BINUS Online

Perbedaan Dan Persamaan Sistem Pendidikan Di Indonesia Dengan Negara Lain

Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting di dalam melahirkan generasi-generasi penerus bangsa. Apalagi di zaman globalisasi ini, di mana generasi muda dituntut untuk memiliki pengetahuan serta kemampuan yang luas. Untuk melahirkan generasi yang berkualitas, tentunya tidak terlepas dari sistem pendidikan yang diterapkan oleh setiap negara.

Karena setiap negara tentunya memiliki sistem pendidikan yang berbeda-beda, di mana menurutnya paling cocok untuk diterapkan. Sistem pendidikan di Indonesia pastinya juga berbeda dengan sistem pendidikan yang diterapkan di negara lain. Namun, tidak menutup kemungkinan ada sistem pendidikan Indonesia memiliki kesamaan dengan beberapa negara lain.

Perbedaan Sistem Pendidikan Di Indonesia Dan Negara Lain

Indonesia dan negara lain memiliki perbedaan yang mencolok dalam sistem pembelajaran yang diterapkan. Seperti halnya dalam menetapkan pendidikan usia dini. Di mana pendidikan ini sangatlah baik untuk melatih perkembangan motorik anak. Namun, di Indonesia lebih menekankan kepada belajar membaca, menulis, dan berhitung untuk anak usia dini. Sedangkan di luar negeri, pendidikan usia dini lebih menekankan kepada bermain dan berinteraksi untuk mengeksplorasi lingkungannya.

Kemudian dari sisi waktu belajar, di mana waktu belajar di Indonesia sangatlah padat dalam waktu yang lama. Diketahui bersama, bahwa siang hari mayoritas pelajar Indonesia menghabiskan waktunya untuk belajar. Sedangkan di luar negeri, pelajar hanya melakukan belajar di kelas sekitar 30 – 40% saja dan selebihnya dihabiskan untuk bermain dan berinteraksi dengan teman-temannya.

Lalu untuk tugas yang diberikan guru, inilah yang sangat membedakan Indonesia dengan negara lain. Sebagian besar negara di luar Indonesia tidak memberikan tugas atau pekerjaan rumah. Namun di Indonesia, hampir setiap sekolah akan selalu memberikan tugas yang harus dikerjakan di rumah. Tujuannya baik yakni untuk menambah pengetahuan pelajar, namun hal ini justru bisa membuat mereka bosan dan tertekan.

Dari sisi ujian akhir, diketahui bersama bahwa Indonesia menerapkan ujian akhir sebagai penentu kelulusan. Sedangkan di luar negeri, hasil akhir ditentukan berdasar pada akumulasi pembelajaran yang sudah dilakukan setiap harinya. Dan untuk wajib belajar, setiap anak sudah dikenalkan dengan pendidikan sejak usianya masih kecil.

Namun di luar negeri, pendidikan baru mulai dikenalkan pada anak saat usianya menginjak 7 tahun. Dan berdasarkan penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa untuk mengenalkan pendidikan anak secara baik adalah ketika usianya sudah 7 tahun.

Kemiripan Sistem Pendidikan Indonesia Dan Selandia Baru

Sistem pendidikan di Indonesia juga memiliki kemiripan dengan negara lain, seperti Selandia Baru. Di mana Selandia Baru menerapkan sistem pendidikan dari jenjang usia dini, menengah, sampai ke pendidikan tinggi. Sistem pendidikan yang diterapkan oleh Selandia Baru ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan pelajar dalam berorientasi.

Sehingga nantinya dapat fokus untuk menajamkan kecerdasan karakter pelajar. Selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan praktikal pelajar yang akan sangat dibutuhkan di masa mendatang.

Melalui perbedaan maupun adanya persamaan antara sistem pembelajaran di Indonesia dengan luar negeri, pada intinya setiap anak memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan. Begitu pun juga dengan negara yang memiliki tanggung jawab atas pendidikan masyarakatnya.

Oleh karena itu, peran dari tenaga pengajar, orang tua, dan pemerintah sangatlah penting di dalam mendukung pendidikan yang baik pada setiap anak.

Whatsapp