Penulis: Rachel Paramita (SCA Team)

Hi Binusian!

Dalam dunia kerja yang semakin dinamis, untuk mencari pekerjaan tidak hanya membutuhkan IPK yang tinggi loh, Binusian! Banyak perusahaan mencari kandidat dengan mempertimbangkan soft skills yang kuat. Soft skills seperti komunikasi yang efektif, kemampuan bekerja dalam tim, kreativitas, serta kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat, kini menjadi faktor penentu dalam proses rekrutmen.

Meskipun kemampuan hard skills tetap penting, kemampuan interpersonal dan cara seseorang mengelola tantangan di tempat kerja sering kali menjadi pembeda antara kandidat yang diterima dan yang tidak.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk terus mengasah soft skills, karena selain membuat kita lebih mudah beradaptasi di lingkungan kerja, juga membantu menciptakan lingkungan yang positif dan produktif. Penasaran apa aja soft skills yang jadi kunci saat rekrutmen? Yuk, simak!

  1. Adaptability (Adaptasi)

Kemampuan beradaptasi merupakan kunci sukses dalam menghadapi perubahan dan tantangan dalam dunia pekerjaan yang bersifat dinamis. Beberapa aspek penting yang harus diperhatikan dalam kemampuan beradaptasi, yaitu:

  1. Kemampuan untuk menerima ide baru, pandangan yang berbeda dan perubahan dengan sikap terbuka (open-mindedness).
  2. Kemampuan untuk mengambil tanggung jawab atas tindakan dan keputusan, serta siap untuk mengatasi konsekuensi dari pilihan yang dibuat (responsibility).
  3. Kemampuan untuk mengambil langkah-langkah secara proaktif untuk mengantisipasi dan menanggapi perubahan (proactiveness).
  4. Kemampuan untuk mempertahankan sikap positif dan optimis, bahkan dalam situasi yang sulit atau tidak pasti (positivity).
  1. Leadership (Kepemimpinan)

Meskipun sekarang Binusian belum menjadi manajer atau direktur, Anda tetap perlu mempersiapkan diri sejak sekarang. Kemampuan kepemimpinan dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan secara cermat. Beberapa aspek penting yang harus dimiliki dari leadership, yaitu:

  1. Kemampuan untuk mencapai tujuan dan memberikan hasil yang signifikan (achievement).
  2. Kemampuan untuk memotivasi dalam upaya mencapai tujuan, mengatasi tantangan, dan memberikan yang terbaik dalam kinerja (motivation).
  3. Kemampuan untuk mengoordinasikan aktivitas sehingga menciptakan kerja tim yang efektif dan efisien menuju pencapaian tujuan bersama (coordination).
  1. Communication (Komunikasi)

Komunikasi berperan penting dalam pekerjaan, komunikasi yang baik mampu memahami, mendengarkan, serta mampu menyampaikan pesan/gagasan dengan jelas. Beberapa aspek penting dalam komunikasi, yaitu:

  1. Kemampuan dalam bernegosiasi untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan (negotiation skill).
  2. Kemampuan menyampaikan presentasi, ide, atau informasi secara efektif dan tepat sasaran (presentation).
  1. Critical Thinking (Berpikir Kritis)

Di dunia profesional, berpikir kritis adalah kunci untuk bertahan dan berkembang. Memiliki kemampuan menganalisa informasi secara in-depth maupun melihat informasi baru dibalik informasi, tentunya dapat membuat karir Binusian semakin menigkat. Beberapa cara mengasah untuk dapat berpikir kritis, yaitu:

  1. Mengidentifikasi permasalahan atau pertanyaan dengan setepat mungkin. Semakin kita menganalisa dengan baik dan tepat, maka akan semakin mudah kita dalam menemukan solusi dan jawabannya.
  2. Kumpulkan data, pendapat, dan argumen. Mencari data beberapa sumber yang menyampaikan hal-hal yang berbeda dan sudut pandang yang berbeda juga.
  3. Menganalisa dan evaluasi data yang terkumpul. Kita harus bisa memastikan sumber yang kita gunakan valid dan bisa dipertanggungjawabkan.
  4. Mengidentifikasi data yang ditemukan dengan asumsi. Kita dapat mengasumsikan jika sumber yang kita gunakan bias ataupun jika kita yang bias dalam mencari jawaban.
  5. Membuat keputusan untuk mencapai kesimpulan. Kita mengidentifikasi beberapa kesimpulan yang telah kita temukan dan tentukan mana yang paling cukup mendukung.
  1. Problem Solving (Penyelesaian Masalah)

Selama bekerja, Binusian pasti akan menemui hambatan. Pada situasi inilah skill problem solving atau pemecahan masalah akan sangat dibutuhkan. Beberapa aspek penting dalam penyelesaian masalah, yaitu:

  1. Kemampuan untuk menentukan urutan atau tingkat kepentingan dari berbagai tugas atau masalah (prioritizing).
  2. Kemampuan untuk berdiskusi dan mempertimbangkan berbagai solusi atau pendekatan untuk masalah yang dihadapi (discussion).
  3. Kemampuan menganalisis informasi, data, atau situasi dengan cermat untuk memahami akar masalah (analysis).
  1. Time Management (Manajemen Waktu)

Jangan menunggu hingga mendekati deadline untuk menyelesaikan pekerjaan ya, Binusian! Segera kerjakan berdasarkan prioritas paling urgent.  Tentukan deadline bagi diri sendiri supaya Binusian punya waktu untuk mengoreksi pekerjaan sebelum diberikan ke atasan atau rekan kerja lain. Beberapa aspek penting dalam manajemen waktu, yaitu:

  1. Kemampuan untuk menetapkan tujuan yang jelas dan terukur (goal setting).
  2. Kemampuan menentukan jadwal atau agenda dengan waktu yang efisien (scheduling).
  1. Networking (Relasi)

Mencari relasi sangat penting untuk mengembangkan karir loh, Binusian ! Dengan memiliki relasi yang luas, Binusian juga akan belajar dari banyak sumber dan kedepannya akan lebih mudah mencari informasi tentang suatu hal. Membangun relasi tidak hanya jadi ajang untuk memperluas networking, tetapi juga melatih skill komunikasi. Beberapa cara untuk membangun networking dalam dunia kerja, yaitu:

  1. Berani Berkenalan dengan Orang Baru.
  2. Bergabung dengan Organisasi atau Komunitas
  3. Bangun Kualitas Percakapan
  4. Manfaatkan Media Sosial

Dalam dunia kerja yang terus berkembang, soft skills memainkan peran yang sangat penting. Kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, berpikir kritis, dan beradaptasi dengan perubahan adalah kunci untuk sukses di lingkungan yang dinamis. Selain itu, manajemen waktu, menyelesaikan masalah, kepemimpinan, serta menjalin relasi dapat meningkatkan peluang untuk berkembang dalam karir. Oleh karena itu, penting bagi Binusian untuk terus mengasah dan memperkuat soft skills agar dapat berkontribusi secara maksimal di dunia kerja.

 

Sumber Referensi

https://www.kitalulus.com/blog/seputar-kerja/soft-skill-yang-dibutuhkan-dalam-dunia-kerja/

https://www.vokasi.kemdikbud.go.id/read/b/ingin-sukses-kuasai-8-soft-skill-ini

https://id.jobstreet.com/id/career-advice/article/contoh-soft-skill

https://www.gramedia.com/best-seller/berpikir-kritis/

https://www.kitalulus.com/blog/seputar-kerja/membangun-networking-dalam-dunia-kerja/