Pencegahan Kecelakaan Kendaraan Karena Terguling dengan Riset Berbasis Simulasi
Image by Freepik

Kendaraan berat atau heavy vehicle sepert truk cenderung rentan mengalami kecelakaan. Ini karena kendaraan besar seperti ini membutuhkan jarak pengereman yang panjang, sulit berhenti mendadak, dan memiliki kekuatan tabrakan yang besar. Salah satu kecelakaan yang sering dialami oleh heavy vehicle adalah unit kendaraan yang terguling atau mengalami rollover.

Tergulingnya kendaraan bisa disebabkan oleh berbagai factor—mulai dari kesalahan teknis seperti ban selip, sopir yang melaju dengan kecepatan terlalu tinggi, hingga muatan berlebih. Pada tanggal 19 Maret 2024 lalu, BINUS Online mengadakan BOLD Series dengan International Guest Lecture Assoc. Prof. Ir. Dr. Rahizar Ramli dari Department of Mechanical Engineering, Faculty Engineering, Universiti Malaya.

Materi yang dibahas bertajuk “Future Trends in Vehicle Rollover Prevention: Opportunities for Simulation-Based Research”. Materi ini mengulas tentang bagaimana riset berbasis simulasi bisa menjadi cara untuk mencegah kecelakaan karena mobil terguling. Simak selengkapnya dalam ulasan berikut!

Pencegahan Kecelakaan Kendaraan Karena Terguling dengan Riset Berbasis Simulasi

Risiko Kecelakaan Karena Mobil yang Terguling

Masalah truk yang terguling kerap terjadi di berbagai belahan dunia. Ini tidak hanya bisa mengancam nyawa dan merugikan secara finansial, tetapi juga dapat menyebabkan gangguan lain. Truk yang terguling bisa menghambat lalu lintas dan merusak fasilitas serta lingkungan yang ada di sekelilingnya.

Riset Berbasis Simulasi Sebagai Solusi

Seperti judulnya, riset ini dilakukan untuk mencari cara pencegahan terjadinya kecelakaan karena kendaraan terguling dengan menggunakan metode berbasis simulasi. Riset berbasis simulasi memanfaatkan berbagai pemodelan dengan beragam skenario terguling truk. Ini membantu mengidentifikasi faktor-faktor seperti kecepatan, beban, dan sudut belok yang memengaruhi kestabilan truk dan membuatnya terguling

Dari riset dan berbagai sumber literatur yang dimuat antara tahun 1992 sampai 2019, ditemukan bahwa:

  • Teknologi keselamatan jalan untuk mencegah kendaraan terguling sangat penting untuk kita miliki.
  • Ini bisa dicapai dengan meningkatkan Sistem Peringatan Terguling (RWS/Rollover Warning System).
  • Faktor kunci bagi RWS yang ditingkatkan adalah pengembangan algoritme yang dapat memprediksi terguling, mempertimbangkan kecepatan kendaraan, kelas kendaraan, bobot kotor kendaraan (GVW/Gross Vehicle Weight), dan koefisien gesekan jalan.

Dengan menggunakan simulasi, digunakan pencegahan lewat metode dan sistem peringatan bagi pengemudi yang menyetir dalam kondisi kurang aman di jalan yang berbahaya. Sistem ini antara lain berupa:

  • Sistem peringatan interaktif pinggir jalan dengan risiko terguling untuk kendaraan yang memasuki ruas jalan berkelok.
  • Menggabungkan sistem Weigh-in-Motion (WIM) dan sensor hujan.
  • Menggunakan simulasi kendaraan tingkat lanjut untuk memastikan kecepatan menikung maksimum yang aman untuk semua kelas kendaraan.
  • Bertujuan untuk menciptakan kesadaran kepada pengemudi dengan memperingatkan mereka tentang kecepatan pendekatan yang disarankan untuk menghindari terguling (understeering dan/atau oversteering).

Bagaimana Kesimpulannya?

Berdasarkan riset berbasis simulasi yang dilakukan, didapatkan beberapa konklusi:

  • Metode yang diusulkan (sistem peringatan terguling di tepi jalan yang terintegrasi) memberikan informasi yang berguna bagi pengemudi saat memasuki bagian jalan yang berkelok
  • Pemasangan sistem dalam jangka panjang atau permanen dapat memberikan edukasi kepada pengemudi (menciptakan kesadaran), khususnya kendaraan berat mengenai dampak ngebut dan beban berlebih pada kendaraan saat menikung.
  • Otoritas jalan dan transportasi dapat menggunakan informasi dari sistem yang diusulkan untuk memperbaiki desain jalan, meningkatkan tindakan keselamatan, atau bahkan menerapkan batas kecepatan yang bervariasi untuk berbagai kelas kendaraan.

Online sharing session mengenai pencegahan tergulingnya kendaraan ini merupakan salah satu dari berbagai event yang diselenggarakan oleh BINUS ONLINE. Selama 15 tahun berkarya, BINUS ONLINE tidak hanya memberikan peluang bagi lebih banyak orang untuk mengakses pendidikan dengan cara yang lebih fleksibel, tetapi juga melahirkan berbagai ide-ide dan penemuan yang bisa berguna di masyarakat.

Semoga di tahun-tahun berikutnya, BINUS Online bisa memberikan lebih banyak kontribusi, tidak hanya kepada para Binusian, tetapi juga seluruh masyarakat luas.