Penulis: Stephanus Bayu (SCA Team)

 

Hi Binusian! Mungkin ada dari beberapa rekan-rekan Binusian yang saat ini sedang bekerja sambil berkuliah atau studi lanjut. Bekerja sambil berkuliah bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri, tetapi hal ini juga bukan sesuatu yang mustahil asal disertai dengan tekad dan komitmen yang kuat. Bagi beberapa orang mungkin akan terasa sebagai beban tambahan yang cukup berat dan memerlukan strategi untuk mengelola waktu dengan baik. Mengetahui cara menyeimbangkan antara bekerja dengan berkuliah akan membantu Anda berhasil dalam pendidikan sambil menjalankan tanggung jawab pekerjaan.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan tentang cara agar dapat mengelola waktu pada saat bekerja dan berkuliah, serta cara mengelola prioritas secara efektif menggunakan teknik Matrik Eisenhower.

Cara Menyeimbangkan Bekerja dan Belajar

Menyeimbangkan antara bekerja dan berkuliah bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri, tetapi dengan strategi yang tepat, Anda dapat berhasil dalam pekerjaan dan pendidikan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menyeimbangkan kedua hal tersebut:

  1. Buatlah Rencana

Membuat rencana mungkin terasa menyulitkan jika Anda sudah merasa kekurangan waktu, tetapi membuat jadwal antara bekerja dan berkuliah akan sangat membantu Anda. Hal ini dapat dimulai dengan memeriksa jadwal berkuliah Anda, lalu mencatat tanggal dan acara penting di kalender seperti tenggat waktu atau ujian, dan menentukan cara terbaik untuk mengelola keduanya. Anda juga dapat mengakses panduan kuliah untuk meninjau materi dan tanggalnya guna membantu perencanaan.

  1. Buatlah Pengingat

Setelah Anda mengidentifikasi semua tanggal dan agenda-agenda penting, langkah selanjutnya buatlah pengingat. Bisa dengan memasukkan tanggal-tanggal penting tersebut ke ponsel dan menyetel sebagai pengingat, selain itu Anda juga dapat dengan menulis pengingat di kalender milik Anda. Apa pun metodenya, membuat pengingat sangatlah penting karena hal ini digunakan untuk mengelola waktu guna menyesuaikan kegiatan Anda dengan jadwal yang sudah ada.

 

  1. Alokasikan Waktu untuk Belajar dan Bekerja

Anda dapat memulainya dengan menentukan berapa banyak waktu yang Anda miliki, lalu membaginya antara pekerjaan dan kegiatan belajar atau berkuliah, hal ini dapat menjadi cara efektif untuk menyeimbangkan keduanya. Jangan lupa juga menyisihkan waktu Anda untuk istirahat dalam jadwal, karena istirahat yang cukup akan membantu Anda sukses dalam pekerjaan dan berkuliah. Misalnya, Anda dapat mengalokasikan waktu di akhir pekan untuk beristirahat dan menggunakan waktu di malam hari pada hari kerja untuk belajar.

  1. Tentukan Waktu Terproduktif Anda

Tentukan waktu dimana Anda merasa paling produktif dalam sehari pada saat membuat jadwal. Beberapa orang mungkin lebih produktif di pagi hari setelah bangun tidur, sementara yang lain lebih produktif di malam hari. Menentukan waktu terproduktif Anda dapat membantu Anda merencanakan jadwal belajar sehingga Anda dapat memanfaatkan waktu secara maksimal.

  1. Tetapkan Tempat Belajar

Memiliki area khusus untuk belajar yang bebas dari gangguan dapat meningkatkan konsentrasi Anda dalam belajar. Tempat ini bisa berupa perpustakaan, ruang khusus di rumah, atau Anda dapat mencari ruang kosong di tempat kerja Anda.

  1. Identifikasi Masalah yang Mungkin Akan Terjadi

Terkadang, akan ada saatnya jadwal perkuliahan atau belajar Anda akan berbenturan dengan waktu kerja Anda. Jika terdapat suatu deadline dalam perkuliahan yang dapat mengganggu jadwal pekerjaan, Anda dapat membicarakan dengan atasan untuk menemukan solusinya. Sebaliknya, jika tanggung jawab pekerjaan mengganggu perkuliahan, diskusikan dengan dosen atau pengajar Anda. Komunikasi yang baik akan membuka peluang untuk menemukan solusi.

  1. Siapkan Diri untuk Kehidupan Sosial yang Lebih Sedikit

Mengurangi interaksi sosial dengan teman dan keluarga adalah hal yang wajar pada saat Anda fokus pada tujuan besar seperti berkerja sambil berkuliah. Ini mungkin akan sulit pada awalnya, tetapi akan semakin mudah dengan seiring waktu Anda membangun hubungan dan beradaptasi di tempat kerja dan kampus.

 

Mengelola Prioritas dengan Teknik Matrik Eisenhower

Matrik Eisenhower adalah metode manajemen prioritas yang dapat membantu Anda untuk memprioritaskan tugas berdasarkan urgensi dan pentingnya. Kategorinya adalah:

  • Mendesak dan Penting: Segera selesaikan tugas ini, misalnya tenggat waktu suatu pekerjaan atau tugas kuliah.
  • Tidak Mendesak tapi Penting: Tetapkan jadwal untuk hal ini, seperti acara keluarga.
  • Mendesak tapi Tidak Penting: Delegasikan atau tangguhkan tugas ini, seperti menghadiri sebuah webinar.
  • Tidak Mendesak dan Tidak Penting: Abaikan tugas ini, seperti menonton TV atau bermain sosial media.

 

Jadi, itulah kiat-kiat atau strategi yang dapat Anda terapkan jika Anda sedang menjalani sebuah pekerjaan sambil berkuliah atau studi lanjut. Semoga setelahnya, Anda dapat menjalani kedua hal tersebut dengan lebih fokus untuk mencapai target. Semoga studi lanjut atau perkuliahan yang sedang Anda jalani dapat meningkatkan jenjang karier Anda, semangat!