BINUS Online

Apa Sih Untungnya Kuliah Online?

Mahasiswa ikut kuliah online kini bukan lagi hal yang jarang terlihat. Kampus seperti BINUS ONLINE LEARNING sudah menyediakan pilihan kuliah daring lewat cara pendaftaran dan sistem belajar khusus. Mahasiswa bisa belajar lewat perangkat apa saja asalkan tersambung dengan sistem kampus dan memenuhi syarat kegiatan belajar.

Belajar tanpa datang ke ruang kelas dan berhadapan langsung dengan dosen mungkin masih terdengar janggal bagi yang terbiasa dengan sistem kuliah tradisional. Akan tetapi, sistem ini ternyata memberi banyak keuntungan tanpa mengurangi mutu kegiatan belajar-mengajar. Penasaran? Inilah beberapa keuntungan ikut sistem kuliah daring.

  • Fleksibel bagi Kaum Pekerja

Tidak semua orang bisa langsung kuliah S1 setelah lulus sekolah menengah. Banyak yang harus langsung bekerja atau minimal hanya bisa kuliah D3. Susahnya, kaum pekerja sering kesulitan mengatur waktu untuk kuliah lagi karena waktunya tidak memungkinkan.

Kuliah daring yang fleksibel menjadi solusi untuk pekerja yang terbelit masalah waktu. Karena tidak ada tuntutan untuk hadir secara fisik di kelas, kaum pekerja bisa kuliah dari mana saja sesuai kondisi. Waktu kuliah ini juga biasanya lebih fleksibel sehingga pekerja mudah mengatur waktu untuk belajar.

  • Meluaskan Kesempatan Belajar

Banyak mahasiswa yang ingin belajar di kampus berkualitas seperti BINUS UNIVERSITY, tetapi terhalang biaya akomodasi dan kebutuhan lainnya karena harus pindah tempat tinggal. Kuliah online membantu mahasiswa agar bisa belajar tanpa harus berdiam di kota baru. Kesempatan belajar pun menjadi lebih luas, tidak hanya untuk mahasiswa yang berdiam di kota tempat universitas tersebut berada.

Kuliah daring juga membantu mereka yang memiliki kondisi kesehatan kronis atau disabilitas. Dengan mengurangi kebutuhan untuk keluar rumah, mahasiswa bisa kuliah dengan nyaman tanpa mengorbankan kualitas pendidikan.

  • Hemat Biaya

Kuliah mahal? Siapa bilang? Kuliah daring bisa menjadi solusi bagi mahasiswa yang terkendala biaya tetapi ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Kamu bisa mengurangi biaya transportasi dan akomodasi karena tidak perlu datang ke kelas secara fisik. Bayangkan berapa banyak yang bisa dihemat jika kamu juga mendaftar beasiswa!

  • Menghindari Risiko

Situasi luar biasa seperti pandemi membuat kegiatan keluar rumah lebih berisiko. Selain itu, ada juga hambatan lain yang mungkin muncul, seperti cuaca buruk atau kondisi kesehatan yang kurang baik. Kuliah online membantu mahasiswa menghindari berbagai risiko ini.

  • Dokumentasi Lebih Mudah

Mencatat atau merekam sudah jadi bagian umum dari kegiatan perkuliahan, tetapi keduanya belum tentu efektif. Mencatat bisa membuatmu susah fokus ke kegiatan kuliah (terutama jika kamu tipe yang kesulitan membuat catatan secara rapi dan rinci). Merekam juga belum tentu efektif karena adanya risiko seperti keributan, alat perekam yang rusak, volume suara yang terlalu rendah, dan sebagainya.

Kuliah daring membuat dokumentasi lebih mudah. Kamu bisa menyalakan fungsi rekam pada perangkat untuk mengikuti kuliah, misalnya Zoom. Dosen juga bisa membagikan materi secara digital sehingga kamu bisa mengunduhnya secara lengkap tanpa harus mencetak.

  • Media Belajar Lebih Beragam

Belajar secara daring memberimu dan dosen kesempatan untuk menggunakan media belajar secara fleksibel dan kreatif. Kamu tidak hanya menggunakan slide presentasi dan teks, tetapi juga foto, video, diagram, animasi, dan audio. Semuanya bisa dibuat dan diakses dengan mudah lewat aplikasi di perangkat.

Kemudahan ini tidak hanya menguntungkan dalam kegiatan belajar, tetapi juga mengerjakan tugas. Kamu bisa membuat tugas atau presentasi kreatif dan bekerja bersama teman dalam tugas kelompok tanpa harus bertemu.

  • Pendekatan Kuliah Lebih Menyenangkan

Dalam kuliah daring, suasana kuliah biasanya cukup santai walau kegiatan belajarnya serius. Peserta bisa mengenakan pakaian yang agak santai dan duduk di tempat nyaman. Kuliah daring juga memudahkan kampus untuk menghadirkan dosen tamu atau pakar sehingga kegiatan belajar lebih menyenangkan dan kreatif. Suasana diskusi pun tidak terlalu menegangkan.

BINUS UNIVERSITY adalah salah satu kampus yang menyelenggarakan kuliah online, lengkap dengan semua keuntungan yang digambarkan di atas. Dapatkan kemudahan belajar jarak jauh lewat BINUS ONLINE LEARNING sekarang juga.

Whatsapp