BINUS Online

9 Tips Interview Kerja Online yang WAJIB Dipelajari

Interview kerja secara online kini menjadi praktik yang umum dilakukan oleh perusahaan saat melakukan perekrutan karyawan baru. Cara seperti ini memang efektif dan efisien, karena perusahaan dapat melakukan wawancara dengan kandidat dari berbagai lokasi. Oleh karena itu, kamu perlu membekali diri dengan persiapan matang agar proses interview kerja online berjalan lancar. Berikut tips interview kerja online

Tips Sukses Wawancara Online

Untuk membantu kamu agar proses interview kerja online berjalan sukses, ini 9 tips penting yang wajib dipelajari: 

1. Lakukan Riset

Saat melakukan interview kerja, baik yang berlangsung secara online ataupun offline, lakukan riset secara mendalam terkait pihak perusahaan. Kamu perlu tahu lingkup industri, produk, ataupun pencapaian perusahaan tersebut. Pengetahuan ini sangat berguna ketika kamu melakukan diskusi dengan pewawancara. 

Riset bisa kamu lakukan cukup dengan memanfaatkan search engine dan mengakses website resmi perusahaan. Sebagai tambahan, kamu dapat pula mengulik keberadaan manajer HRD atau recruiter di LinkedIn. Dari situ, kamu bisa melihat karakteristik dari orang-orang yang melakukan wawancara. 

2. Cek Aspek Teknis

Tips selanjutnya yang wajib kamu perhatikan adalah aspek teknis. Jangan cuma mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan. Namun, pastikan kalau setiap perlengkapan tersebut berfungsi dengan baik dan tidak akan mengalami gangguan saat wawancara. Ada 4 pengecekan komponen yang perlu kamu lakukan, yaitu: 

Setting Audio

Pastikan perlengkapan mikrofon dan speaker berfungsi dengan baik. Jangan sampai suara kamu tidak didengar oleh pewawancara. Biar kamu bisa mendengar suara pewawancara dengan jelas, pertimbangkan untuk menggunakan headset

Pengaturan Kamera

Cek kondisi kamera. Jangan sampai kamu terlihat terlalu gelap atau terang di kamera. Pastikan pula wajah kamu terlihat jelas di depan layar. 

Koneksi Internet

Faktor yang penting selanjutnya adalah koneksi internet. Apalagi, wawancara menggunakan video memerlukan bandwidth yang cukup besar. Untuk menghindari hal-hal tak diinginkan, kamu bisa memilih koneksi internet menggunakan kabel ethernet dibandingkan via WiFi. 

Platfom Video

Instal aplikasi video yang bakal digunakan pada sesi wawancara. Selain itu, usahakan untuk mencoba aplikasi tersebut terlebih dahulu biar kamu familier dengan fitur-fitur di dalamnya. 

3. Pilih Lokasi yang Tenang

Kamu tentu tidak ingin ada suara bising yang muncul secara tiba-tiba saat wawancara, kan? Suara bising itu bisa beragam, termasuk di antaranya adalah teriakan tetangga, mesin kendaraan, dan sebagainya. Untuk menghindari hal tersebut, pilih lokasi yang tenang dan jauh dari kebisingan. 

4. Tentukan Latar Belakang yang Tepat

Pemilihan latar belakang saat wawancara online juga sangat penting. Kamu perlu memilih background yang memberi kesan profesional. Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan latar belakang yang polos. Tujuannya, biar perhatian pewawancara tidak terdistraksi. 

5. Biasakan Bicara Pelan dan Jelas

Interview kerja lewat internet memang berlangsung secara real time. Meski begitu, tak menutup kemungkinan bakal ada delay akibat koneksi. Untuk mengantisipasinya, kamu perlu berlatih bicara secara pelan dan jelas. Jangan terburu-buru, dan pastikan kalau interviewer mendengar suara dan memahami kata-kata yang kamu sampaikan.

6. Dengar dan Jangan Potong Lawan Bicara

Tidak hanya kemampuan bicara. Kamu juga perlu memperhatikan setiap perkataan dari interviewer. Ketika mereka mengajukan pertanyaan, jangan langsung menjawab. Tunggu beberapa saat. Hal ini penting untuk memastikan kamu tidak memotong pembicaraan mereka.

7. Persiapkan Pakaian

Kamu memang melakukan wawancara secara jarak jauh dan tidak berhadapan secara langsung dengan interviewer. Meski begitu, kamu tetap perlu menjaga penampilan. Jangan cuma mengenakan baju atasan yang rapi. Namun, pertimbangkan pula untuk menggunakan bawahan sejenis.

8. Jaga Bahasa Tubuh

Bahasa tubuh perlu menjadi perhatian serius saat interview kerja online. Posisikan tubuh secara tegak dan mata menatap kamera. Jangan sampai terlihat membungkuk atau memegang kepala dengan dua tangan. Selain itu, tempatkan kedua tangan di atas pangkuan biar tidak menjadi distraksi. 

9. Kuasai Pertanyaan Umum yang Kerap Muncul saat Wawancara

Terakhir, jangan lupa berlatih. Kamu dapat mempersiapkan beberapa jawaban untuk pertanyaan yang kerap diajukan saat wawancara kerja. Pertanyaan tersebut di antaranya adalah pengalaman kerja atau selama kuliah, prestasi yang pernah dicapai, ataupun apa yang diinginkan saat ini. 

Nah, itulah tips penting yang wajib kamu kuasai biar interview kerja online berlangsung lancar dan sukses. Sebagai tambahan, kamu perlu pula mempunyai bekal keahlian yang mencukupi. Untuk hal yang satu ini, ada solusi tepat dari BINUS ONLINE LEARNING (BOL).

Di sini, kamu bisa menemukan pilihan jurusan kuliah yang lulusannya dibutuhkan dan banyak dicari perusahaan masa kini. Selain itu, BOL menawarkan sistem kuliah yang fleksibel, dapat kamu sesuaikan dengan keadaan masing-masing.  

Whatsapp