BINUS Online

Siap-siap, 5 Profesi Ini Bakal Tergantikan Oleh Teknologi!

Tahukah kamu kalau perkembangan teknologi bakal menggantikan beberapa tren pekerjaan? Teknologi seperti AI dan robot kebanyakan memiliki kualitas lebih baik dari manusia untuk menyelesaikan pekerjaan yang bersifat otomatis atau berulang. Jika biasanya kita melihat mesin di industri seperti manufakturing, kini teknologi canggih tersebut bisa berdampak pada berbagai profesi lain. Apa saja profesi yang akan terdampak oleh perkembangan teknologi? Inilah 5 profesi agar kamu bisa mempertimbangkan jalur pendidikan dan kariermu.

Staf Layanan Retail

Teknologi telah mengubah cara kita berbelanja, tetapi AI dan robot berbasis AI bakal mengubah drastis kualitas kegiatan belanja, terutama di era pandemi. Berbagai aktivitas belanja mulai dari memesan, membayar, hingga berburu diskon kini bisa dilakukan dengan mesin.

AI juga membantu penjual untuk menawarkan produk dan penawaran khusus secara lebih efektif. Memanfaatkan big data, teknologi bisnis retail bisa menciptakan penawaran yang dirancang khusus untuk masing-masing pembeli berdasarkan kebiasaan belanja, demografi, dan sebagainya.

Layanan Pelanggan

Layanan pelanggan, terutama yang melayani lewat telepon dan chatting kini perlahan tergantikan oleh AI dan software. Kedua perangkat ini bisa memberikan solusi bagi pertanyaan-pertanyaan umum karena fungsi AI merekam memori sekaligus mencatat perilaku para pelanggan.

Staf layanan pelanggan mungkin masih ada untuk menangani pertanyaan unik yang membutuhkan jawaban di luar pakem. Akan tetapi, fungsi layanan secara umum sudah akan bisa digantikan oleh AI sehingga jumlah orang yang menangani pekerjaan ini tidak akan sebanyak sebelumnya.

Input Data

Input data sederhana adalah pekerjaan yang tidak terlalu membutuhkan kualitas serta kualifikasi tinggi. Sifatnya yang cenderung berulang dan menggunakan rumus tertentu membuatnya mudah digantikan oleh teknologi. Pelaku input data manual mungkin masih bisa ditemukan di kantor tertentu atau bisnis kecil. Akan tetapi, berbagai perusahaan di seluruh dunia sekarang sudah menggunakan software untuk pekerjaan ini.

Input data biasanya dilakukan menggunakan software manajemen bisnis. Fungsi input data dibuat otomatis sehingga tidak hanya cepat, tetapi juga bebas kesalahan. Perangkat ini akan menjadi salah satu yang banyak diadopsi perusahaan karena praktis dan berisiko rendah.

Tenaga Rakit

Tenaga rakit di pabrik merupakan pekerjaan yang sifatnya berulang. Pekerja dituntut untuk konsisten sehingga produk-produk yang keluar dari pabrik memiliki kualitas serupa. Pengulangan dan konsistensi mutu tersebut membuatnya mudah tergantikan oleh mesin dan AI. Penggunaan mesin membuat kualitas perakitan lebih konsisten dan bisa selesai tepat waktu.

Walau tenaga rakit merupakan pekerjaan yang mudah tergantikan, pengawas serta pegawai tingkat manajer biasanya masih dibutuhkan. Mereka yang menempati posisi ini juga harus memiliki kualifikasi khusus.

Pencatat Material dan Stok

Pencatatan material dan stok penting untuk menjaga keberlangsungan bisnis dalam rantai pasokan. Pekerjaan ini sekarang sudah semakin banyak diambil-alih mesin dan AI. Sifatnya yang berulang membuatnya mudah “dipelajari” mesin. Pencatatan lewat teknologi juga membantu mengurangi risiko kesalahan yang akan mempengaruhi aktivitas bisnis.

Pekerjaan yang tergantikan teknologi ini rata-rata memiliki unsur pengulangan. Akan tetapi, seperti yang terlihat dari contoh, profesi dengan posisi tertentu yang mengusung keahlian atau latar belakang khusus biasanya masih bertahan. Membentuk kualitas tinggi pada keahlian dan wawasanmu adalah kunci untuk tetap bekerja di era teknologi.

BINUS Online Learning dan Lulusan Berkualitas

Kuliah hingga jenjang yang lebih tinggi di kampus bermutu akan memberimu keahlian yang susah digantikan mesin. BINUS Online Learning adalah pilihan tepat untukmu yang ingin kuliah tanpa terkendala transportasi dan waktu. Pilihan program S1 dan S2 menciptakan kualitas lulusan tinggi dan banyak dicari di berbagai industri.

BINUS Online Learning menawarkan jurusan dengan potensi karier yang bertahan lama seperti Teknik Industri, Sistem Informasi, Manajemen Bisnis, dan Computer Science. Kurikulumnya disusun berdasarkan tren industri terbaru sehingga setiap lulusan dijamin siap kerja.  Ingin mendapat karier yang tidak mudah tergantikan mesin? Tingkatkan kualitas dirimu dengan kuliah di tempat yang tepat. Daftarkan diri untuk ikut BINUS Online Learning dan belajarlah tanpa terbebani waktu serta transportasi.

Whatsapp