BINUS Online

WFO Versus WFH, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Dewasa ini masyarakat semakin familier dengan istilah work from home (WFH). Ya, penyebaran virus COVID-19 membuat pola kehidupan masyarakat berubah drastis. Salah satu contohnya adalah meningkatnya tren WFH seiring anjuran pemerintah untuk menjaga jarak. 

Bagi mereka yang terbiasa work from office (WFO), bekerja secara remote tentunya menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi mereka kurang akrab dengan penggunaan teknologi. Meski begitu, mau tak mau setiap masyarakat harus bisa beradaptasi dengan perubahan pola kerja saat ini. 

Bicara mengenai dua sistem kerja yaitu WFH dan WFO, masing-masing pasti punya keunggulan dan kekurangan. Seperti apa ulasan lengkapnya? Cek perbandingan keduanya berikut ini. 

Work From Office (WFO)

Sebelum adanya pandemi, setiap karyawan dituntut bekerja di kantor selama durasi waktu tertentu. Inilah yang disebut dengan WFO. Bagaimana kelebihan dan kekurangan dari sistem ini?

Kelebihan

  • Komunikasi Lebih Efektif

Keunggulan bekerja di kantor yang pertama adalah komunikasi antar karyawan jadi lebih efektif dan meminimalisasi miskomunikasi. Selain itu, menggelar aktivitas seperti pengarahan, meeting, atau workshop pun jadi lebih mudah dilakukan. 

Bukan hanya itu, komunikasi secara langsung membuat instruksi kerja dapat ditangkap dengan jelas oleh karyawan. Dampak positifnya lagi, karyawan bisa memberikan hasil kerja yang maksimal.

  • Ritme Kerja Cenderung Stabil

Keuntungan selanjutnya yaitu ritme kerja cenderung stabil daripada bekerja dari rumah. Seperti yang kita tahu, setiap perusahaan pasti punya jam kerja masing-masing. Tugas karyawan adalah bekerja selama durasi waktu yang telah ditentukan dan berakhir ketika jam pulang tiba. Sesampainya di rumah, kamu pun bebas melakukan aktivitas yang diinginkan. 

  • Sarana Terjamin

Sarana bekerja di kantor tentunya lebih terjamin. Koneksi internet misalnya. Ketika WFO kamu tak perlu repot menyediakan koneksi internet sendiri, pasalnya sarana tersebut sudah termasuk fasilitas kantor yang bisa kamu nikmati. Apalagi biasa kualitas koneksi internet kantor jauh lebih baik daripada koneksi internet pribadi. 

Kekurangan

  • Menambah Biaya Pengeluaran

Tidak dimungkiri bahwa bekerja dari kantor bisa menambah biaya pengeluaran. Apalagi kalau berstatus sebagai perantau. Sudah pasti setiap bulannya kamu harus menyisihkan penghasilan untuk kebutuhan hidup seperti biaya kos, makan, sampai transportasi. 

  • Tidak Fleksibel

Selain terikat dengan jam kantor, biasanya pegawai kantor juga dituntut menggunakan seragam kerja dan berperilaku sesuai aturan yang ada. Inilah yang membuat bekerja dari kantor tidak lebih fleksibel daripada bekerja dari rumah. 

  • Berisiko Meningkatkan Stres

Memiliki lingkungan kerja yang tidak sehat membuat para pekerja berisiko meningkatkan stres. Kalau sudah begini kesehatan pun bisa ikut menurun hingga memicu rasa malas untuk pergi ke kantor. 

Work From Home (WFH)

Berbanding terbalik dengan WFO, WFH atau kerja remote memungkinkan para pekerja bekerja dari rumah. Begini keunggulan dan kekurangannya. 

Kelebihan

  • Hemat Biaya

WFH membuat pengeluaran bulanan jadi lebih hemat. Bagi perantau, kamu tak perlu lagi membayar biaya kos, makan, dan tarif transportasi. Sebagai gantinya kamu bisa menyimpan anggaran tersebut untuk tabungan. 

  • Lebih Fleksibel

Bekerja dari rumah tentu lebih fleksibel daripada bekerja di kantor. Urusan pakaian misalnya. Kamu tak perlu berdandan rapi ketika WFH. Bila pekerjaan sudah selesai dan ada waktu luang, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengerjakan tugas rumah. 

  • Meminimalisasi Stres

Keuntungan terakhir adalah meminimalisasi stres. Dengan WFH kamu tidak perlu lagi berjibaku dengan kemacetan di jalan atau lingkungan kerja yang tidak sehat.

Kekurangan

  • Rentan Mengalami Distraksi

Tidak selamanya pekerjaan yang dikerjakan dari rumah dapat berjalan mulus. Ada kalanya WFH membuat kualitas bekerja kurang produktif karena rentan mengalami distraksi. 

  • Biasanya Jam Kerja Tidak Teratur

Berbeda dengan WFO yang memiliki durasi kerja secara jelas, jam kerja saat WFH cenderung tidak teratur. Bahkan ada perusahaan yang tidak membolehkan karyawannya cuti ketika WFH.

  • Sering Miskomunikasi

Meski teknologi sudah berkembang pesat dan memungkinkan masyarakat bekerja dari rumah, tetapi tetap saja WFH bisa menyebabkan miskomunikasi ketika sesi diskusi dan koordinasi.  Itulah keunggulan dan kekurangan dari WFH dan WFO. Kalau kamu tim mana nih, WFH atau WFO? Apa pun pilihannya yang terpenting adalah kamu harus bisa bertanggung jawab dengan pekerjaan yang diberikan. 

Whatsapp