Hi BINUSIAN! Pada hari Selasa, pada 11 Maret 2025 lalu, webinar BOLD Series Alumni Pulang Kampus kembali digelar loh! Webinar kali ini mengangkat topik tentang “Future Career in Digital Marketing” yang tentunya sangat relevan di era yang serba digital seperti saat ini. Dalam webinar ini, kita akan mengeksplorasi bagaimana prospek karir di bidang digital marketing ke depan, serta peluang dan tantangan yang akan dihadapi di industri yang terus berkembang ini. Hadir sebagai narasumber yang tentunya ahli di bidang digital marketing, Bapak Agung Dwi Sandi, selaku Chief Executive Officer “Rankpillar”, dan moderator webinar yakni Bapak Reagen Yohanes Sayoga, S.Kom., M.M.S.I., merupakan Faculty Member prodi Bisnis Manajemen BINUS Online. Selain menjadi Chief Executive Officer “Rankpillar”, Bapak Agung Dwi Sandi atau yang akrab disapa Mas Sandi juga merupakan alumni dari prodi Bisnis Manajemen BINUS Online Angkatan Wisuda 2019. Mas Sandi memiliki beberapa keahlian antara lain di bidang digital marketing, search engine optimization (SEO), dan sosial media marketing.

Untuk membahas terkait future career di bidang digital marketing, Mas Sandi membaginya ke dalam 2 (dua) poin, yakni future digital marketing dan overview digital marketing. Berdasarkan data LinkedIn, jumlah professional di bidang digital marketing di Indonesia saat ini sekitar 550 ribu orang, dengan 140 ribu orang berada di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Dari segi supply and demand, kebutuhan tenaga kerja di bidang ini masih tinggi, sehingga peluang untuk berkembang di masa depan tetap terbuka lebar. Mas Sandi membagi digital marketing ke dalam 3 bidang, yakni di bidang sosial media, website, dan e-commerce.

Berdasarkan data ad spending di Indonesia, 3 jenis iklan yang paling banyak digunakan oleh brand, yakni social media advertising, in-app advertising, dan search advertising. Sementara itu, negara dengan gaji tertinggi bagi digital marketing antara lain  Jepang, Tiongkok, dan Amerika Serikat. Di Indonesia rata-rata gaji digital marketing, untuk lulusan baru di Rp 5,1 juta/bulan, untuk yang berpengalaman 2 – 5 tahun berkisar di Rp 8,8 – 12,1 juta/bulan, level manajer, rata-rata gaji mereka Rp 14 – 25 juta/bulan.

Menurut Mas Sandi, karir sebagai digital marketing terbuka bagi lulusan dari semua jurusan. Beberapa kemampuan dasar yang wajib dimiliki untuk sukses di bidang digital marketing diantaranya, berpikir analisis & kemampuan membaca data, kedua berpikir kreatif & kemampuan memecahkan masalah, ketiga mampu beradaptasi dengan perubahan yang ada & kemauan terus belajar, dan terakhir kemampuan berkomunikasi & storytelling.

Salah satu opportunity di digital marketing yaitu menjadi freelancer digital marketing secara remote. Banyak profesional digital marketing yang tetap bekerja di perusahaan secara formal, tetapi setelah jam kerja, mereka mengambil proyek sebagai freelancer digital marketing. Di sisi lain, banyak perusahaan lebih selektif dalam merekrut digital marketing. Hal ini antara lain disebabkan, pengalaman yang dimiliki masih belum mencukupi, lalu rasa cepat puas terhadap pencapaian yang diraih.

Opportunity kedua, lulusan dari semua jurusan dapat berkarir di digital marketing. Namun, perkembang AI dan otomatisasi juga mulai mendistrupsi beberapa bidang di digital marketing, seperti pada bidang copywriting, video editing dan graphic design. Salah satu bentuk bisnis di industri ini adalah menjadi content creator, yang biasanya memperoleh penghasilan melalui endorsement.

Overview Digital Marketing

Saat ini terdapat 2 jenis customer behavior di dalam digital marketing, yang pertama multiple platform dan kedua single platform.

Konsumen multiple platform adalah mereka yang mengambil keputusan pembelian setelah terpapar iklan di berbagai platform. Misalnya, seseorang melihat iklan di YouTube. Lalu, iklan yang sama muncul di TikTok dan Instagram, hingga akhirnya produk tersebut ditampilkan di e-commerce seperti Shopee atau Tokopedia. Akhirnya, karena sering melihatnya, konsumen pun memutuskan untuk membeli. Pola perilaku ini kini paling banyak terjadi di Indonesia.

 

Tipe konsumen yang kedua dan baru di Indonesia yakni single platform, yang melalui seluruh proses awareness, consideration, dan conversion terjadi di 1 platform yakni di “TikTok Shop”. Konsumen dapat melihat langsung iklan, bertanya langsung ke penjual, dan memutuskan membeli tanpa berpindah aplikasi.

Dalam digital marketing, penting untuk memilih objective campaign yang tepat dan jelas. Objective terbagi dalam 3 tahapan: awareness, consideration, dan conversion, yang mana di setiap tahapnya memiliki matriksnya masing-masing. Tahap awareness, terdiri dari reach, views, dan impresi konsumen. Tahap consideration, terdiri click, engagement, visit dan session, yang ketiga tahap conversion, terdiri atas conversion rate.

Sebagai digital marketing, penting untuk memahami “understanding funnel”. Hal ini menggambarkan perjalanan pelanggan dari mengenal produk hingga melakukan pembelian. Terdapat 3 indikator yang perlu diperhatikan yakni objective (tujuan), strategi dan measurement (pengukuran), selain itu dibagi ke dalam 3 jenis usaha, dari UMKM, korporasi, dan startup. Untuk usaha UMKM, yang penting yakni membangun brand awareness, mengenalkan produk ke konsumen lokal. Strategi bisa dijalankan dengan memanfaatkan engagement sosial media dan search engine optimization. Untuk korporasi, sangat penting menjaga brand image di masyarakat untuk menjaga stabilitas market mereka. Ketiga, startup, objective mereka yakni pertumbuhan pengguna dalam jangka waktu yang cepat.

Seorang digital perlu mampu mendominasi Google Search melalui Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). SEO, strategi untuk meningkatkan peringkat website di hasil pencarian mesin pencari. Bertujuan meningkatkan visibilitas website secara alami sehingga lebih mudah ditemukan pengguna, sedangkan SEM, strategi pemasaran berbayar untuk meningkatkan visibilitas di mesin pencari melalui iklan, dan memungkinkan untuk muncul di bagian atas hasil pencarian dengan cepat. Dari kedua metode tersebut, SEO bersifat organik, perlu waktu lama untuk memperoleh hasil maksimal, namun hasilnya akan bertahan lama. Sedangkan SEM, metode ini berbayar sehingga cepat untuk memperoleh hasilnya, namun ketika durasi iklan selesai maka akan hilang.

Pada akhirnya, peluang karir digital marketing di Indonesia sangat menjanjikan seiring perkembangan teknologi. Industri ini terus berinovasi, menciptakan banyak peluang bagi para profesional. Namun, untuk bersaing dan berkembang, penting untuk memiliki kemauan terus belajar karena tren, strategi, dan hal baru terus muncul. Dengan terus memperbarui pengetahuan dan keterampilan, seseorang dapat meningkatkan daya saing dan memperluas pengalaman di bidang ini.