BINUS Online

Siapa Bilang Main Game Online Ga Punya Manfaat?

Bermain game memang sering dipandang sebelah mata, padahal kegiatan ini memiliki banyak manfaat. Asalkan tidak berlebihan, bermain game justru berdampak baik bagi tubuh dan juga hubungan sosial. Bahkan, bermain game bisa menghasilkan banyak uang. Contoh nyatanya dapat dilihat dari berbagai kompetisi skala nasional hingga internasional yang diselenggarakan oleh banyak negara di dunia dengan hadiah bernilai ratusan juta.

Suka Main Game? Ini Sederet Manfaatnya!

Sebagaimana diketahui, hampir semua game berbasis bahasa Inggris. Secara tidak langsung, hal ini memaksa kamu mempelajari bahasa Inggris. Ketika kamu kesulitan mencerna arti sebuah kalimat, kamu akan langsung membuka kamus atau menggunakan aplikasi terjemahan online. Makin banyak game yang kamu mainkan, makin banyak kosakata baru yang kamu pelajari. Lambat laun, kamu akan terbiasa dengan bahasa Inggris dan paham dengan sendirinya tanpa kamus.  

Bermain game secara online juga bisa memperluas relasi dan menambah teman dari berbagai latar belakang di belahan dunia. Kamu bisa bergabung dalam sebuah grup atau komunitas untuk membahas strategi atau hal lainnya. Hal menyenangkan ini efektif melepas penat dan menurunkan tingkat stres. 

Tak banyak yang menyadari bahwa jenis game strategi bisa meningkatkan kemampuan kamu dalam menyelesaikan masalah. Game yang penuh kompetisi mengharuskan kamu menyelesaikan tugas secara mandiri maupun berkelompok. Kamu akan terbiasa berpikir cepat dan tepat. Selain kemampuan problem solving, kreativitas kamu juga akan bertambah. Game juga melatih kamu menghadapi tantangan. Tentunya, dampak baik ini bermanfaat di kehidupan sehari-hari.  

Jika kamu termasuk orang yang sulit fokus, maka cobalah untuk bermain game secara rutin. Meskipun rata-rata game memang memerlukan fokus, game PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) dan First Person Shooter (FPS) membutuhkan fokus lebih. Ketika menyelesaikan misi dengan cara berperang atau menyelesaikan teka-teki, kamu dituntut untuk berkonsentrasi penuh. Kurangnya fokus dapat menyebabkan karakter kamu gagal menyelesaikan misi atau tertembak musuh dan game over

Kebiasaan bermain game juga memengaruhi kinerja dan fungsi otak. Bahkan, terdapat sejumlah game yang memang dirancang khusus untuk merangsang otak kiri dan kanan. Makin sering kamu bermain game, logika kamu akan makin terasah. Memori otak yang sering diasah akan mencegah pikun sejak usia muda.  

Kamu juga dituntut untuk berpikir kreatif dan out of the box. Ketika menghadapi masalah, secara tidak sadar IQ kamu tengah diuji. Apabila kamu sukses menyelesaikan masalah dan tantangan tersebut, kamu tidak hanya mendapatkan skor bagus, tetapi juga peningkatan IQ. Meskipun hanya sebatas game, kamu tidak akan takut saat mengambil risiko dan peluang yang ada. 

Satu lagi manfaat bermain game yang jarang disadari, yakni memudahkan kamu dalam mengontrol emosi. Saat kamu menghadapi rintangan dan menemukan jalan buntu, kamu dilatih untuk tetap tenang dan tidak cemas. Pengendalian emosi yang bagus dapat meningkatkan EQ, membuat pikiran lebih tenang, dan menjauhkan kamu dari hal buruk tak terduga. 

Jika kamu menyukai kegiatan bermain game dan ingin berkecimpung di industri digital di masa depan, maka kamu bisa mengambil jurusan Teknik Informatika atau Sistem Informasi. Kedua jurusan populer ini mempelajari pemrograman dengan fokus berbeda yang lulusannya dibutuhkan Game Developer untuk menganalisis sistem game maupun game tester. Menariknya, BINUS UNIVERSITY menawarkan program BINUS ONLINE LEARNING (BOL) yang memungkinkan kamu kuliah sambil kerja.

Selain Teknik Informatika dan Sistem Informasi, program BINUS ONLINE LEARNING juga menyediakan tiga pilihan jurusan lain, yakni Akuntansi, Business Management, dan Teknik Industri. Dengan pembelajaran jarak jauh, kamu tetap bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman luar biasa selama berkuliah. Kamu juga bebas menentukan jadwal kuliah dan jumlah mata kuliah melalui sistem modular yang dimulai pada semester kedua. Yuk, raih masa depan cerah bersama BINUS ONLINE LEARNING!

Kamu juga bisa meningkatkan kompetensi diri, karier dan bisnis dengan mengikuti serangkaian kegiatan ONE-X (Online Learning Expo) yang akan digelar pada 23 – 25 September 2021. catat dan ingat tanggalnya yah dan segera bergabung di ONE-X https://online.binus.ac.id/one-x/

Whatsapp