Mengapa Jurusan Teknik Informatika Penting? Ini Alasannya!

Tak dapat dimungkiri bahwa Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati. Maklum saja, bidang studi ini berkaitan erat dengan pengembangan serta penerapan teknologi informasi di berbagai sektor.

Jurusan Teknik Informatika penting dipelajari dan dipahami karena sangat relevan dengan perkembangan era digitalisasi. Jurusan ini pun sangat menjanjikan untuk perkembangan karier kamu di masa depan. 

Tentunya kedua hal tersebut bisa menjadi pertimbangan kamu dalam menentukan jurusan kuliah yang tepat. Selain relevan dan menjanjikan, masih ada alasan lain mengapa jurusan Teknik Informatika penting dipelajari. Penasaran? Yuk, simak uraiannya!

Ini Alasan Pentingnya Mempelajari Jurusan Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika memberikan kesempatan bagi kamu untuk mempelajari dasar teknologi informasi, pengembangan perangkat lunak, pemrograman komputer, analisis data, dan pengelolaan data.

Prospek Karier Luas

Di era serba digital saat ini, teknologi informasi memegang peranan penting dalam kemajuan berbagai bidang. Terbukti dari banyaknya perusahaan yang membuka lowongan bagi lulusan Teknik Informatika untuk meningkatkan dan mengoptimalkan kinerja teknologi.

Menariknya, lulusan Teknologi Informasi tak hanya bisa bekerja sebagai programmer atau karier lain di bidang IT saja. Kamu bisa bekerja di banyak bidang, seperti bisnis, perbankan, fintech, pendidikan, ataupun jasa. 

Tentunya hal tersebut memberikan kamu lebih banyak kesempatan untuk bertumbuh dan berkembang di bidang pekerjaan yang kamu sukai dan minati. Prospek karier yang luas juga memberikan kamu kemudahan dalam merencanakan karier terbaik di masa depan. 

Cakupan Ilmu Luas

Teknik Informatika tak melulu soal komputer. Faktanya, kamu akan mempelajari mata kuliah lain, seperti ekonomi dan keuangan, pertanian, cuaca, transportasi, aerodinamis, kesehatan, pendidikan, dan lainnya. Lantaran cakupan ilmunya luas, kamu akan memiliki pengetahuan yang luas dan memudahkan kamu untuk beradaptasi di berbagai kondisi.

Terus Mengalami Perkembangan

Tak banyak orang yang mengetahui bahwa ilmu Teknik Informatika sering disebut sebagai ilmu masa depan. Maklum saja, di masa kini teknologi menjadi suatu kebutuhan yang diperlukan untuk memudahkan manusia menjalani aktivitasnya. 

Tentunya, ilmu ini akan terus mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan teknologi. Artinya, selama teknologi masih terus berkembang dan digunakan, selama itu pula pengaplikasian ilmu Teknik Informatika akan terus dibutuhkan.

Mencetak Lulusan Kompeten Dalam Mengelola Sistem Data

Berbekal Teknik Informatika, kamu bisa mengoptimalkan pengimplementasian sistem data yang baik. Sebagaimana kamu ketahui, terdapat sekitar 64 juta UMKM yang belum terdata di situs jual beli maupun aplikasi pemesanan makanan online. Dengan pengimplementasian single data system yang baik, UMKM bisa mendapatkan bantuan yang lebih efektif. 

Membuka Lebih Banyak Kesempatan Berkarya

Kemajuan teknologi juga mendorong kemunculan start up yang tak hanya memberikan angin segar bagi pertumbuhan ekonomi, melainkan juga membuka lapangan pekerjaan. Termasuk lulusan Teknik Informatika yang bisa memanfaatkan ilmunya untuk terus berkarya. Misalnya dengan mengembangkan aplikasi otentikasi dan akses kontrol pengguna.

Sebagai lembaga pendidikan, peran penting BINUS UNIVERSITY dibutuhkan untuk memberdayakan dan membina masyarakat luas dengan cara menghadirkan program BINUS ONLINE. Program kuliah fleksibel ini dapat diakses oleh para pekerja atau profesional di mana saja tanpa mengganggu pekerjaan ataupun waktu bersama keluarga.

Lantaran fleksibel, kamu akan lebih leluasa untuk mengatur waktu kuliah sesuai kebutuhan. Termasuk mengatur jadwal mengerjakan tugas selama kuliah. Berkat dukungan dari pengajar profesional yang ahli di bidangnya, ilmu yang kamu miliki nantinya bisa diaplikasikan untuk diri sendiri dan masyarakat luas.

Asyiknya lagi, tersedia pilihan jurusan yang bisa kamu pilih di BINUS ONLINE. Salah satunya adalah jurusan Teknik Informatika. Bagi kamu yang menyukai hal-hal yang berkaitan dengan komputer dan sistem informasi, jangan ragu untuk memilih Teknik Informatika BINUS ONLINE. 

Selama 15 tahun berkarya, BINUS ONLINE telah mendorong kemajuan pendidikan di Indonesia dan memberikan kemudahan pencapaian karier dan akademik lulusannya! Tunggu apa lagi? Yuk, daftar BINUS ONLINE!