Kolaborasi BINUS ONLINE x Collabox di Collactive 2024

Semarang, 19 Oktober 2024 – Pada tanggal 19-20 Oktober 2024, BINUS Online berkolaborasi dengan Collabox menggelar “Collactive 2024” yang bertempat di AWANNCosta, Semarang. Dengan tema besar “Sawiji: Menghubungkan Generasi dalam Satu Perjalanan”, BINUS Online percaya bahwa acara ini menjadi jembatan bagi pelaku kreatif dengan komunitas untuk berkolaborasi, berbagi pengetahuan, serta menunjukan kreativitas yang masih belum terlihat bisa muncul di permukaan, diiringi dengan harapan bahwa industri kreatif di Semarang mempunyai masa depan yang menjanjikan. Dalam mencapai tujuan tersebut, acara ini diselenggarakan dengan menghubungkan elemen masyarakat dalam satu panggung kreatif.

Menyatukan Keberagaman Peserta dan Aktivitas

Collactive 2024 telah dihadiri oleh lebih dari 400 peserta yang berasal dari berbagai latar belakang. Di antaranya adalah siswa SMK, mahasiswa BINUS Online, komunitas UMKM kreatif, serta masyarakat umum. Ini merupakan upaya untuk merangkul keberagaman generasi dan sektor, serta memfasilitasi berbagai ide dan inovasi dalam satu platform.

Rangkaian kegiatan Collactive 2024 sangat beragam, meliputi:

  • Talkshow dengan tema “Sustaining Success: The Power of Innovation in Business Management”, yang akan membahas pentingnya inovasi dalam menjaga keberlanjutan sebuah bisnis.
  • Workshop yang memberikan pelatihan langsung kepada peserta dalam berbagai bidang kreatif.
  • Pop-Up Market, di mana para pelaku UMKM kreatif dapat memperkenalkan produk mereka ke khalayak umum.
  • Yoga with Puppies, yang menggabungkan kegiatan kesehatan dengan keseruan bermain bersama Puppies.
  • Fashion Show, yang menampilkan koleksi dari desainer lokal serta karya inovatif yang mencerminkan semangat kreatif di Semarang.
  • Orkestra yang akan menambah kemeriahan dan hiburan di acara ini.
  • Community Meetup yang menjadi temoat untuk para komunitas dalam saling bertukar pikiran dan pengalaman.

Dengan diselenggarakannya acara ini BINUS Online berharap setiap elemen masyarakat dapat saling belajar, bekerja sama, dan memperkuat jaringan, menciptakan ekosistem kreatif yang lebih dinamis dan kolaboratif.

BINUS Online dan Collabox memilih tema besar “Sawiji” atau yang berarti “menyatukan” memiliki makna mendalam yang mencerminkan semangat kebersamaan dan kolaborasi. Setiap elemen yang terlibat dalam acara ini diharapkan untuk bergerak dengan visi yang sama, terikat dalam komitmen bersama untuk menghasilkan yang terbaik. Ini adalah landasan utama untuk mencapai kesuksesan bersama dan memperkuat industri kreatif di Semarang yang selama ini kurang mendapat sorotan.

Sebagai kota dengan potensi besar, industri kreatif di Semarang perlu mendapat lebih banyak perhatian dan dukungan. Banyak pelaku kreatif yang saat ini bergerak di bawah radar, namun memiliki potensi luar biasa untuk berkembang. Melalui Collactive 2024, para pelaku kreatif ini diharapkan dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas dan mendapat akses ke peluang baru, baik dalam hal edukasi, jaringan, maupun transaksi bisnis.

Talkshow “Sustaining Success: The Power of Innovation in Business Management”

Salah satu acara yang dinantikan pada Collative 2024 adalah talkshow berjudul “Sustaining Success: The Power of Innovation in Business Management”. Talkshow ini membahas tentang bagaimana perusahaan bisa tetap bertahan atau sustainable dan berkembang di tengah perubahan zaman yang sangat cepat, dengan berfokus pada inovasi sebagai kunci kesuksesan.

Dalam talkshow ini, turut menghadirkan Empat pembicara dua diantaranya dari BINUS Online dan dua lainnya merupakan praktisi industri:

  • Agus Putranto, Head of Information Systems Department – BINUS Online dan Frihardina Marsintauli, Deputy Head of Accounting Department – BINUS Online yang akan memberikan perspektif akademis dan praktis dalam penerapan inovasi di dunia bisnis. Mereka akan membahas pentingnya branding, manajemen keuangan, serta penggunaan media sosial dalam memperkuat posisi bisnis di pasar yang terus berubah.
  • Khaleed Hadi Pranowo, Co-founder dan CFO dari IMPALA Network (PT Impala Ruang Bersama). Khaleed memiliki pengalaman sebagai trainee di Google Gapura Digital, sebuah program pengembangan digital yang diperuntukkan bagi UKM. Dengan latar belakang keuangan dan pengembangan digital, Khaleed akan berbagi pengalamannya dalam memimpin sebuah perusahaan dan bagaimana inovasi menjadi pilar utama dalam menjaga keberlangsungan bisnis.
  • Ade Sasongko Pramudhito, S.E., M.Ec.Dev, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua KADIN dan Direktur Pengembangan Bisnis PT Krida Karya Advisory. Selain itu, ia juga merupakan anggota HIPMI, dan pernah menjabat sebagai Asisten Manajer Pemasaran di PT Sekolah Cikal. Ade akan berbagi wawasan mengenai aspek-aspek manajemen bisnis, branding, serta pentingnya inovasi dalam menjaga relevansi bisnis di era digital.

Tujuan Utama Collective 2024

Melalui Collactive 2024, BINUS Online berharap dapat menjadi jembatan yang menghubungkan para pelaku kreatif dengan masyarakat luas. Acara ini bertujuan untuk membuka akses yang lebih luas terhadap peluang dalam bentuk eksposur, edukasi, jaringan, dan transaksi. Selain itu, Collactive 2024 juga ingin menunjukkan atau memberikan harapan bahwa Semarang memiliki masa depan yang cerah dan penuh potensi di bidang industri kreatif.

BINUS Online membuat Collactive 2024 bukan hanya menjadi sebuah acara kreatif, tetapi juga sebagai tempat atau wadah yang dapat menghubungkan generasi dan sektor-sektor yang berbeda dalam penjalanan menuju masa depan yang lebih cerah. Dengan penuh semangat akan inovasi dan kolaborasi, acara ini diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi industri kreatif di Semarang dan sekitarnya.

Setiap rangkaian acara yang ada di Collactive 2024 ini diharapkan dapat memberikan berkontribusi dengan maksimal untuk menciptakan harmoni dan kolaborasi yang solid, sehingga kesuksesan bersama dapat dicapai. Mengenenalkan Semarang sebagai kota yang penuh dengan potensi besar dalam bidang industri kreatif dan para pelakunya bisa diakui di tingkat yang lebih tinggi.

Mengikuti talkshow ini, dengan menggabungkan narasumber dari industri dan edukasi, BINUS Online berharap dapat membuka wawasan para peserta mengenai berbagai aspek penting dalam menjalankan bisnis mulai dari branding, manajemen bisnis, pengembangan sistem informasi hingga aspek finansial dan perpajakan. Praktisi industri juga berbagi pengalaman mereka dalam menghadapi tantangan yang ada dan bagaimana inovasi menjadi kunci utama untuk bertahan dan tumbuh di pasar yang kompetitif, dan masukkan dari narasumber edukasi untuk memilih program yang cocok, dan pemilihan universitas online,  dan terjawab BINUS University yang fokus pada ICT, tutup Agus Putranto selaku Head of Information Systems Department – BINUS Online.