Perjalanan Eugenia Diva Widodo Raih Emas Cabang Wushu di PON ACEH-SUMUT 2024

Eugenia Diva Widodo merupakan mahasiswa BINUS Online yang tergabung dalam program studi Information Systems. Selain merupakan mahasiswa BINUS Online, Eugenia juga merupakan seorang atlet wushu Indonesia dan capital market analyst untuk @CakInvestmentClub. Sosoknya telah mengharumkan nama Indonesia, salah satunya melalui ajang olahraga SEA GAMES 2023.

Pada pagelaran PON 2024 di Aceh dan Sumatera Utara, Eugenia berhasil meraih medali emas  untuk DKI Jakarta lewat nomor Taolu Changquan putri pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 yang digelar di GOR Disporasu, Deli Serdang, Sumatera Utara. Eugenia menyebut bahwa tantangan terbesar yang dihadapinya saat bertanding adalah melawan diri sendiri, mengingat dirinya tampil di nomor perseorangan.

“Aku senang banget bisa menyumbang emas. Dan ini juga emas pertama aku di PON, namun dukungan pelatih dan juga teman-teman tim mampu membuat saya bertanding lebih lepas” ujar Eugenia usai prosesi pengalungan medali,” ungkap Eugenia.

Sebelum mencapai prestasi ini, Eugenia Diva Widodo pertama kali bertanding wushu di tingkat daerah pada 2015 dan berhasil meraih medali emas pertamanya. Dari situlah, ia kemudian dipercaya untuk mewakili Jakarta di tingkat nasional pada 2019. Ia kemudian mengikuti PRA-PON dan mendapatkan medali perak dan perunggu. Beberapa tahun kemudian, Eugenia mengikuti pertandingan PON dan memperoleh medali perak.

“Menjadi atlet wushu punya tantangan tersendiri, utamanya dalam hal menjaga performa dan menghindari cedera. Dalam hal ini, keseriusan dan fokus selama latihan menjadi kunci agar dapat terus tampil maksimal dan terhindar dari cedera serius,” ujar Eugenia.

Selain dukungan dari orang tua, dorongan dari dalam diri sendiri menjadi motivasi Eugenia untuk terus mengembangkan dirinya. Ia mengaku bahwa dirinya memang pribadi yang menyukai kompetisi. Menurutnya, dalam setiap kompetisi, selalu ada hal baru yang bisa ia temukan dan pelajari.

Menurut Eugenia, adanya program BINUS Online menjadi salah satu faktor pendukungnya dalam meraih prestasi. Program pendidikan yang fleksibel dan bisa disesuaikan dengan waktu latihannya yang padat, membantu karier akademis dan non-akademis Eugenia hingga bisa berjalan beriringan. Dalam hal ini, setelah menyelesaikan latihan, biasanya malam hari menjadi waktu efektif bagi Eugenia untuk belajar dan menyelesaikan tugas akademis.

Ke depannya, Eugenia Diva Widodo berharap bisa terus mewakili Indonesia, baik di tingkat ASEAN, Asia, maupun dunia. Ia punya tujuan besar, yakni untuk terus bisa mengibarkan bendera merah putih dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya di tingkat internasional. Dengan demikian, Indonesia dapat terus dipandang oleh semua orang di seluruh belahan dunia.