Bekerja dan kuliah online ternyata dapat berjalan berbarengan. Apalagi, jika kampus penyelenggara perkuliahan jarak jauh seperti BINUS ONLINE LEARNING yang menawarkan fleksibilitas jadwal. Kamu juga dapat mengakses bahan ajar dengan mudah kapan saja dan dari mana saja. Praktis kan?

Namun, ada kalanya pekerjaan dan tugas kuliah datang bersamaan tanpa diduga, ditambah tenggat waktu yang berdekatan. Dalam situasi penuh tekanan seperti ini, biasanya kamu akan bekerja lebih keras untuk menyelesaikan semuanya. Bahkan, kamu rela begadang untuk itu. 

Sayangnya, bekerja terlalu keras dalam waktu lama dengan mengorbankan kesehatan tubuh tidak selalu berakhir baik. Tanpa disadari, tubuh terasa lelah, pikiran suntuk dan buntu, serta mudah marah dan kesal. Hati-hati, bisa jadi ini pertanda stres. 

Situasi demikian sebenarnya wajar, tetapi kamu bisa melakukan 6 tips berikut untuk menghindari stres berlebih. 

Sesekali tidak melakukan apa-apa itu boleh kok

Pernahkah kamu merasa kewalahan menyelesaikan semua hal sampai merasa stres dan justru tidak ingin melakukan apa pun? Perasaan ini wajar kamu rasakan. Bahkan, tidak perlu kamu lawan, terima dan akui saja kamu memang sedang tidak ingin beraktivitas seperti biasa.

Kamu tidak usah memaksakan diri tetap produktif ketika perasaan ini muncul. Jika memang ada tanggungan yang harus segera diselesaikan, kerjakan sebisanya dengan santai dan tanpa membebani pikiran. 

Istirahat itu bukan pekerjaan sia-sia

Eits, jangan berpikir bahwa istirahat itu berarti kamu tidak melakukan apa-apa. Justru istirahat perlu untuk mengembalikan kondisi tubuh dan energi yang telah dikuras habis saat bekerja. 

Jangan paksa diri harus bekerja ketika tubuh sudah memberi peringatan padamu. Lagipula, bekerja atau belajar dengan tubuh yang lelah pasti berakhir sia-sia karena bisa menurunkan kinerja dan membuatmu terbebani untuk menyelesaikan semuanya sesegera mungkin.

Punya hobi jadi penyelamat

Bosan dengan pekerjaan dan perkuliahan? Ini waktu yang tepat untuk mengeksplorasi hobi atau kegiatan yang kamu sukai. Melakukan hobi di waktu luang memang lebih ideal, tetapi menyisipkan sedikit waktu untuk hobi di tengah padatnya aktivitas juga efektif. 

Contoh, di sela-sela kesibukan kuliah online, kamu bisa mengambil jeda 15-20 menit untuk membuat lukisan kecil. Contoh lain, kamu dapat menyirami tanaman sambil menyegarkan mata usai lelah melakoni meeting online selama beberapa jam. Pendek kata, meluangkan waktu untuk diri sendiri sama pentingnya dengan menyelesaikan semua pekerjaan. 

Tetap berkomunikasi dengan lingkungan sekitar

Meski menjalani kuliah jarak jauh, kamu tetap perlu membangun dan menjaga komunikasi dengan keluarga, teman sekelas, serta dosen. Berkomunikasi jadi salah satu upaya agar kamu tetap terhubung dengan orang lain sambil menjaga kesehatan mental diri. 

Sapaan singkat melalui chat dan video call sudah cukup untuk mengisi ulang energi plus semangatmu. Coba perbincangkan hal-hal menarik di luar kuliah misalnya. Sekadar menyapa dan menanyakan kabar pun cukup untuk memulai percakapan. Lalu, kamu bisa lanjutkan dengan curhat untuk melepas beban pikiran tentang apa pun sehingga kamu merasa lebih rileks dan lega setelahnya.

Terapkan pola hidup sehat

Nah, tips ini jelas paling penting. Salah satu cara terbaik menghindari stres bukan dengan mengabaikannya, tetapi mengelola stres tersebut. Maka, persiapkan tubuhmu dengan cara menjalani pola hidup sehat, mulai dari melahap makanan bergizi seimbang, rutin berolahraga, dan cukup istirahat.

Penerapan pola hidup sehat ini akan membuat tubuhmu selalu bugar, pikiran jernih, dan membangun suasana hati yang positif. Saat stres muncul, kamu pun lebih siap menghadapinya dan sigap mengelola stres agar tidak berdampak buruk pada dirimu sendiri. 

Kelola waktu dengan bijak

Tips terakhir coba kelola waktu dengan bijak. Lakukan manajemen waktu antara kuliah online dan bekerja, sekaligus aktivitas harian lainnya. Dengan waktu yang terkelola baik, risiko kamu mengalami stres akibat jadwal bertabrakan atau tugas menumpuk bisa ditekan seminimal mungkin.

Contoh, selalu biasakan diri bersiap setiap pagi seperti saat kamu berangkat kerja atau kuliah. Olahraga ringan, mandi, sarapan, dan bersantai sejenak sebelum kelas pertama dimulai. Dengan begitu kamu akan mudah fokus saat berkuliah maupun bekerja, sekalipun semua kegiatan dilakukan secara online. 

Dari keenam tips di atas, mana yang sudah kamu coba praktikkan sendiri? 

Hal yang perlu digarisbawahi adalah jangan terlalu memaksakan diri saat tubuh sudah memberi peringatan, baik lewat rasa kantuk, badan lelah, hingga mood yang berantakan. Saat tanda-tanda ini muncul, ambil jeda waktu sejenak, istirahat dan pulihkan diri. Setelah itu, baru mulai bekerja lagi dan selesaikan semua tugas yang tertunda.  Semoga tips tersebut membantu ya!