Aplikasi Mewarnai Kreatif Berbasis AI: Membuka Dunia Imajinasi Anak Usia Dini
oleh Immanuela Puspasari Saputro, S.Si., M.T. (Faculty Member PJJ CS)
Mewarnai bukan sekadar aktivitas menyenangkan, tetapi juga merupakan sarana penting dalam mengembangkan kreativitas dan kemampuan motorik anak usia dini. Di era digital saat ini, aktivitas tersebut dapat dikembangkan lebih jauh melalui teknologi. Penelitian ini menghadirkan sebuah solusi inovatif berupa aplikasi mewarnai digital berbasis AI yang terintegrasi dengan pustaka gambar dinamis dari Freepik.
Aplikasi ini dirancang untuk anak-anak usia 3–5 tahun dan memanfaatkan AI-powered search untuk membantu anak-anak menemukan dan memilih gambar sesuai minat mereka secara interaktif. Dengan kata lain, anak-anak tidak hanya pasif diberi gambar untuk diwarnai, tetapi mereka juga dapat menelusuri, memilih, dan berinteraksi langsung dengan konten digital yang beragam.
Metode pengembangan aplikasi dilakukan melalui tahapan rekayasa perangkat lunak seperti analisis kebutuhan, desain sistem (menggunakan diagram UML), implementasi dengan React Native dan Strapi, serta integrasi API dari Freepik. Setelah diuji melalui usability testing, aplikasi menunjukkan hasil yang sangat menjanjikan.
Hasil observasi menunjukkan bahwa aplikasi ini mampu meningkatkan keterlibatan dan kreativitas anak-anak, dengan rata-rata durasi aktivitas mewarnai antara 3 hingga 10 menit. Fitur-fitur seperti undo/redo, zoom, pengaturan warna dan ukuran kuas, hingga kemampuan menyimpan hasil karya turut memperkaya pengalaman pengguna. Selain itu, sistem juga dirancang untuk menyarankan warna berdasarkan gambar yang dipilih, membantu anak mengembangkan daya imajinasi sekaligus belajar secara visual.
Aplikasi ini juga membuka peluang untuk dikembangkan lebih lanjut, seperti integrasi dengan Augmented Reality (AR) dan sistem rekomendasi warna berbasis AI, guna mendorong pembelajaran yang lebih menyenangkan dan interaktif.
Kesimpulannya, aplikasi mewarnai berbasis AI ini tidak hanya menjadi media bermain, tetapi juga alat belajar yang cerdas dan inovatif untuk mendukung pertumbuhan kreativitas anak di era digital.
Sumber: Penelitian Dosen dan Mahasiswa PJJ CS
Editor: Pandu Dwi Luhur Pambudi, S.Kom., M.Kom., M.I.M
Comments :