Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Akuntansi dibagi menjadi dua bagian, yaitu akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Biasanya, pihak yang menggunakan akuntansi keuangan adalah pihak dari luar (eksternal) perusahaan. Sementara pihak internal atau perusahaan sendiri menggunakan akuntansi manajemen. Agar tahu perbedaan kedua jenis akuntansi ini, yuk, simak tuntas ulasan berikut.

Pengertian Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Akuntansi keuangan adalah akuntansi yang disusun oleh auditor untuk menghasilkan laporan tentang keuangan yang ditujukan untuk kepentingan pihak eksternal, seperti, kreditur, investor, dan sebagainya. Laporan ini tentu saja telah memenuhi standar yang ditentukan. 

Sementara itu, akuntansi manajemen adalah proses menyiapkan laporan operasional dari suatu perusahaan yang isinya tentang analisis, identifikasi, hingga pengukuran yang nantinya diberikan kepada manajer perusahaan. Salah satu fungsi dari akuntansi manajemen adalah membantu perusahaan dalam mengambil keputusan penting untuk jangka panjang maupun pendek.

Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Setelah mengetahui pengertian secara umum dari kedua jenis akuntansi ini, selanjutnya kamu juga harus tahu apa saja perbedaan yang dimiliki oleh akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Berikut adalah sembilan perbedaan kedua jenis akuntansi tersebut dari berbagai sisi yang berhasil dirangkum untuk kamu.

Perbedaan dari Sisi Penggunanya

Seperti yang sudah disinggung di atas, dari sisi pengguna dari kedua jenis akuntansi ini jelas berbeda. Akuntansi keuangan digunakan oleh pihak-pihak eksternal atau di luar perusahaan dan sama sekali tidak memberi pengaruh terhadap keputusan perusahaan.

Sementara akuntansi manajemen digunakan oleh pihak internal perusahaan seperti supervisor, manajer, sales, eksekutif, dan sebagainya. Nantinya, laporan dari akuntansi manajemen ini memiliki peran sangat penting saat mengambil keputusan perusahaan.

Perbedaan dari Sisi Tujuan

Perbedaan mendasar selanjutnya bisa kamu lihat juga dari sisi tujuan dari akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen ini. Akuntansi keuangan bertujuan agar bisa menyusun laporan tentang keuangan pada sebuah perusahaan dalam periode akuntansi yang ditentukan.

Sementara akuntansi manajemen bertujuan agar bisa mendapat laporan yang spesifik dan juga terperinci. Selain itu, tujuan lainnya adalah untuk menemukan dan mengidentifikasi masalah yang mungkin ada di dalam perusahaan sekaligus mencari jalan keluar yang paling tepat dari masalah tersebut.

Perbedaan dari Sisi Rentang Waktu

Perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen juga bisa diamati dari rentang waktu yang dimiliki keduanya. Untuk akuntansi keuangan, laporan keuangannya bisa dibilang tidak terlalu fleksibel, tetapi memiliki jangka waktu yang sudah ditentukan, misalnya bulanan, kuartal, bulanan, dan tahunan.

Sementara itu, untuk laporan akuntansi manajemen sifatnya lebih fleksibel dibandingkan dengan akuntansi keuangan. Rentang waktu untuk akuntansi manajemen sendiri bisa mingguan bahkan harian.

Perbedaan dari Sisi Ruang Lingkup Penggunanya

Akuntansi keuangan memberi hasil laporan berupa informasi atau data keuangan secara menyeluruh pada sebuah perusahaan. Laporan ini meliputi neraca, laba rugi, dan lain sebagainya.

Sementara akuntansi manajemen memberi hasil laporan berupa informasi ataupun data yang bertujuan hanya sebagai laporan untuk satu bagian suatu pada sebuah perusahaan saja. Contoh, sebuah laporan akuntansi manajemen ditujukan hanya untuk bagian produksi, bagian promosi atau pemasaran dan sebagainya.

Perbedaan dari Sisi Kebutuhan

Perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen yang mendasar selanjutnya bisa dilihat dari sisi kebutuhan dari sisi fungsi masing-masing. Fungsi dari akuntansi keuangan adalah memberikan laporan terkait kondisi sebuah perusahaan untuk pihak eksternal sehingga bisa dijadikan acuan untuk kebutuhan evaluasi atau keputusan investasi manajemen.

Sementara akuntansi manajemen lebih seperti laporan secara internal. Dengan kata lain, akuntansi manajemen ini kebutuhannya memberikan data terbaru yang akan datang, seperti evaluasi kinerja, anggaran, dan lainnya.

Perbedaan dari Sisi Fokus Informasi

Akuntansi keuangan informasinya lebih fokus pada masa lalu sekaligus memberi gambaran tanggung jawab yang harus diemban oleh pihak manajemen perusahaan terkait kegiatan pengelolaan dana di sebuah perusahaan. Sedangkan akuntansi manajemen, informasinya cenderung lebih fokus pada data yang akan datang.

Perbedaan dari Sisi Sifat Informasi

Sifat informasi yang diberikan akuntansi keuangan harus dapat diuji, objektif, akurat, dan memerlukan ketepatan cukup tinggi. Umumnya, dari pihak manajemen akan memakai jasa dari pihak ketiga yang sifatnya independen.

Sementara untuk akuntansi manajemen bisa digunakan perusahaan untuk mengambil keputusan terkait perencanaan pengendalian, pengarahan dan pengorganisasian yang sifatnya tertutup. Dengan kata lain, laporan tersebut tidak akan di-publish atau disebarkan ke pihak eksternal perusahaan.

Perbedaan dari Sisi Tingkat Kesulitan

Tingkat kesulitan dari kedua jenis akuntansi ini juga berbeda. Untuk akuntansi keuangan, tingkat kesulitannya relatif lebih rendah dibanding dengan akuntansi manajemen yang masih memerlukan tenaga ahli di berbagai disiplin ilmu.

Perbedaan dari Sisi Tipe Informasi

Perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen terakhir terletak pada tipe informasinya.Untuk akuntansi keuangan memberi penilaian finansial saja yang berdasar pada Standar Akuntansi Keuangan (SAK).

Sementara untuk akuntansi manajemen memiliki tipe informasi yang menilai atau mengukur keuangan sekaligus operasionalnya. Pengukuran ini termasuk pengukuran proses bisnis, pelanggan, supplier, kompetitor, dan operasional yang tidak terbatas pada prinsip akuntansi.

Popularitas dari jurusan yang berkaitan dengan akuntansi dan manajemen di perguruan tinggi memang terbilang tinggi karena memiliki prospek pekerjaan yang cemerlang. Tentu saja, setiap perusahaan pasti di dalamnya membutuhkan orang-orang yang ahli di kedua bidang tersebut. Apabila kamu tertarik untuk mengambil jurusan yang berkaitan dengan akuntansi ini, maka BINUS ONLINE bisa jadi wadah yang tempat untuk kamu pilih.

BINUS menawarkan pembelajaran jarak jauh yang fleksibel. Pastinya kamu bisa melakukan aktivitas lainnya tanpa takut mengganggu waktu perkuliahan yang dilakukan secara online ini. Dengan mengetahui perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen, kamu pastinya sudah bisa menentukan mana yang sesuai dengan minat dan bakatmu.