BINUS Online

5 Manfaat Internship yang Wajib Diketahui

Magang merupakan wadah terbaik bagi individu yang ingin merasakan langsung bagaimana dunia kerja. Di beberapa universitas atau sekolah kejuruan seperti Binus, magang atau internship kerap menjadi syarat kelulusan. Terlepas apakah magang menjadi sebuah syarat kelulusan, aktivitas ini memiliki sejumlah manfaat yang bisa kamu rasakan. Sebelum mencari tempat magang yang pas, simak dulu ulasan mengenai 5 manfaat internship yang wajib diketahui berikut ini.

 

  • Mengembangkan Keterampilan

Manfaat internship yang pertama adalah mengembangkan keterampilan, baik softskill maupun hardskill. Jika di bangku perkuliahan atau sekolah kamu hanya diberikan keterampilan secara teori, pada momen magang inilah kamu bisa langsung mempraktikkan teori-teori tersebut. 

Selain belajar hardskill langsung dari karyawan yang berpengalaman di bidangnya, kamu juga akan banyak belajar softskill selama magang seperti kemampuan beradaptasi, berkomunikasi, dan bekerja sama dengan anggota tim. 

Jika ada kesulitan selama internship, jangan ragu untuk bertanya atau meminta bantuan kepada mentor atau rekan kerjamu. Di akhir masa magang, biasanya perusahaan tempat kamu magang akan memberikan feedback terkait kinerjamu.

Dari feedback tersebut kamu bisa tahu apa saja yang menjadi kekurangan serta kelebihanmu selama magang. 

  • Meningkatkan Peluang untuk Cepat Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus

Jika kinerjamu dianggap memuaskan selama magang, kesempatan untuk langsung direkrut setelah lulus kuliah pun semakin besar. Oleh karena itu, ada baiknya untuk tidak menyia-nyiakan momen magang ini. 

Jadi, bagaimana sih caranya agar kita bisa mendapatkan kesan positif di mata perusahaan tempat magang? 

Pertama, kamu perlu memperlakukan setiap pekerjaan yang diberikan secara serius layaknya seorang karyawan. Tunjukkan bahwa keterampilan yang kamu miliki bisa memberikan sumbangsih yang menguntungkan bagi perusahaan tersebut. 

Selain bekerja serius, kamu juga perlu berupaya untuk memberikan hasil kerja dengan kualitas bagus dan sesuai instruksi. Supaya kinerjamu semakin baik dari hari ke hari, kamu perlu mencari masukan dari rekan kerja atau mentormu. Cara ini juga bisa kamu gunakan untuk menjalin kedekatan dengan karyawan setempat. 

 

  • Menambah Relasi 

Manfaat internship selanjutnya adalah menambah relasi dari lingkungan yang profesional.  Perlu diingat, dalam dunia kerja memiliki relasi merupakan suatu keharusan. Apalagi kalau kamu bekerja di lingkungan dengan persaingan ketat. Keberadaan relasi dapat membantumu untuk menemukan karier yang pas. 

Sudah tahu bagaimana cara membangun hubungan baik dengan orang lain? Pertama, latih diri agar terbiasa tersenyum ketika bertemu atau berpapasan dengan orang lain. Seperti yang kita tahu, senyum merupakan simbol keramahan secara universal. 

Sebelum memulai percakapan, sebaiknya kamu sudah tahu siapa nama lawan bicaramu itu. Biasanya orang akan merasa dihargai ketika namanya disebutkan dalam sebuah percakapan. 

Usahakan untuk melakukan kontak mata ketika bicara. Kalau bisa jadilah pendengar yang baik serta berempatilah dengan lawan bicaramu. Memberikan pujian kepada lawan bicara juga bisa menjadi salah satu kunci sukses dalam membangun relasi. 

  • Mencari Referensi Kerja

Ketika melamar suatu pekerjaan, keberadaan referensi kerja ini begitu penting. Tak perlu khawatir buat fresh graduate, kamu bisa mendapatkan referensi kerja dari tempat magang. 

Menurut pengertiannya, referensi kerja adalah sebuah rekomendasi yang diberikan oleh mantan kolega atau perusahaan tempat ia magang/kerja. Dari referensi kerja inilah kemudian tim rekrutmen akan mengetahui bagaimana keterampilan dan keahlianmu dalam bekerja. 

Untuk meminta surat referensi kerja, kamu bisa menghubungi rekan kerjamu terdahulu melalui e-mail atau kontak yang ada.

  • Mempercantik Pengalaman Kerja Pada Resume

Manfaat internship yang terakhir adalah kamu bisa memasukkan pengalaman magangmu ke dalam CV atau resume yang digunakan untuk melamar pekerjaan. Biasanya perusahaan lebih tertarik dengan kandidat yang memiliki pengalaman kerja dibandingkan dengan mereka yang tidak punya. 

Jika berhasil lolos ke tahap wawancara, barulah kamu bisa menceritakan apa saja yang telah dikerjakan selama magang. Dengan begitu, rekrutmen akan mempertimbangkanmu dengan baik. 

Itulah 5 manfaat internship yang wajib kamu tahu. Selain dilakukan di sela-sela kuliah, sebetulnya magang juga bisa dilakukan setelah lulus kerja dengan tujuan untuk mendapatkan pengalaman sebelum benar-benar melamar sebagai karyawan suatu perusahaan. 

Whatsapp