BINUS Online

5 Taktik Sukses Negosiasi Gaji untuk Karier Cemerlang

Negosiasi gaji adalah hal yang paling penting sebelum Anda memulai kerja di sebuah perusahaan. Sampai saat ini, masih banyak perusahaan yang belum memberi gaji karyawan sesuai dengan jam kerja, skill, bahkan gelar si karyawan. Jangan sampai Anda mendapat gaji yang nominalnya tidak sesuai dengan kerja keras yang dituntut oleh perusahaan tersebut.

Mungkin saja kini Anda sudah memiliki kompetensi lebih dan berniat untuk negosiasi gaji. Untuk itu, Anda harus mengatur strategi yang baik agar bisa tercipta kesepakatan yang sama-sama menguntungkan kedua belah pihak. Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan selama negosiasi gaji agar Anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Atur Range Gaji yang Diinginkan

Sebelum mengatur range gaji yang diinginkan, Anda harus mengetahui apa saja kemampuan Anda terlebih dahulu yang dikira menguntungkan bagi perusahaan tempat Anda bekerja. Setelah menyadari kemampuan yang Anda miliki, cari nominal rata-rata untuk posisi tersebut dengan industri dan area yang sama. Usahakan Anda menargetkan nominal yang sesuai dengan standar gaji yang diatur pemerintah, ya.

Dalam negosiasi gaji, tim recruiter sudah pasti akan menurunkan nominal awal yang Anda ajukan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memasang angka tertinggi agar gaji nanti masih dalam nominal yang aman. Jika recruiter memberikan angka yang paling standar, bahkan sangat rendah, beranikan diri untuk menolaknya karena masih ada peluang besar di luar sana yang sesuai dengan gelar dan keahlian Anda. Jangan korbankan diri hanya untuk mendapat pekerjaan, sedangkan gaji yang Anda terima tidak sesuai dengan kemampuan maupun tanggung jawab yang harus diemban.

Atur Jadwal Temu dengan Atasan

Jika Anda ingin negosiasi gaji di perusahaan tempat Anda sedang bekerja, atur jadwal temu dengan atasan di waktu yang tepat. Sebagai contoh, Anda bisa memilih hari Kamis yang menurut Psychology Today merupakan hari terbaik selain Jumat untuk bernegosiasi gaji. Bukan tanpa sebab, ini dikarenakan orang-orang ingin segera menyelesaikan pekerjaannya pada hari Kamis dan Jumat sebelum memasuki akhir pekan.

Bicarakan Secara Positif

Saat melakukan negosiasi gaji, pastikan Anda berkomunikasi secara positif, bukan memaksa dengan menggunakan nada tinggi, menyombongkan diri, apalagi menyakiti hati atasan. Anda bisa memulainya dengan kalimat positif seperti, “Saya senang bekerja di sini” atau “Saya suka bekerja di sini karena pekerjaan ini cukup menantang.”

Setelah kalimat tersebut, ajukan negosiasi gaji dengan kalimat, “Namun sepertinya saya merasa beban dan tanggung jawab saya semakin meningkat. Oleh karena itu, saya ingin berdiskusi mengenai kemungkinan kenaikan gaji saya.” Dengan begitu, atasan pun akan lebih nyaman untuk mendengar negosiasi Anda.

Lakukan Tawar Menawar

Saat melakukan negosiasi gaji jangan sungkan melakukan tawar menawar. Sebutkan nominal gaji yang Anda inginkan. Terus lakukan negosiasi sampai Anda mendapatkan hasil yang positif. Jangan terima saja hasil yang negatif. Anda bisa ajukan tawaran dengan nominal di tengah-tengah atau bahkan ajukan benefit tambahan seperti kelonggaran waktu, gaji overtime, hari libur, proyek baru, bahkan kesempatan untuk dipromosikan pada jabatan yang lebih tinggi nantinya. Hal ini bisa Anda lakukan untuk meraih keuntungan lain jika negosiasi gaji yang Anda ajukan tidak dikabulkan atasan.

Berikan Bukti Hasil Kerja yang Baik

Saat melakukan negosiasi gaji, tunjukkan hasil kerja terbaik Anda. Bisa berupa portofolio atau bukti lain yang menunjukkan bahwa skill Anda bisa menguntungkan perusahaan. Tak cukup hanya dengan hasil kerja, Anda juga bisa tambahkan bukti gelar sarjana yang Anda dapatkan. Apalagi kini Anda bisa kuliah online di perguruan swasta terbaik di Indonesia, yaitu di BINUS Online Learning.

Di BINUS Online Learning, Anda bisa mengambil program kuliah online di jenjang Strata 1. Anda dibebaskan untuk mengatur jadwal kuliah sendiri berkat adanya sistem modular yang memudahkan mahasiswa memilih jumlah mata kuliah per semester. Pekerjaan pun tidak akan terganggu dengan berkuliah di BINUS Online Learning. Skill dan gelar yang Anda dapatkan juga akan membantu Anda dalam negosiasi gaji

Bagaimana? Siapkah Anda untuk bernegosiasi gaji? Bila Anda tertarik untuk kuliah online di BINUS Online Learning, klik di sini untuk informasi selanjutnya.

Whatsapp