BINUS Online

Tips untuk Tetap Produktif

Jakarta – Kegiatan Work from Home kini membuat banyak orang mengubah cara bekerjanya. Dimana mereka mulai melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk yang tidak biasanya mereka lakukan ketika berada di kantor. Salah satu faktor yang mempengaruhi kebiasaan ini adalah kurangnya manajemen waktu yang efektif.

Jika seseorang tidak memanfaatkan waktunya dengan baik, maka dapat dipastikan bahwa seseorang tersebut tidak dapat meraih tujuan yang diinginkan. Begitupula terhadap orang yang tidak biasa melakukan aktifitas di dalam rumah, dimana mereka tentu menganggap sepele terhadap pekerjaannya.

Pada pembahasan kali ini, BINUS Online Learning akan membagikan tips-tips bagaimana cara untuk mengatur kembali kebiasaan hidup yang produktif ketika menjalankan Work from Home.

Tentukan Tujuan Pekerjaan

Untuk mengembalikan semangat untuk lebih produktif lagi, cobalah untuk menentukan tujuan dari mengapa Anda bekerja. Dengan menetapkan tujuan yang jelas tentu akan memudahkan seseorang untuk sadar mengapa mereka harus menganggap pekerjaan ini serius walaupun harus terpaksa dilaksanakan dari rumah secara online.

Jadwalkan Aktifitas Selama Satu Minggu Kedepan

Buatlah jadwal selama tujuh hari kedepan, entah mulai memasukkan aktifitas-aktifitas yang dapat menyegarkan tubuh seperti olahraga, kemudian menentukan kapan harus mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dari kantor.

Dengan membuat jadwal seperti itu akan memudahkan seseorang untuk mengetahui hal apa yang mereka harus lakukan di jam-jam yang sudah ditentukan.

Hilangkan Aktifitas Buruk yang Mempengaruhi Pekerjaan

Melakukan WFH dari rumah memanglah sangat sulit, bukan karena akses pekerjaan karena jaringan internet melainkan karena banyak penghambat pekerjaan yang pastinya membuat seseorang terganggu seperti bermain game, membuka sosial media, dan menonton film misalnya.

Oleh karena itu gunakan waktu dengan bijak dan coba untuk menahan gangguan itu semua sampai pada akhirnya pekerjaan yang dilakukan telah selesai, ingatlah kembali apa tujuan Anda bekerja.

Ambil Waktu Istirahat

Semua orang yang bekerja tentu membutuhkan istirahat, tujuannya adalah untuk menjernihkan otak dari pekerjaan-pekerjaan yang sedang dilakukan. Penelitian juga mengatakan bahwa dengan mengistirahatkan anggota tubuh dan otak seseorang akan menjadi lebih produktif lagi.

Maka dari itu jangan pernah memaksa diri untuk terus bekerja, ambil waktu sejenak untuk beristirahat kemudian kembalilah bekerja jika tubuh dan pikiran sudah merasa lebih enak dan segar.

Cari Inspirasi Ketika Tidak Bersemangat

Kehabisan semangat bukan berarti seseorang harus beralih ke sesuatu yang menyenangkan. Cobalah untuk mencari inspirasi-inspirasi yang dapat menghidupkana kembali api yang ada, seperti contohnya menonton tayangan inspiratif yang ada di platform Youtube.

Whatsapp