BINUS ONLINE

PEDULI LINGKUNGAN

MINGGU, 14 JULI 2024

 

Sumber: Dokumentasi Kegiatan Peduli Lingkungan Binus Online, 2024

 

Peduli lingkungan dan masalah sampah bisa dimulai dengan menggarisbawahi betapa pentingnya kepedulian terhadap lingkungan bagi kelangsungan hidup kita dan generasi mendatang. Saat ini, tantangan terbesar yang dihadapi oleh dunia adalah dampak dari polusi dan akumulasi sampah plastik yang semakin mengkhawatirkan. Setiap tahun, jutaan ton sampah plastik mencemari lautan, merusak ekosistem laut, dan membahayakan kesehatan manusia. Dengan kesadaran tersebut, Binus Online mengadakan kegiatan Peduli Lingkungan, membersihkan sampah-sampah plastik di lingkungan sekitar, sebagai rangkaian acara Fun-Run.

Pada hari Minggu, 14 Juli 2024, Binus Online mengajak mahasiswa untuk turut aktif melakukan kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar dengan membantu pembersihan sampah-sampah plastik. Lima program studi diundang untuk mengikuti kegiatan ini, salah satunya program studi Accounting Binus Online. Titik pemungutan dan pembersihan sampah berpusat di sekitar area Bundaran Senayan sampai FX Sudirman. Tidak terkecuali juga pada beberapa titik yang berisi banyak sampah dan perlu mendapat perhatian untuk dibersihkan.

Kegiatan Peduli Lingkungan ini ditujukan untuk memberikan manfaat baik kepada masyarakat sekitar maupun bagi mahasiswa sebagai peserta kegiatan. Dengan berbekal trashbag dan sarung tangan, mahasiswa Accounting Binus Online melakukan pembersihan sampah-sampah plastik seperti botol, sedotan, dan kantong-kantong plastik yang berserakan di jalan. Tidak sedikit juga sampah-sampah plastik yang bersembunyi di semak-semak sekitaran senayan yang perlu mendapat perhatian agar tidak seterusnya menumpuk sampai merusak taman. Di sisi lain, kegiatan peduli lingkungan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran mahasiswa akan pentingnya menjaga kebersihan sampah di lingkungan sekitar, terlebih sampah plastik yang sulit terurai. Mahasiswa Binus Online tidak hanya perlu pintar mengatur waktu antara belajar dan karirnya namun sangat perlu memiliki jiwa sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap alam lingkungan sekitarnya.

 

Mahasiswa Accounting Binus Online sedang memunguti sampah plastik di sela-sela taman

Sumber: Dokumentasi Kegiatan Peduli Lingkungan Binus Online, 2024

Mahasiswa Accounting Binus Online yang pada hari ini mengenakan dresscode putih, berpartisipasi aktif memutihkan area sekitar Senayan hingga Sudirman. Mahasiswa PJJ Akuntansi menjadi peserta terbanyak dari Binus Online pada kegiatan Peduli Lingkungan ini dengan jumlah 36 orang mahasiswa. Kepedulian terhadap sampah terlihat dari antusias mahasiswa dalam mengumpulkan sampah plastik sampai ke sudut semak-semak. Dengan menggotong trashbag berwarna kuning dan hitam, mahasiswa berpencar memunguti sampah-sampah plastik yang pada akhirnya akan dibuang di tempat pengampungan sampah kampus Binus JWC. Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat lebih aktif dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan di mana pun mereka berada nantinya, menjadi masyarakat yang teladan, yang tidak hanya sukses di karir dan pendidikan namun juga menjadi agen peduli lingkungan.

Momen langka berkumpul bersama Dosen dan Mahasiswa secara onsite ini perlu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Maka setelah kegiatan bersih-bersih selesai, program studi Accounting Binus Online berinisiatif mengadakan sesi sharing dan diskusi dengan dipandu oleh Ibu Nuraini Sari selaku Head of Accounting Study Program. Meskipun singkat namun sesi diskusi dan sharings ini berjalan dengan kondusif.

 

Sesi Sharing dan Diskusi Mahasiswa bersama Dosen

Sumber: Dokumentasi Kegiatan Peduli Lingkungan Binus Online, 2024