BINUS Online

Kuliah Makin Semangat, Inilah Ciri-Ciri Dosen Yang Ideal

Dosen memiliki peranan penting bagi setiap mahasiswa. Di mana seorang dosen memiliki tugas untuk mengembangkan ilmu yang nantinya akan ditransfer kepada setiap mahasiswa. Di sisi lain, mahasiswa juga bisa menilai apakah dosen tersebut mampu untuk menyampaikan materi perkuliahan secara baik atau tidak.

Karena di dalam menyampaikan pembelajarannya, dosen juga membutuhkan strategi yang tepat agar materi tersebut bisa diterima secara baik oleh setiap mahasiswa. Sehingga mahasiswa pun juga bisa mengaplikasikannya. Lalu, seperti apakah dosen yang ideal di mata mahasiswa?

Ciri-Ciri Dosen Yang Ideal

1. Mampu Berkomunikasi Secara Baik

Dosen yang ideal adalah dosen yang mampu untuk berkomunikasi secara baik. Dengan begitu, materi perkuliahan yang disampaikan juga bisa diterima dan dipahami oleh mahasiswa. Dosen tersebut harus bisa mengkoneksikan antara teori, prinsip, dan penerapannya secara praktis.

Komunikasi dosen yang baik, bisa Anda lihat melalui caranya dalam merespon pertanyaan atau gagasan yang disampaikan oleh mahasiswa. Di mana dosen bisa menyampaikan secara lancar, jelas, dan lugas. Sehingga di akhir, mahasiswa bisa tertarik dan mengembangkan ilmu tersebut.

2. Wajib Menguasai Materi Kuliah

Seorang dosen wajib untuk menguasai secara mendalam materi kuliah yang diajarkan. Hal ini akan sangat mendukung ketika dosen sedang mengajar dan ada mahasiswa yang bertanya. Maka dosen harus bisa memberikan jawaban yang tepat dan relevan.

Selain menguasai materi kuliah, dosen yang ideal juga didukung dengan perhatian besarnya pada bidang kuliah yang ditekuni. Seperti turut serta di dalam seminar, konferensi, dan penelitian terkait bidangnya. Sehingga mahasiswa pun akan bisa melihat bahwa dosen tersebut benar-benar kompeten dan profesional.

3. Bisa Mengorganisir Perkuliahan Secara Baik

Di dalam perkuliahan untuk beberapa waktu kedepan, tentunya harus menetapkan jadwal yang tepat. Baik mengenai silabus mata kuliah, praktik, tugas, tes, penilaian, dan sebagainya. Melalui jadwal yang sudah ditetapkan, maka sebagai dosen yang ideal haruslah bisa memanfaatkan waktu perkuliahan secara efektif dan efisien.

Apalagi jika dosen mendapatkan tugas secara mendadak dan mengharuskan untuk ke luar kota, maka dosen bisa memberikan kuliah pengganti atau tugas lainnya sebagai bentuk tanggung jawab dosen kepada mahasiswanya.

4. Peduli Dengan Mahasiswa

Dosen sudah sepatutnya untuk dihormati. Namun, sebagai seorang dosen yang baik tentunya tidak mengharapkan hal tersebut secara berlebih, sehingga menganggap mahasiswa sebelah mata. Dosen yang ideal adalah dosen yang bisa peduli dengan mahasiswanya dengan menyisihkan waktu untuk lebih dekat dengan mahasiswa.

Dosen tersebut juga menyediakan waktu di luar perkuliahan untuk bisa berdiskusi dengan mahasiswa dan bisa menjadi sosok orang tua serta teman yang siap mendengarkan mahasiswa.

Melalui dosen yang ideal, mahasiswa bisa merasa nyaman di dalam menjalani perkuliahan tanpa perlu takut dan tertekan. Justru mahasiswa akan semakin termotivasi untuk terus belajar.

Whatsapp