ALUMNI GATHERING

BINUS ONLINE

SELASA, 9 JULI 2024

Pada momen spesial ini, Binusian Binus Online berkesempatan untuk menghadiri acara gathering secara onsite. Alumni gathering kali ini berlangsung pada Selasa, 9 Juli 2024 yang berlokasi di ruang Auditorium lantai 4, Kampus Binus Anggrek, Kemanggisan.

Seluruh Alumni, Pimpinan Binus Online, Bapak/Ibu Dosen, dan Panitia berfoto bersama di Auditorium, Kampus Anggrek, Binus University
Sumber: Dokumentasi acara Alumni Gathering Binus Online, 2024

Alumni gathering dalam rangkaian Wisuda 69 ini, sejumlah 436 orang alumni yang tidak hanya berdomisili di Jabodetabek namun dari berbagai daerah di Indonesia juga datang untuk menghadiri perayaan kelulusannya bersama keluarga dan kerabat terkasih. Tema kegiatan Alumni Gathering ini yaitu “Fly High for BiOn and Binusian”, yang bermakna proses pembelajaran yang telah ditempuh oleh Alumni di Binus Online, menjadi awal perubahan dalam proses peningkatan karir para Alumni. Jika dianalogikan tema dan makna di atas, proses metamorfosis kepompong yang berubah menjadi kupu-kupu untuk dapat terbang tinggi.

Persiapan acara di pagi hari sudah dilakukan oleh panitia dengan mulai membuka registrasi alumni pada pukul 08:30. Acara dibuka dengan performance dari DJ Kevin Adam. Ibu Rektor Dr. Nelly, S.Kom., M.M. memberikan sambutan pertama sekaligus membuka acara Alumni Gathering kali ini. Sambutan selanjutnya diberikan oleh Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M, selaku Direktur Binus Online. Prof Har, begitu kerap disapa, memberikan pesan-pesan untuk para alumni agar setelah mereka resmi lulus dan menyandang gelar Sarjana di keesokan harinya, untuk tetap menjaga nama baik almamater di manapun dan sebagai apapun karir yang akan ditempuh. Seperti biasa pidato beliau diselingi dengan humor kecil di sela-sela pemberian pesan-pesan tersebut.

Acara dilanjutkan dengan penampilan dari UKM Band dan Info session dari Binus Career. Pada sekitar pukul 11:00, acara dilanjutkan dengan Seminar yang bertema: “Integritas & Etika Menjadi Karakter dalam Proses Peningkatan Karir”. Acara dilanjutkan dengan Sharing Session dari Alumni. Berbagai macam sharing dari para alumni Binus Online mulai dari mengenai peningkatan karier, mulai dari tips mempersiapkan peningkatan karir di masa depan hingga sharing pengalaman pribadi dari para alumni. Acara di Auditorium Kampus Anggrek ditutup dengan penayangan video kesan dan pesan dari para alumni dan para dosen dari masing-masing prodi.

Mengabadikan momen dengan berfoto bersama setelah sesi FGD berakhir

Sumber: Dokumentasi acara Alumni Gathering Binus Online, 2024

Setelah acara di Auditorium selesai, alumni dihimbau untuk menuju ke ruangan masing-masing untuk mengikuti sesi Forum Group Discussion (FGD) yang dipandu oleh masing-masing program studi.

Program studi PJJ Akuntansi sendiri melaksanakan FGD di Ruang 429 bersama sebanyak 38 orang alumni (gambar di atas). FGD berlangsung secara interaktif dengan dipandu oleh Dosen dari PJJ Akuntansi, Ibu Frihardina Marsintauli dan Ibu Maria Paramasti Hayuning Adi. Para alumni menyampaikan aspirasi, kesan selama menjalani perkuliahan di Binus Online. Banyak masukan yang diberikan oleh para alumni selama FGD ini berlangsung di antaranya terkait konten perkuliahan, operasionalisasi perkuliahan, dan kegiatan kemahasiswaan. Sesi FGD bersama jurusan ini diharapkan dapat menjadi wadah berbagi pengalaman alumni selama berkuliah dan membentuk ikatan yang lebih kuat baik antar alumni dan alumni dengan dosen.