FAQ (Frequently Asked Questions)

Frequently Asked Question ( FAQ)

 

  1. Mengapa harus memilih Program Studi Akuntansi BINUS Online?

 

BINUS Online Learning menawarkan program pembelajaran jarak jauh yang ditujukan untuk lulusan SMA/SMK sederajat & Diploma (D3) agar bisa meraih impiannya mendapatkan gelar sarjana (S1), dengan waktu perkuliahan yang sangat fleksibel sehingga memungkinkan mahasiswa dapat melakukan aktivitas lainnya tanpa harus takut mengganggu waktu perkuliahan.

 

Program Studi Akuntansi Binus Online menyiapkan mahasiswa akuntansi yang memiliki kemampuan profesional, integritas tinggi, peduli kepentingan masyarakat, berwawasan global dan tanggap terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dibutuhkan industri.

 

  1. Apa saja program PJJ Akuntansi Binus?

 

  • Extension D3 – S1
  • SMA – S1
  • RPL Program

 

  1. Dari Program SMA apa saja yang dapat masuk ke dalam program PJJ Akuntansi?

Dari SMA atau SMK semua jurusan.

 

  1. Apa syarat Pendaftaran BINUS Online ?

FORMULIR PENDAFTARAN BINUS ONLINE Rp250.000

Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilengkapi pada saat penyerahan kelengkapan berkas pendaftaran :

  • Formulir Aplikasi BINUS Online. Pendaftaran bisa datang langsung ke Admisi BINUS UNIVERSITY atau klik Daftar Online( DAFTAR ONLINE – BINUS)
  • Pas foto terbaru ukuran 3×4
  • Scan asli kartu identitas (KTP/Passport)
  • Scan asli Akte Kelahiran
  • Curriculum Vitae (CV)
  • Scan asli ijazah dan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (khusus lulusan SMA/SMK)
  • Scan asli ijazah dan transkrip nilai (khusus lulusan D3)
  • Scan surat keterangan bekerja (bagi yang sudah bekerja)
  • Sebelum melakukan pembelian formulir, cek data mahasiswa anda di https://forlap.ristekgo.id/(khusus lulusan D3). Data mahasiswa D3 anda harus terdaftar didalam website PDDIKTI tersebut

 

  1. Apa itu RPL / Pengakuan Pengalaman Kerja? Apakah berlaku di Program Studi Akuntansi BINUS Online Learning?

 

Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) adalah penyetaraan akademik atas pengalaman kerja (minimal 3 tahun setelah SMA / SMK) dan/atau pelatihan bersertifikasi untuk memperoleh kualifikasi pendidikan tinggi dengan disetarakan pada mata kuliah tertentu sesuai dengan SO (Student Outcome).

 

Melalui asesmen, capaian pembelajaran yang diperoleh dari pengalaman kerja dan/atau pelatihan bersertifikasi ditetapkan menjadi raihan satuan kredit semester (sks) dalam bentuk mata kuliah. Jumlah maksimal mata kuliah yang bisa diperoleh adalah 15 mata kuliah. Kekurangan kredit selanjutnya dipenuhi melalui pelaksanaan perkuliahan sesuai dengan kurikulum Program Studi Akuntansi BINUS Online Learning.

 

Info lebih lanjut: https://online.binus.ac.id/informasi-pendaftaran-mahasiswa-baru-jalur-rpl/

 

Berikut Video penjelasan mengenai RPL:

https://youtu.be/_tnAruKREtk

 

  1. Apa itu Sistem Modular ?

BINUS Online (BO) merupakan metode pembelajaran yang diselenggarakan dan disiapkan BINUS UNIVERSITY melalui sistem perkuliahan online yang dijalankan secara mandiri untuk menjawab tantangan para mahasiswa yang tidak memiliki banyak waktu dan kesempatan dalam meningkatkan pendidikan namun tetap dapat mengembangkan diri.

Kini, Kuliah BINUS Online Lebih Fleksibel menawarkan metode baru antara lain, pertama dengan penerapan sistem modular,   dimana mahasiswa bisa memilih sendiri jumlah mata kuliah yang ingin diambil sesuai dengan jadwal yang ditentukan mahasiswa sendiri. metode ini akan dimulai pada semester kedua setelah semester pertama.

Yang kedua adalah biaya kuliah fleksibel, setiap mahasiswa bisa mengatur sendiri besaran biaya kuliah sesuai dengan kemampuan financial mahasiswa yang dihitung berdasarkan mata kuliah  yang diambil persemester. Fleksibelitas yang ketiga adalah kegiatan ujian yang akan dilakukan secara online, jika sebelumnya mahasiswa diwajibkan untuk datang untuk mengikuti ujian online, namun kini untuk mahasiswa baru yang tergabung per September 2019 akan dapat menikmati ujian secara online dimanapun dalam suatu platform yang telah disediakan. Ujian online ini tentunya akan tetap terjaga kualitasnya dan menjadi hal yang sangat efektif dan efisien dimanapun dan kapanpun.

Dengan adanya sistem baru ini, diharapkan mahasiswa lebih efisien dalam melakukan perkuliahan tanpa khawatir meninggalkan dunia kerja sehingga dapat lebih produktif yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

  1. Berapa lama masa studi pada prodi PJJ Akuntansi ?

D3 – S1 = 2 tahun

SMA / SMK – S1 = 4 Tahun

Dalam 1 semester (kurang lebih 6 bulan) akan dibagi menjadi 2 periode (dalam 1 periode kurang lebih 10 minggu), dan mata kuliah yang dijalani tiap periode sebanyak 2 hingga 3 mata kuliah.

 

PJJ Akuntansi mempunyai tagline “Fleksible dan Berkualitas” sehingga mahasiswa dapat menggambil mata kuliah untuk setiap minggunya 2 – 3 mata kuliah per periode dan vicon dilakukan diluar jam kerja senin s/d jumat (17.20 – 21.00 WIB) dan sabtu (09.00 – 15.00).

 

  1. Akreditasi dari prodi PJJ Akuntansi?

Akreditasi Prodi PJJ Akuntansi mendapat peringkat “B” pada BAN-PT DIKTI