Mengulik Serunya Berkarier di Industri Digital Advertising

Mengikuti perkembangan teknologi yang semakin pesat, industri digital advertising jadi salah satu sektor yang sangat menjanjikan untuk berkarier. Di era digital saat ini, iklan tidak lagi terbatas pada media cetak atau televisi, melainkan telah berkembang ke berbagai platform digital yang dapat menjangkau audiens secara lebih efektif dan personal. 

Hal inilah yang membuat industri digital advertising menjadi semakin diminati, baik oleh perusahaan yang ingin memasarkan produk mereka, maupun individu yang tertarik untuk berkarier di bidang ini. Nah, kalau kamu berencana untuk berkarier di industri ini, baca artikel ini sampai selesai, ya!

Apa Itu Digital Advertising?

Digital advertising adalah bentuk pemasaran yang memanfaatkan platform digital untuk menampilkan iklan kepada audiens yang ditargetkan. Berbeda dengan iklan tradisional yang muncul di media cetak, radio, atau televisi, digital advertising menggunakan internet dan teknologi digital sebagai medianya. 

Keunggulan utama digital advertising adalah kemampuannya untuk menargetkan audiens secara lebih spesifik berdasarkan data demografis, perilaku online, lokasi geografis, dan bahkan minat mereka. 

Selain itu, digital advertising memungkinkan pengiklan untuk mengukur efektivitas kampanye iklan secara real-time, seperti melihat berapa banyak orang yang melihat iklan, mengekliknya, atau melakukan pembelian setelah melihat iklan tersebut.

Ada berbagai format dalam digital advertising, termasuk banner ads, video ads, search engine ads, social media ads, native ads, dan banyak lagi. Setiap format ini menawarkan pendekatan yang berbeda untuk menarik perhatian konsumen dan mendorong tindakan yang diinginkan, seperti mengunjungi situs web atau melakukan pembelian. 

Serunya Berkarier di Industri Digital Advertising

Dalam era digital yang semakin berkembang, digital advertising telah menjadi salah satu strategi pemasaran paling efektif bagi bisnis di seluruh dunia. Dibandingkan industri periklanan konvensional, berkarier di industri digital advertising bisa dikatakan lebih seru dan menantang. Berikut ini beberapa alasannya: 

  1. Membuat iklan yang lebih personal dan tertarget

Jika dibandingkan dengan beriklan atau kampanye secara konvensional, kamu tentu punya target pasar yang dituju. Namun, tidak semua target mendapatkan paparan iklan melalui media yang dipilih sehingga strategi kampanye yang dibuat masih belum memberikan hasil yang optimal. 

Berbeda dengan beriklan secara digital melalui teknologi dan kanal sosial media maupun website. Cukup dengan mengetikkan kata kunci, pengguna bisa mendapatkan berbagai informasi, bahkan solusi atas semua masalah yang mereka miliki. Melalui media online, sebagian besar target akan mendapatkan paparan iklan sesuai dengan strategi yang dibuat.

  1. Menggunakan format yang interaktif dan imersif

Jika diperhatikan, tren saat ini bisa terjadi dari masyarakat. Misalnya melalui aktivitas harian yang dilakukan. Ini tentunya tidak sama dengan zaman dahulu, ketika tren dibuat oleh suatu brand yang selanjutnya diikuti oleh masyarakat. 

Sekarang ini, format iklan digital pun lebih interaktif karena memungkinkan audiens untuk ikut terlibat secara langsung. Misalnya, iklan interaktif di media sosial atau situs web dapat mengajak pengguna untuk berpartisipasi dalam kuis, polling, atau bahkan game. Beberapa perusahaan juga memanfaatkan teknologi AR dan VR untuk beriklan. 

  1. Mengasah kreativitas saat membuat konten video pendek

Platform media sosial seperti TikTok, Instagram Reels, dan YouTube Shorts telah mempopulerkan format video singkat yang mampu menyampaikan pesan secara cepat dan efektif. Tren ini didorong oleh perubahan preferensi konsumen yang cenderung menyukai konten yang mudah dicerna dalam waktu singkat.

Format ini memungkinkan brand untuk menyampaikan pesan, mempromosikan produk, atau membangun kesadaran merek dengan cara yang kreatif dan menarik. Durasinya yang singkat juga membuat video pendek juga lebih mudah dibagikan oleh pengguna.

Dengan berkarier di industri digital advertising, kamu akan ditantang untuk selalu kreatif dan mampu memunculkan ide-ide yang out of the box. Tidak hanya itu, kamu juga harus bisa menuangkan ide tersebut dalam bentuk konten video yang dapat menarik perhatian calon audiens. 

Kalau berminat untuk berkarier di industri digital advertising, kamu bisa belajar lebih banyak lagi di BINUS Online. Melalui program ini, kamu bisa lebih mudah mengatur waktu untuk belajar sambil bekerja. Ilmu yang kamu dapatkan pun tetap up-to-date dengan isu dan perkembangan teknologi digital masa kini. 

Tak hanya itu, program belajar BINUS Online juga didukung oleh praktisi berpengalaman di bidangnya. Bahkan, kamu pun berkesempatan untuk dapat berinteraksi langsung dengan profesional di bidang ini. Selama 15 tahun berkiprah di dunia pendidikan, BINUS Online telah mendapatkan reputasi yang baik. 

Menarik, bukan? Yuk, daftar BINUS Online sekarang!