BINUS Online

Tips Menjaga Motivasi dan Konsistensi Mengejar Gelar Sarjana di Era Pandemi

Seluruh dunia tengah menjalani cobaan berat lewat pandemi COVID-19 yang tak kunjung selesai. Wabah penyakit ini pun dirasakan oleh masyarakat dari berbagai sektor, termasuk di antaranya adalah sektor pendidikan. Mahasiswa yang bermimpi mengejar gelar sarjana tidak hanya perlu belajar ekstra keras. Namun, kamu juga perlu menjaga konsistensi dan motivasi belajar agar tidak turun. 

Menjaga motivasi dan konsistensi belajar di era pandemi sangat penting. Dengan begitu, kamu bisa tetap giat belajar dan meraih nilai tinggi. Hal yang tak kalah penting, kamu tetap melanjutkan pendidikan kuliah sampai lulus dan memperoleh gelar sarjana. Selanjutnya, kamu pun dapat memanfaatkan keahlian dan gelar yang dimiliki untuk memperoleh pekerjaan menjanjikan. 

Agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan, kamu perlu memastikan kalau konsistensi dan motivasi belajar tidak turun. Ada lima tips yang dapat kamu praktikkan untuk melakukannya, yaitu: 

1. Tetapkan Target Harian

Seseorang bakal mudah menyerah saat merasa dirinya tidak memiliki pencapaian. Kamu perlu menghindari perasaan seperti ini. Caranya, kamu dapat menetapkan target kecil yang bisa diraih dalam waktu dekat, misalnya target harian. 

Penetapan target harian berguna untuk mendorong agar kamu tetap produktif di masa pandemi. Pastikan kalau target harian bisa kamu selesaikan. Cara seperti ini sangat efektif dalam menjaga motivasi belajar. 

2. Coba Terapkan Metode Belajar Podomoro

Tips selanjutnya yang dapat kamu praktikkan adalah mencoba metode belajar podomoro. Dalam teknik ini, kamu bisa belajar dalam durasi waktu tertentu dengan diselingi waktu istirahat. Selama belajar, kamu tidak boleh melakukan aktivitas lain. 

Metode belajar seperti ini sangat efektif karena membuat kamu bisa memfokuskan pikiran. Agar metode ini jadi makin menyenangkan, kamu bisa mengajak teman untuk belajar bersama. Kamu pun dapat memanfaatkan platform seperti Zoom untuk belajar bersama secara virtual. 

3. Sediakan Waktu Bersantai dengan Teman

Belajar memang penting. Namun, kamu tetap memerlukan waktu khusus yang bisa dimanfaatkan untuk bersantai, apalagi pembatasan aktivitas karena pandemi terasa sangat melelahkan. Oleh karena itu, kamu perlu menyempatkan waktu bermain dengan teman. 

Karena tengah berada di masa pandemi, kamu memang perlu meminimalkan kontak fisik dengan orang lain. Sebagai gantinya, kamu dapat melakukan interaksi secara virtual dengan teman. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan, seperti komunikasi via Zoom, bermain game multiplayer, dan lain sebagainya. 

4. Prioritaskan Kesehatan Mental

Pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung lebih dari 1 tahun berpengaruh besar pada upaya kamu menjaga motivasi belajar. Kamu pun bakal merasa sangat kesulitan dalam mempertahankan motivasi. Terlebih lagi, pandemi membuat pikiran kamu sering cemas, galau, dan bahkan stres. 

Oleh karena itu, selama pandemi kamu perlu menjaga kesehatan mental. Lakukan olahraga dengan jogging di area sekitar rumah atau mengikuti kelas yoga online. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga pola makan, menghindari kebiasaan begadang, dan lain sebagainya. 

Hal yang tak kalah penting, kamu perlu membatasi akses informasi terkait berita COVID-19. Terlalu sering membaca berita tentang COVID-19 berpotensi menimbulkan kecemasan berlebih. Solusinya, kamu perlu menyaring berita hanya dari sumber-sumber tepercaya. 

5. Kompromi dengan Situasi

Terakhir, kamu perlu memahami kalau pandemi COVID-19 merupakan situasi yang sulit bagi semua orang. Dalam kondisi seperti sekarang, banyak orang yang mengalami gangguan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, kamu tak perlu khawatir kalau saat ini mengalami gangguan dalam mempertahankan motivasi belajar. 

Kalau kamu tengah kesulitan dalam menyelesaikan tugas yang menumpuk, pastikan pikiran tetap tenang. Prioritaskan tugas yang perlu kamu selesaikan dengan segera. Setelah menyelesaikan tugas dengan prioritas tinggi, tidak ada salahnya kalau kamu beristirahat dan menenangkan pikiran. 

Dalam situasi new normal karena pandemi, mempertahankan konsistensi dan motivasi belajar memang sangat tricky. Namun, percayalah kalau pandemi akan segera berakhir. Oleh karena itu, kamu perlu menjaga motivasi yang bisa membantu pikiran untuk tetap fokus dan menjauhkan pikiran dari hal-hal yang membuat stres. 

Tetap semangat dalam mengejar gelar sarjana, ya. 

Whatsapp