti oleh lulusan sekolah menengah tingkat atas yang telah memiliki pengalaman kerja beberapa tahun.

Ketika mendaftar ke program RPL, calon mahasiswa akan melalui serangkaian tes untuk menyetarakan kemampuan profesionalnya dengan kurikulum perkuliahan. Tes kemampuan profesional tersebut akan dikonversi dalam kesetaraan jumlah mata kuliah.

Hasil konversi di atas akan digunakan untuk mengurangi jumlah mata kuliah yang harus diselesaikan oleh mahasiswa. Dengan demikian, mahasiswa program RPL tidak perlu mengikuti seluruh mata kuliah yang biasa diambil oleh mahasiswa S1 bidang pilihannya.

Mengapa Mendaftar Program RPL?

Karyawan, pelaku usaha, dan pegawai profesional perlu mempertimbangkan untuk mendaftar program RPL saat ingin melanjutkan pendidikan ke program sarjana. Alasannya bukan hanya karena terdapat pengurangan mata kuliah, melainkan juga karena sistem perkuliahan yang cocok ditempuh sambil bekerja. Berikut poin-poin kelebihannya.

  1. Kuliah Tidak Harus ke Kampus

Perkuliahan online menggunakan program RPL tidak mengharuskan mahasiswa untuk datang ke kampus. Dengan berbekal gadget dan koneksi internet, semua materi kuliah sudah bisa didapatkan. Pertemuan langsung dengan dosen pun dapat dilakukan menggunakan konferensi, chat, maupun email. Sistem perkuliahan ini sangat cocok untuk kaum pekerja tanpa harus meninggalkan pekerjaan regulernya.

  1. Waktu Perkuliahan Fleksibel

Dalam perkuliahan online, mahasiswa dibebaskan mengatur waktu belajarnya sendiri. Bagi mahasiswa yang berkuliah sambil bekerja, pembelajaran bisa dilakukan di luar jam kerja. Baik di hari kerja maupun akhir pekan. Mahasiswa bisa lebih mandiri mengelola waktu agar tetap dapat menyelesaikan target-target perkuliahan tanpa mengganggu pekerjaan utama.

  1. Tugas dan Ujian Online

Bukan hanya waktunya fleksibel dan tidak perlu datang ke kampus untuk kuliah, tugas dan ujian pada sistem perkuliahan ini pun dilakukan secara online. Dengan demikian, mahasiswa dapat tetap mengikuti ujian dan mengumpulkan tugas meskipun sehari-hari tetap bekerja seperti biasa. Proporsi nilai dan kemajuan perkuliahan juga dapat terpantau melalui platform pembelajaran yang digunakan.

  1. Lulus Kuliah Lebih Cepat

Ketika berkuliah melalui jalur RPL, akan diperoleh potongan jumlah mata kuliah yang harus diikuti hingga kelulusan. Sebabnya, agar dapat diterima menjadi mahasiswa resmi, pendaftar harus memenuhi hasil konversi mata kuliah minimal yang ditetapkan oleh kampus. Dengan demikian, mahasiswa memiliki kewajiban yang lebih sedikit daripada mahasiswa program reguler. Hasilnya, perkuliahan pun dapat diselesaikan dalam waktu yang lebih singkat.

  1. Menghemat Biaya Kuliah

Mahasiswa yang mendaftar melalui program RPL mendapatkan potongan jumlah mata kuliah sehingga menyingkat waktu perkuliahan. Hal ini tentu saja berpengaruh juga pada pembayaran biaya kuliah. Semakin sedikit mata kuliah yang diambil, biaya yang dibayarkan pun semakin kecil.

BINUS ONLINE, sebagai bagian dari BINUS UNIVERSITY, turut menyelenggarakan perkuliahan online dengan program RPL. Sistem RPL ini tersedia untuk program studi Akuntansi, Business Management, Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Teknik Industri. Pelamar haruslah memiliki pengalaman kerja minimal tiga tahun, terhitung sejak lulus sekolah menengah tingkat atas. Pengalaman ini dibuktikan dengan surat kerja.

Agar dapat diterima menjadi mahasiswa resmi BINUS ONLINE, hasil konversi minimal harus setara lima mata kuliah. Adapun, konversi maksimal yang dapat dilakukan adalah 15 mata kuliah. Dengan mengikuti program RPL, mahasiswa dapat menghemat satu hingga tiga semester periode kuliah. Jika dirupiahkan, percepatan ini dapat menghemat Rp6 juta sampai Rp19 juta.

Whatsapp