BINUS Online

Lebih Baik Mana: Bekerja Sesuai Passion atau Pekerjaan dengan Gaji Besar?

Passion merupakan keinginan atau hasrat seseorang untuk melakukan sesuatu yang ia suka. Sebagian orang menjadikan passion miliknya sebagai motivasi kuat untuk meraih kesuksesan. Inilah alasan mengapa kinerja orang yang bekerja sesuai passion akan memberikan hasil yang maksimal. 

Di sisi lain, keberadaan passion membuat orang tersebut tidak gampang menyerah dan selalu bisa mengatasi rintangan yang ada di hadapannya. Jadi, apakah bekerja sesuai passion jauh lebih baik daripada bekerja di bidang yang menawarkan gaji besar?

Keuntungan Bekerja Sesuai Passion

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, cari tahu dulu sejumlah keuntungan yang akan kamu rasakan ketika bekerja di bidang yang disukai berikut ini. 

  • Lebih Mudah Menikmati Setiap Proses yang Dikerjakan 

Menjadi orang yang sukses itu membutuhkan proses. Ketika menekuni bidang yang disenangi, kamu akan menikmati setiap proses yang ada untuk meraih kesuksesan tersebut. Sekalipun pekerjaan yang kamu tekuni kerap membuatmu lelah hingga jatuh sakit, hal tersebut tidak akan membuatmu putus asa selama bekerja. Sebab apa yang kamu lakukan adalah hal yang disenangi. 

  • Sambil Bekerja, Sambil Mengasah Keterampilan

Banyak orang bekerja untuk mendapatkan gaji demi memenuhi kebutuhan sehari-hari. Beda halnya dengan mereka yang berkecimpung di bidang yang disenangi, selain mencari uang, bekerja bisa menjadi sarana untuk mengasah keterampilan. 

Semakin unggul keterampilan yang kamu miliki, semakin besar peluangmu untuk naik ke posisi yang lebih strategis atau mencari pekerjaan baru di tempat lain dengan gaji yang  lebih menjanjikan.

  • Selain Gaji, Kamu Juga akan Mendapatkan Kepuasan

Dalam bekerja sesuai passion, selain menerima gaji, kamu juga akan mendapatkan kepuasan tersendiri ketika berhasil menyelesaikan pekerjaan yang diberikan. Meskipun orang lain akan menganggap tugas yang kamu terima sulit, tetapi karena passion, apa pun tantangannya kamu berusaha untuk menghadapinya.

  • Tidak Ada Kata Bosan

Wajar bila ada kalanya setumpuk pekerjaan membuatmu mudah bosan ketika bekerja. Tetapi tidak kalau kamu bergelut dengan bidang yang sesuai dengan passionmu. 

Lagi-lagi passion akan membuat kamu tidak mudah bosan dengan rutinitas pekerjaan yang ada. Bahkan, ketika diminta untuk lembur di akhir pekan, hal tersebut tidak lagi menjadi masalah. 

  • Meminimalisasi Stres

Selain tidak mudah bosan, bekerja sesuai passion juga bisa meminimalisasi stres akibat pekerjaan. Ketika di kantor pun kamu jadi lebih betah untuk berlama-lama, alih-alih terburu-buru buat pulang. 

Pekerjaan Sesuai Passion VS Pekerjaan dengan Gaji Besar

Sejatinya, seluruh pilihan ada di tanganmu. Kalau kamu lebih menyukai bekerja di bidang yang disenangi, kamu bisa merasakan 3 keuntungan yang telah dijelaskan di atas.

Sebaliknya, beberapa orang dapat dengan mudah mengabaikan passionnya jika menerima pekerjaan dengan gaji yang lebih besar. Tidak ada yang salah dengan kedua pilihan ini. 

Di saat bekerja tidak sesuai passion, kamu bisa belajar mengenai kesabaran dan tetap berusaha untuk memberikan kinerja terbaik bagi perusahaan. 

Tips Menemukan Passion

Sebagian dari kamu pasti bertanya-tanya bagaimana sih tips menemukan passion sejak dini. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak rangkuman di bawah ini.

  1. Temukan suatu bidang atau pekerjaan yang bisa membuatmu bahagia ketika mengerjakannya. 
  2. Carilah kegiatan yang paling membuatmu penasaran untuk mencobanya
  3. Cari tahu satu hal yang akan kamu perjuangkan betul-betul sekali pun orang-orang di sekitarmu menentangnya. 
  4. Mulailah menggali tentang kelebihan dan kekurangan diri sendiri
  5. Coba ingat kembali tentang impian atau cita-cita masa kecilmu. Barangkali impian tersebut adalah passionmu. 

Pekerjaan Mana yang Akan Kamu Pilih?

Nah, di antara dua pilihan di atas, opsi manakah yang akan kamu pilih? Bekerja sesuai passion atau bekerja di perusahaan bonafide dengan gaji menggiurkan? Apa pun pilihanmu, selama kamu menganggap pekerjaan tersebut mampu membantumu memenuhi kebutuhan sehari-hari, maka pilihan itu tidak akan menjadi masalah. 

Semoga ulasan di atas bisa membantumu dalam menentukan pilihan, ya! 

Whatsapp