Mau Lanjut Kuliah Ekstensi S1 di BINUS ONLINE? Ini Cara Daftarnya!

BINUS UNIVERSITY mempunyai komitmen dalam memberikan akses pendidikan tinggi berkualitas bagi siapa saja. Komitmen tersebut terwujud dalam layanan BINUS ONLINE yang bisa diakses dari mana saja. BINUS ONLINE tak hanya tersedia untuk lulusan SMA/SMK yang ingin kuliah sarjana, tetapi juga ada program kuliah ekstensi untuk lulusan D3.

Seperti halnya kuliah S1 reguler, kuliah ekstensi S1 di BINUS ONLINE berjalan sepenuhnya secara daring. Tersedia beberapa pilihan program studi yang bisa kamu jalani, di antaranya adalah Akuntansi, Business Management, Sistem Informasi, Teknik Industri, dan Teknik Informatika.

Kelebihan Kuliah Ekstensi S1 di BINUS ONLINE

Ada banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan kalau memilih berkuliah ekstensi S1 di BINUS ONLINE. Kamu tak cuma berkesempatan memperoleh akses terhadap layanan pendidikan berkualitas dan berkelas dunia. Namun, BINUS ONLINE memberi peluang untuk bisa lulus dengan cepat.

Kesempatan lulus secara cepat tersebut terbuka karena adanya sistem modular di BINUS ONLINE. Berkat adanya sistem ini, kamu bisa menentukan jumlah mata kuliah yang ingin diambil. Dengan begitu, kamu bisa memenuhi kebutuhan SKS untuk lulus dalam waktu yang lebih singkat.

Di waktu yang sama, sistem modular juga memberi keleluasaan bagi kamu dalam menentukan biaya kuliah. Nilai besaran biaya kuliah yang perlu kamu bayar disesuaikan dengan jumlah SKS yang diambil setiap semester.

Cara Daftar Kuliah Ekstensi S1 BINUS ONLINE

Bagi kamu yang mempunyai ketertarikan untuk melanjutkan kuliah ekstensi S1 di BINUS ONLINE, pasti ingin tahu cara daftarnya, kan? Berikut ini adalah info pendaftarannya secara lengkap!

Persyaratan yang Harus Disiapkan

Ada beberapa syarat yang perlu kamu penuhi ketika ingin melakukan pendaftaran sebagai mahasiswa BINUS ONLINE, yakni:

  • Pas foto terbaru dengan ukuran 3×4
  • Scan KTP atau paspor asli yang terbaru
  • Curriculum vitae (CV)
  • Scan asli ijazah serta transkrip nilai
  • Surat keterangan bekerja (kalau kamu berstatus sudah bekerja)
  • Mengisi formulir aplikasi BINUS ONLINE. Kamu bisa mendapatkannya secara online atau bisa pula datang ke bagian Admisi BINUS UNIVERSITY. Pengambilan formulir dikenakan biaya Rp250.000.
  • Pengecekan data mahasiswa di PPDIKTI Kemdikbud. Pendaftaran hanya bisa dilakukan kalau data kamu tercantum di PPDIKTI.

Daftar Pilihan Program Studi Ekstensi S1 BINUS ONLINE

Seperti yang telah disebutkan, ada 5 pilihan program studi yang bisa kamu pilih ketika ingin berkuliah ekstensi S1 di BINUS ONLINE, yakni:

  • S1 Akuntansi. Program ini ditujukan untuk lulusan D3 Akuntansi, Keuangan, Perbankan, serta Perpajakan.
  • S1 Business Management. Lulusan D3 yang bisa melanjutkan program ekstensi S1 di jurusan ini di antaranya adalah D3 manajemen, hubungan masyarakat, bisnis, komunikasi, sekretari, hubungan internasional, bahasa, perhotelan, pariwisata, sistem informasi, dan teknik industri.
  • S1 Sistem Informasi. Syarat pendidikan untuk daftar di program kuliah ekstensi ini adalah lulusan D3 sistem informasi, manajemen informasi, komputerisasi akuntansi, teknik komputer, teknik elektro, teknik industri, teknologi listrik, teknologi instrumentasi, teknik mesin, teknik mekatronika, teknik kelistrikan kapal, rekayasa perangkat lunak aplikasi, perawatan dan perbaikan mesin, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen serta teknik telekomunikasi.
  • S1 Teknik Informatika. Ada pula program ekstensi S1 teknik informatika yang terbuka untuk lulusan D3 teknik informatika, manajemen informatika, sistem informasi, teknik komputer, komputerisasi akuntansi, sistem komputer, teknik elektro, teknik industri, teknik telekomunikasi, teknik multimedia dan jaringan, teknik pertambangan, teknik perkapalan, elektronika, teknik listrik, manajemen transportasi, metrologi dan instrumentasi, serta statistika terapan dan komputasi.
  • S1 Teknik Industri. Terakhir adalah program ekstensi S1 teknik industri yang terbuka untuk lulusan dari D3 teknik elektro, teknik perminyakan, teknik mekatronika, MIPA, teknik fisika, teknik elektronika, teknik konversi tinggi, teknik telekomunikasi, teknik pemeliharaan sistem, teknik kimia, teknik sipil, teknologi pembuatan perkakas presisi, teknik mesin, teknik pemeliharaan mesin, teknik pengecoran logam, dan teknik manufaktur.

Kalau kamu bukan termasuk salah satu dari lulusan jurusan D3 tersebut, kamu tetap bisa mengirimkan scan ijazah dan transkrip nilai D3 ke alamat email pmbbinusonline@binus.edu.

Kalau proses pendaftaran berjalan lancar, kamu bisa menjadi salah satu BINUSIAN di BINUS ONLINE. Kamu pun bakal termasuk sebagai bagian dari perjalanan berkarya BINUS yang telah menjalankan program BINUS ONLINE selama 15 tahun sejak tahun 2009.

Selama perjalanan tersebut, BINUS ONLINE telah melahirkan banyak alumni berkualitas. Kamu pun bisa menjadi salah satu di antaranya. Semoga bermanfaat, ya!