BINUS Online

Pembelajaran Daring, Efektifkah?

Setahun pandemi COVID-19 membuat kita menemukan banyak kebiasaan dan hal baru yang sebelumnya tidak pernah dilakukan. Salah satunya adalah pembelajaran jarak jauh secara online atau daring. Meskipun hal ini sebenarnya bukan sesuatu yang asing, adanya pandemi membuat orang semakin sadar bahwa sekolah pun bisa dilakukan melalui internet.

Sebelumnya pembelajaran online dilakukan oleh beberapa lembaga kursus atau pendidikan tinggi khusus baik dari dalam maupun luar negeri. Karena pandemi, mau tidak mau semua jenjang harus melakukan pembelajaran secara online dari rumah masing-masing.

Ada banyak pro dan kontra terhadap pembelajaran online ini. Beberapa merasa metode ini cukup efektif, sebagian lain berpendapat bahwa tidak semua orang bisa mengikuti pembelajaran online. Lalu, apa pembelajaran secara daring benar-benar efektif?

Apakah Daring Benar-Benar Efektif?

Salah satu kelebihan pembelajaran secara online adalah kita tidak perlu keluar rumah atau ke sekolah untuk belajar. Di mana dan kapan saja, selama ada gadget dan jaringan internet memadai, pembelajaran bisa dilakukan menyesuaikan dengan waktu yang dimiliki.

Selain fleksibilitas waktu dan tempat, e-learning (pembelajaran online) juga lebih terjangkau dan mampu memberikan wawasan luas. Bagaimana tidak, tanpa perlu membayar uang gedung dan pemeliharaan tempat belajar, kamu sudah bisa mengikuti setiap kelas dengan biaya sesuai yang didapatkan.

Terlebih lagi, saat ini ada banyak sekali platform untuk mendukung pembelajaran online agar tetap interaktif, seperti Google Meet, Teams, atau Zoom. Setiap platform juga didukung fasilitas memadai sehingga meskipun dilakukan secara jarak jauh, tetap ada interaksi antara pendidik dan peserta didik.

Jadi, tidak ada istilahnya murid tidak akan mengenal guru mereka karena sistem belajar online. Pasalnya, dengan dukungan teknologi saat ini, informasi yang akan disampaikan guru bisa sampai secara real time kepada peserta didik.

  • learning juga tidak membutuhkan buku. Pendidik biasanya akan memberikan e-book yang bisa diunduh dengan mudah, bahkan gratis. Jadi, jangan heran apabila sejak pandemi banyak orang berpendapat bahwa pembelajaran online cenderung lebih efektif dibanding metode konvensional.

Mengenal BINUS ONLINE LEARNING

Lembaga pendidikan di Indonesia yang sudah menerapkan pembelajaran online bahkan sebelum pandemi berlangsung adalah BINUS UNIVERSITY dengan program BINUS ONLINE LEARNING-nya. Program ini diharapkan dapat bermanfaat untuk para mahasiswa yang belum memiliki waktu dan kesempatan untuk meningkatkan pendidikan, tetapi ingin mengembangkan diri.

Kembali ke tujuan awal, BOL ingin memberi kesempatan pada mahasiswa yang ingin mengembangkan diri tanpa harus berhenti bekerja atau membangun bisnis mereka. Inilah alasan kebanyakan mahasiswa BINUS ONLINE LEARNING (BOL) merupakan karyawan atau mereka yang sudah memiliki usaha. 

BOL sendiri memiliki lima program studi pilihan yaitu, Akuntansi, Business Management, Sistem Informasi, Teknik Informatika, dan Teknik industri.  Untuk bisa mendaftar di BINUS ONLINE LEARNING, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.  

Agar proses belajar bisa maksimal, mahasiswa dibebaskan untuk memilih mata kuliah yang ingin diikuti dan menyesuaikan waktu pembelajaran sendiri. Hal ini jelas efektif sebab mereka tidak akan merasa dituntut sehingga bisa mengikuti setiap kegiatan perkuliahan tanpa beban.

Bedanya BINUS ONLINE LEARNING dengan perguruan tinggi berbasis online lainnya adalah, BOL tidak mematok biaya kuliah sebab hal tersebut ditentukan sendiri oleh mahasiswa tergantung jumlah mata kuliah yang mereka ambil. Jadi, mahasiswa bebas menyesuaikan biaya pendidikan sesuai kemampuan finansial mereka.

Jika sebelumnya mahasiswa wajib mengikuti ujian dengan datang langsung ke kampus BINUS ONLINE LEARNING, ujian dilaksanakan secara online dan bisa dilakukan di mana saja mulai tahun 2019. Di zaman serba digital seperti sekarang, tidak bisa kuliah karena kurang waktu atau biaya sudah bukan alasan lagi. Berkat program seperti BOL, semua orang bisa melanjutkan pendidikan tanpa rasa khawatir.

Jadi, tertarik bergabung dengan program BINUS ONLINE LEARNING? Semoga artikel ini bermanfaat.

Whatsapp