BINUS Online

Keterampilan Inilah Yang Wajib Dimiliki Dosen Saat Mengajar Online

Mengajar dengan sistem online saat ini sudah banyak dilakukan oleh para dosen. Bahkan sebelum datangnya pandemi pun, beberapa dosen sudah menerapkannya. Apalagi di tengah pandemi yang mengharuskan setiap pelajar termasuk mahasiswa untuk melakukan pembelajaran secara online.

Di dalam melakukan pembelajaran online tentu saja menghadirkan pengalaman yang berbeda antara dosen dan mahasiswa. Di mana mereka tidak bertemu langsung di kelas, tetapi hanya pertemuan virtual saja. Sehingga, dosen pun perlu untuk memiliki keterampilan khusus di dalam mengajar.

Sehingga nantinya materi perkuliahan bisa diterima dan dipahami dengan baik oleh setiap mahasiswa. Lalu, keterampilan apa saja yang perlu dikuasai oleh dosen dalam mengajar online?

Pemahaman Media Online Secara Baik

Untuk bisa memaksimalkan penggunaan media online di dalam memberikan kuliah secara online, maka seorang dosen haruslah memahami dengan baik media tersebut. Di mana dosen harus melakukan riset untuk menemukan aplikasi apa yang cocok untuk digunakan dalam mengajar.

Setelah menentukan aplikasinya, barulah dosen mulai memahami setiap fitur dan kegunaanya. Sehingga, dosen pun bisa mulai memberikan pengajaran online kepada mahasiswa secara baik.

Bisa Menyajikan Materi Perkuliahan Dengan Kreatif

Materi perkuliahan yang disajikan dengan biasa-biasa saja akan membuat para mahasiswa merasa bosan dan tidak tertarik dengan mata kuliah yang diberikan.

Untuk memotivasi agar mahasiswa giat belajar dan terus menggali materi tersebut, maka dosen harus bisa menyajikan materi sekreatif mungkin. Dengan begitu, mahasiswa pun menjadi lebih antusias dan akan selalu menunggu-nunggu untuk pembelajaran kembali.

Berkomunikasi Secara Baik

Seorang dosen juga harus memiliki keterampilan berkomunikasi atau retorika yang baik di saat sedang menjelaskan materi perkuliahan secara online. Dengan komunikasi yang baik, mahasiswa bisa dengan jelas mendengarkan, mudah dalam memahami, dan tentu saja nyaman mengikuti pembelajaran online tersebut. Bahkan mahasiswa pun tidak akan ragu apalagi takut untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami. Karena dosen pastinya akan menjelaskan dengan sabar hingga mahasiswa mamahaminya.

Mampu Untuk Mengelola Kelas Online

Pengelolaan di kelas online tentu saja berbeda dengan di kelas secara fisik. Dosen harus bisa menjaga agar kelas online tersebut tetap kondusif dan perkuliahan bisa berjalan secara lancar hingga selesai. Misalnya saja dengan membuat kesepakatan di awal pembelajaran online yang harus dipatuhi oleh para mahasiswa agar bisa mendukung keefektifan belajar.

Karena jika pembelajaran online sedikit saja mengalami gangguan, maka akan mempengaruhi mahasiswa lainnya yang juga sedang fokus mengikuti pembelajaran. Sehingga, hal ini sangatlah merugikan semua peserta dan membuat materi tidak tersampaikan secara baik.

Melalui beberapa keterampilan yang dimiliki dosen tersebut, maka pembelajaran online pun bisa berlangsung secara lancar. Begitu pun dengan mahasiswa yang juga bisa nyaman serta menikmati proses belajarnya.

Whatsapp