Kuliah Sambil Kerja Bukan Halangan bagi Rahma Azzahra

Di tengah kesibukan berkuliah sambil bekerja, Rahma Azzahra tetap bisa mengikuti kompetisi dan meraih gelar juara dalam 4th ASEAN Energy Youth Awards 2023.

BINUS Online selalu mengapresiasi setiap Binusian yang meraih prestasi dan penghargaan, baik di tingkat daerah, nasional, hingga internasional. Tak melulu prestasi di bidang akademis, BINUS juga memberikan apresiasi untuk para Binusian yang berprestasi di bidang non-akademis, seperti seni, teknologi, olahraga, dan sebagainya. Pemberian penghargaan ini dilakukan setiap Appreciation Day yang diadakan dua periode dalam setahun, yakni pada Januari hingga Juni dan Juli hingga Desember.

Nah, dalam Appreciation Day kali ini, salah satu Binusian berprestasi yang akan kita bahas adalah Rahma Azzahra. Ia adalah bukti bahwa kuliah sambil bekerja bukanlah halangan untuk dapat ikut berkompetisi dan berprestasi. Seperti apa kisahnya? Simak bersama dalam ulasan di bawah ini. 

Tentang Rahma Azzahra

Rahma  Azzahra merupakan mahasiswa BINUS Online, jurusan Computer Science. Saat ini, selain sebagai mahasiswa BINUS Online, Rahma juga bekerja sebagai Web Administrator dan IT Staff untuk Masyarakat Telematika Indonesia. Berkuliah sambil bekerja nyatanya tak menjadi halangan bagi Rahma Azzahra untuk meraih prestasi. Terbukti, pada 2023 lalu ia meraih juara ketiga dalam perlombaan 4th ASEAN Energy Youth Awards 2023.

Kisah Rahma Azzahra Jadi Juara

Rahma memperoleh informasi tentang lomba 4th ASEAN Energy Youth Awards 2023 melalui media sosial ASEAN. Dalam lomba tersebut, terdapat tiga kategori yang dapat diikuti, yakni video, infografis, dan esai. Bersama teman-temannya dari kampus lain, Rahma kemudian membuat tim dan memilih untuk mendaftar di kategori film. Pemilihan kategori tersebut didasari kecintaan Rahma dalam memproduksi film pendek. Berkat kerja sama dan kerja keras tim, Rahma dan kawan-kawan kemudian berhasil meraih juara ketiga dalam ajang perlombaan tersebut. 

Tantangan yang Dihadapi 

Diakui Rahma, proses produksi film pendek untuk mengikuti lomba ini tidaklah mudah. Ia dan tim menghadapi banyak tantangan, utamanya soal menyamakan waktu. Hal ini karena masing-masing anggota punya kesibukan berbeda-beda. Belum lagi, keharusan untuk mengikuti kompetisi di tengah kesibukan bekerja dan berkuliah, tentunya memberikan tekanan tersendiri bagi Rahma dan kawan-kawan. Namun, dengan komitmen dan disiplin diri, mereka berhasil menghadapi tantangan tersebut bersama-sama. 

Manajemen Waktu Menjadi Kunci

Dalam menyeimbangkan waktu untuk berkuliah, bekerja, sambil tetap mengikuti kompetisi, menurut Rahma kedisiplinan dan kemampuan manajemen waktu yang baik menjadi kuncinya. Memang tidak mudah, namun menurut Rahma itu bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan, selama seseorang memiliki komitmen dan keinginan yang kuat. Di samping itu, keberanian untuk mencoba juga menjadi faktor karena menurutnya seseorang tidak akan tahu bagaimana hasil yang akan didapatkan jika belum mencoba. 

Pesan dan Harapan

Kecintaan dan minat di bidang perfilman membuat Rahma bercita-cita kelak dapat berkontribusi dalam industri perfilman Indonesia. Di masa yang akan datang, Rahma berharap bisa terus berkompetisi dan turut andil dalam mengharumkan nama Indonesia. Rahma juga berpesan kepada para mahasiswa yang berkuliah sambil bekerja seperti dirinya untuk tidak ragu mengikuti kompetisi. Meski mungkin terasa berat, dengan manajemen waktu yang baik, segalanya bisa teratasi. 

Rahma Azzahra adalah bukti bahwa seseorang tetap bisa berkompetisi dan berprestasi cemerlang, meski harus berkuliah sambil bekerja. Dengan manajemen waktu yang baik dan disiplin tinggi, seseorang terbukti bisa melampaui batas dan meraih sesuatu yang mulanya dirasa tidak mungkin. Meminjam kata-kata Rahma, “Kalau nggak dicoba, kita nggak akan tahu akhirnya.” 

Semangat seperti yang dimiliki Rahma Azzahra inilah yang membuat BINUS Online berkomitmen untuk menciptakan program yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan jadwal mahasiswa melalui BINUS Online. Dengan sistem multi-channel learning, BINUS Online menjadi platform pembelajaran online untuk individu yang ingin belajar dan mengembangkan diri tanpa terikat oleh jadwal dan lokasi sehingga cocok untuk kamu yang ingin berkuliah sambil bekerja.