Sumber: Dokumentasi Kegiatan Peduli Lingkungan Binus Online, 2024

Dalam rangka mewujudkan salah satu visi utama Universitas Bina Nusantara, yaitu fostering and empowering the society perlu dilakukan kegiatan yang melibatkan partisipasi aktif mahasiswa dalam kegiatan sosial dan lingkungan. Pada tanggal 14 Juli 2024, telah dilaksanakan kegiatan COMSERV BINUS Online Peduli Lingkungan yang diikuti oleh para mahasiswa PJJ Teknik Industri  BINUS University dan berlangsung pada acara Car Free Day di Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan mendorong aksi nyata dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar bagi mahasiswa.

Car Free Day di Jakarta merupakan kesempatan yang sangat baik untuk menyebarluaskan kesadaran lingkungan, karena acara ini dihadiri oleh ribuan warga dari berbagai lapisan masyarakat yang datang untuk menikmati suasana bebas polusi kendaraan. Kegiatan COMSERV BINUS Online Peduli Lingkungan dirancang tidak hanya untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga lingkungan bagi masysa, tetapi juga untuk memberikan edukasi praktis kepada masyarakat tentang cara-cara sederhana yang dapat dilakukan untuk berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

Sesi Sharing dan Diskusi Mahasiswa bersama Dosen

Mahasiswa Teknik Industri Binus Online Ketika Pelaksanaan Kegiatan

Acara ini dihadiri oleh 10 orang mahasiswa Teknik Industri dengan titik kumpul di Kampus BINUS JWC pada pukul 06:30 WIB dan berakhir pada pukul 09:30 WIB. Selain mahasiswa dari PJJ Teknik Industri, kegiatan ini juga dihadiri mahasiswa dari jurusan lain yaitu 37 orang mahasiswa PJJ Akuntansi, 8 orang mahasiswa PJJ Manajemen Bisnis, 19 orang mahasiswa PJJ Sistem Informasi dan 24 orang mahasiswa PJJ Teknik Informatika.

Kegiatan ini diawali dengan registrasi peserta, dilanjutkan dengan pembagian kelompok dan penjelasan mengenai area pembersihan. Untuk area pembersihan setiap kelompok ditentukan sesuai jurusan masing-masing, berikut pembagiannya:

  1. Akuntansi: Bundaran Senayan (patung) – Halte Bundaran Senayan
  2. SI: Halte Bundaran Senayan – Kemendikbud
  3. Manajemen: Kemendikbud – Halte Senayan Bank DKI (dekat FX)
  4. CS: Halte Senayan Bank DKI – Alba dan melakukan penyusuran sampah di area berlawanan (Rute bolak balik)
  5. TD: Alba – Halte Bundaran Senayan

Dengan diadakannya kegiatan COMSERV BINUS Online Peduli Lingkungan ini, diharapkan masyarakat Jakarta, khususnya para peserta Car Free Day, dapat lebih sadar dan peduli terhadap pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi wujud nyata dari komitmen Universitas Bina Nusantara dalam memberdayakan masyarakat melalui aksi-aksi sosial yang positif.