Hal-hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Client ManagementPic by Freepik

Menjalankan sebuah bisnis butuh waktu dan usaha yang tidak sedikit. Kepuasan pelanggan adalah salah satu kunci mendapatkan pelanggan yang setia, apa pun bisnis atau industri yang kamu geluti. Untuk mendapatkan kesetiaan tersebut, manajemen klien sangat esensial. Apa ya yang dimaksud client management ini? Mari kita bahas satu per satu!

Pengertian Client Management

Secara sederhana, client management adalah sebuah praktik yang dijalankan perusahaan dalam menjaga hubungan baik dengan klien atau pelanggan. Hubungan yang baik dengan pelanggan akan menghasilkan keuntungan lebih besar dan membantu perluasan bisnis. Ada banyak aspek yang diperhatikan dalam manajemen klien, di antaranya:

1. Kebutuhan Klien

Memahami kebutuhan dan keinginan adalah langkah pertama dalam client management. Hal ini didapatkan dari kemampuan mendengarkan dengan cermat, bertanya pertanyaan yang relevan, dan mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk memahami tujuan bisnis dan masalah yang dihadapi oleh klien.

3.  Komunikasi Efektif

Komunikasi adalah prioritas utama dalam menjaga hubungan apa pun,  termasuk di dalamnya hubungan dengan klien. Sebuah proses komunikasi dikatakan efektif ketika tujuan kita sebagai pemberi pesan tercapai dengan baik. Terkadang, dalam sebuah proyek di mana semua orang hanya fokus pada menyelesaikan tugas, komunikasi menjadi terabaikan.

Untuk menjalankan komunikasi yang efektif dengan klien, kamu perlu berbicara jelas dan jujur, menjelaskan secara rinci solusi atau layanan yang ditawarkan, serta memberikan tanggapan yang cepat terhadap pertanyaan atau masalah klien.

4.  Menjaga Hubungan

Hubungan yang kuat dengan klien sangat penting dalam client management. Untuk mendapatkannya, kamu harus membangun kepercayaan, menghormati kebutuhan dan preferensi klien, serta menunjukkan komitmen untuk memberikan layanan yang berkualitas.

Untuk mendapatkan kepercayaan klien, kamu perlu menunjukkan kejujuran dan transparansi. Ketika klien bertanya, kamu harus memberikan jawaban jujur yang ringkas. Jangan memberikan klaim atau penjelasan yang berlebihan tentang proses yang ditanya. Jujur saja jika ada kendala atau keterlambatan terjadi. Akan jadi masalah besar jika kamu berbohong dan klien mengetahuinya.

Pelanggan setia itu seperti modal bagi sebuah perusahaan. Buat pelanggan setia perusahaanmu merasa spesial dengan memberikan mereka informasi tentang produk terbaru lebih dahulu atau undang mereka ke acara-acara spesial perusahaan. Para pelanggan setia ini seperti duta merek yang akan berpengaruh pada citra perusahaan.

5.  Evaluasi dan Umpan Balik

Client management pada akhirnya melibatkan evaluasi terus-menerus atas kinerja perusahaan dan kepuasan klien, serta mendapatkan umpan balik untuk meningkatkan layanan atau produk yang ditawarkan. Ini membantu dalam memastikan bahwa hubungan dengan klien tetap positif dan saling menguntungkan.

Kesalahan-Kesalahan dalam Client Management

Ada beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam manajemen klien, di antaranya:

  • Terlalu fokus menambah klien baru dan lupa pada klien lama dan mengabaikan kebutuhan mereka bisa mengorbankan hubungan jangka panjang potensial yang ada.
  • Tidak menjadi pendengar yang baik sehingga gagal menangkap kebutuhan klien.
  • Kurang komunikasi sehingga klien tidak terinformasi dengan baik tentang proses dan kabar atau perubahan terbaru.
  • Terlalu membual sehingga menyebabkan ekspektasi klien menjadi tidak realistis.
  • Pelayanan yang tidak konsisten sehingga membuat klien perlahan kehilangan kepercayaan.

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu tahu tentang client management. Sebuah bidang yang menarik ya? Dalam perusahaan, client manager adalah orang yang bertanggung jawab dalam manajemen klien. Posisi ini bisa kita temukan di banyak industri.

Apakah kamu tertarik untuk mempelajarinya? Kamu bisa mendaftar pada jurusan Teknik Industri BINUS ONLINE, karena di jurusan ini kamu bisa mempelajari banyak teknik-teknik di dunia industri dengan mengikuti perkuliahan secara daring. 

Sudah dari tahun 2009, BINUS ONLINE telah bekerja keras selama 15 tahun untuk memberikan sumbangan yang berarti bagi perkembangan pendidikan di Indonesia. Dengan semangat yang kuat untuk menyediakan pendidikan berkualitas tinggi, BINUS ONLINE bertekad untuk meningkatkan pengetahuan generasi muda dari berbagai wilayah di Indonesia dengan mempermudah akses mereka ke pendidikan yang berkualitas. 

Semangat ini didorong oleh harapan untuk menciptakan lulusan yang dapat memberikan dampak positif pada masyarakat. Jangan ragu untuk mendaftar sekarang dan mulailah perjalanan pendidikan kamu bersama BINUS!