Angga Athoriq: Tetap Semangat Kuliah Sambil Bekerja di Masa Sulit

Tahun 2020 sampai dengan 2021 merupakan tahun kelam di dunia hospitality industry. Covid-19 menghantam industri pariwisata dengan sangat parah dan banyak pekerja sektor pariwisata terpaksa diberhentikan sementara hingga di-PHK. Salah satu yang merasakan hal tersebut adalah Angga Athoriq, alumni program Business Management BINUS Online, yang pada saat masa Pandemi COVID-19 aktif bekerja di bidang pariwisata sambil berkuliah di BINUS Online. Yuk, kita simak cerita Angga Athoriq yang dapat tetap bertahan di masa sulit. 


Meskipun pada masa pandemi banyak terjadi PHK di berbagai bidang, keberuntungan masih berpihak kepada saya. Hal tersebut karena saya merupakan salah satu karyawan yang diberi kesempatan untuk bekerja remote/ Work From Home (WFH). Saya selalu termotivasi untuk berkuliah dan hampir setiap tahun semenjak tahun 2012, saya mencari informasi tentang perkuliahan yang menggunakan system 100% online. 

Akan tetapi, peluang itu benar–benar terbuka lebar pada tahun 2021. Di mana mobilitas dan tuntutan kerja berkurang dikarenakan WFH. Tanpa ragu saya mendaftar di PJJ Business Management, BINUS Online – Recognition of Past Learning (RPL) dengan disetujuinya dengan rekognisi 15 mata kuliah akademik.

Alhamdulillah, pilihan saya tepat. BINUS Online mempunyai sistem yang sangat mendukung kebutuhan saya, mulai dari proses pendaftaran hingga proses perkuliahan. Media pembelajaran terpadu yang dikenal dengan LMS (Learning Management System), sangat membantu saya dalam proses perkuliahan. Bimbingan dari para dosen dan kerjasama dari rekan mahasiswa pun memudahkan saya dalam kegiatan belajar mengajar, serta dalam mengerjakan tugas–tugas yang diberikan.

Dua setengah tahun kemudian kerja keras dan ketekunan pun terbayarkan. Alhamdulillah saya lulus tepat waktu dan mendapatkan predikat kelulusan Summa Cum Laude dengan IPK 3.94.

Jangan jadikan masa sulit sebagai alasan untuk bersedih dan menyerah. Manfaatkan masa sulit sebagai peluang untuk medekatkan diri kepada Sang Pencipta dan mencari kesempatan untuk menempa diri”.

Angga Athoriq: Tetap Semangat Kuliah Sambil Bekerja di Masa Sulit

Berikut tips untuk bekerja dan berkuliah dengan berprestasi:

  • Manajemen waktu

Penting untuk merencanakan kegiatan satu minggu kedepan dan mensinkronisasikannya secara keseluruhan. Manfaatkan setiap sela–sela waktu untuk mempelajari mata kuliah yang berjalan dari berbagai sumber. Bite-sized Learning, membagi konten belajar menjadi bagian-bagian kecil yang mudah dicerna. Hal ini memudahkan kita untuk menyesuaikan diri dengan jadwal yang padat dan kemampuan untuk berkonsentrasi penuh di waktu yang singkat.

  • Hindari kesenangan sementara

Hindari kegiatan yang kurang memberikan manfaat dan hanya sebagai asupan dopamine sementara. Entertainment and “me time” is important for mood booster, akan tetapi jangan sampai sebagian besar waktu terpakai untuk kegiatan yang kurang memberikan manfaat.

  • Komitmen, disiplin dan konsistensi

Sebagai perumpamaan, jika saya bertanya kepada beberapa orang dewasa yang sakit-sakitan, “bagaimana cara untuk hidup yang sehat?”, saya sangat yakin sebagian besar jawaban yang mereka berikan adalah benar. Akan tetapi apakah mereka memiliki komitmen, disiplin dan konsistensi untuk hidup sehat?. Sebagian pasti menjawab dengan ragu  atau bahkan menjawab tidak. Begitupun dengan bekerja dan berkuliah, untuk mendapatkan prestasi yang kita inginkan perlu untuk menanamkan diri kita untuk komitmen, disiplin dan konsistensi dalam setiap prosesnya.

Tidak ada formulasi ajaib atau resep instan untuk sukses, tetapi dengan kesadaran, upaya konsistensi, menghargai proses dan menomorduakan kegiatan yang kurang bermanfaat, setiap orang memiliki potensi untuk mencapai keberhasilan dalam berbagai bidang kehidupan mereka.

Selamat berjuang dan semoga sukses!