Binus Online kembali menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat (community service) secara on-site. Kali ini kegiatan dilaksanakan pada Sabtu, 20 April 2024 bertempat di SOS Children’s Village Cibubur. SOS Children’s Village adalah organisasi sosial nirlaba non-pemerintah yang aktif dalam mendukung hak-hak anak dan berkomitmen memberikan kebutuhan utamanya, yaitu keluarga dan rumah yang penuh kasih sayang kepada anak-anak yang telah atau beresiko kehilangan pengasuhan orang tua. Kegiatan ini mengusung tema yang sederhana yakni “Berbagi Itu Indah”. Dosen dan Panitia Mahasiswa yang berasal dari tiga program studi, yaitu Program Studi Akuntansi, Teknik Komputer, dan Teknik Industri bekerjasama untuk melaksanakan kegiatan ini.

Persiapan kegiatan sudah dilaksanakan dari pengumpulan sembako, briefing dan teknikal meeting panitia, sampai tiba di pelaksanaan kegiatan pada 20 April. Panitia mahasiswa dikelompokkan ke dalam beberapa divisi yaitu Panitia Divisi Acara, Perlengkapan, Akomodasi, serta Kesekretariatan dan Dokumentasi. Selain pembagian sembako, kegiatan juga ditujukan untuk memberikan pembekalan dan pengetahuan kepada anak-anak di SOS Children’s Village. Kegiatan tersebut terbagi ke dalam Fun Educative Games yang dihadiri oleh anak-anak pada usia SD-SMP, dan Acara Seminar Peningkatan Karir yang dihadiri oleh anak-anak pada usia SMA/SMK/Sederajat dan yang sudah mahasiswa. Seminar Peningkatan Karir disampaikan oleh Panitia Mahasiswa dengan memberikan pembekalan tentang Tips dan Trick Menyusun CV yang baik untuk persiapan melamar pekerjaan, sedangkan Fun Educative Games dilaksanakan dengan memadukan permainan klasik untuk anak-anak sembari menanamkan pengetahuan umum dan Kerjasama anak-anaknya sebagai peserta games.

Dosen dan seluruh panitia sudah berkumpul dari pukul 07:30 dan berangkat bersama menuju lokasi menggunakan Shuttle Bus yang disediakan oleh Kampus. Acara di lokasi berlangsung pukul 09:00 yang dimulai dengan sambutan dari perwakilan Kampus Binus Online dan Direktur SOS Children’s Village. Keseluruhan acara berlangsung hikmat hingga sampai pada penyerahan sembako kepada pengurus SOS Children’s Village untuk dapat dipergunakan untuk keperluan sehari-hari.

Seluruh panitia dan peserta yang terlibat sangat antusias dan memberikan kesan positif kepada keberlangsungan hubungan antara Kampus Binus Online dengan Pengurus di SOS Children’s Village. Diharapkan acara community service seperti ini dapat dilaksanakan secara berkala, selain ditujukan untuk membantu Masyarakat sekitar, namun juga diharapkan dapat melatih softskill serta memupuk jiwa sosial dan kepedulian Mahasiswa terhadap sesama.