BINUS Online

Pandemi Bukan Hambatan, Tapi Dorongan Untuk Terus Berinovasi Dan Beradaptasi

Kemunculan pandemi Covid-19 memaksa banyak aktivitas yang semula dilakukan di luar rumah, kini lebih banyak dilakukan di dalam rumah saja. Salah satunya adalah di bidang pendidikan yang mengharuskan setiap peserta didik untuk belajar dari rumah dengan memanfaatkan teknologi. Meski begitu, kehadiran pandemi ini tidak menjadi alasan untuk berhenti dalam melakukan beragam inovasi.

Karena tentunya di masa pandemi ini justru dibutuhkan inovasi-inovasi yang brilian dalam upaya mempermudah aktivitas manusia di tengah keterbatasan beraktivitas di luar rumah. Tidak terkecuali di dunia pendidikan itu sendiri.

Pandemi Adalah Tantangan Sekaligus Dorongan Untuk Berinovasi

Di masa pandemi ini hampir setiap orang mengeluh dengan kondisi yang terjadi. Apalagi kondisi ini penuh dengan ketidakpastian, di mana belum diketahui kapan pandemi akan berakhir.

Di dunia pendidikan sendiri, banyak orang tua yang mengeluh karena tidak mampu untuk mengajari anaknya belajar di samping para orang tua ini juga sibuk untuk bekerja. Ditambah lagi dengan beberapa orang yang belum memiliki perangkat pembelajaran online serta jaringan internet yang tidak mumpuni.

Kemudian peserta didik yang setiap hari mengikuti pembelajaran virtual juga merasa bosan karena tidak bisa ke sekolah dan bertemu dengan teman-teman seperti sekolah biasanya.

Begitu pun dengan tenaga pengajar yang juga dituntut untuk selalu berinovasi dalam menciptakan pembelajaran jarak jauh yang efektif, menarik, dan mudah dipahami oleh peserta didik. Tentunya model pembelajaran tersebut turut melibatkan teknologi di dalamnya, misalnya seperti memberikan materi pembelajaran menggunakan video.

Oleh karena itu, di masa pandemi ini memunculkan tantangan tersendiri di dunia pendidikan, baik pada tenaga pengajar, peserta didik, dan para orang tua. Namun, di balik tantangan tersebut, juga sekaligus sebagai dorongan untuk terus melakukan inovasi agar proses belajar mengajar bisa berjalan secara efektif dan efisien.

Pandemi Mendorong Pelajar Dan Pengajar Agar Cepat Beradaptasi

Di tengah ketidakpastian kapan berakhirnya masa pandemi, dunia pendidikan tidak bisa menunggu hingga pandemi tersebut berakhir. Oleh karena itu, baik tenaga pendidik maupun peserta didik diharuskan untuk bisa cepat beradaptasi dengan kondisi yang terjadi saat ini.

Tidak bisa dengan menciptakan sistem pembelajaran yang sekedar coba-coba saja, tetapi haruslah menciptakan pembelajaran yang benar-benar bisa berlangsung dalam waktu yang lama. Dan tentunya pembelajaran tersebut adalah dengan melibatkan teknologi sebagai bagian dari upaya memasuki revolusi industri 4.0 yang telah dicita-citakan sebelumnya.

Pandemi ini seharusnya bisa mendorong tenaga pengajar dan peserta didik untuk bisa cepat beradaptasi dengan penggunaan teknologi serta mampu menguasainya sebaik mungkin. Hal ini sekaligus sebagai syarat untuk bisa memasuki dunia kerja masa depan yang sarat dalam penggunaan teknologi.

Dengan begitu, adanya pandemi ini tidak serta merta menjadi hambatan bagi dunia pendidikan untuk berhenti dalam melakukan inovasi. Justru inilah momen yang tepat bagi dunia pendidikan untuk menciptakan pembelajaran berbasis teknologi yang akan mempersiapkan peserta didik dalam menyambut industri 4.0.

Whatsapp