Branding yang kuat mampu memperkuat posisi suatu brand atau bisnis di tengah persaingan pasar. Di era digital seperti sekarang, salah satu strategi branding yang mampu memberikan hasil efektif adalah dengan membuat konten. Dari sekian banyak konten digital yang ada, pembuatan artikel merupakan cara bagus untuk bantu memperkuat branding. Memangnya, mengapa konten artikel dapat menjadi strategi branding yang bagus? Berikut lima alasannya!

Brand jadi lebih visible di ranah online

Alasan pertama konten artikel dapat menjadi strategi branding yang bagus adalah karena brand bisa jadi lebih visible atau mudah ditemukan di ranah online. Pasalnya, dalam pembuatan konten artikel, idealnya akan diaplikasikan strategi search engine optimization (SEO). SEO bertujuan agar konten artikel dari website dapat muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. Dengan begitu, harapannya banyak orang akan membuka konten tersebut sehingga traffic menuju website pun meningkat.

Peningkatan traffic dapat berpengaruh baik terhadap pendapatan bisnis kamu. Saluran pencarian organik mendorong lebih dari 50% traffic ke website secara rata-rata. Bahkan untuk bisnis bersifat B2B (business-to-business), persentase peluangnya bisa mencapai 64%. Penelusuran organik juga berdampak hingga 59% pendapatan jika dibandingkan dengan saluran lain.

Meningkatkan brand awareness

Ada beberapa cara meningkatkan brand awareness, salah satunya konten artikel. Konten artikel berkualitas memberimu kesempatan untuk menunjukkan kepada konsumen siapa kamu sebagai bisnis dan apa yang diwakilkan brand kamu. Strategi branding ini lebih dari sekadar pengenalan nama, tapi seberapa baik konsumen memahami kualitas yang membuat brand kamu menonjol di antara para pesaing di industri. 

Berbeda dari konten yang mendorong pendapatan, seperti iklan atau konten dalam deskripsi produk, konten artikel brand fokus pada informasi yang menarik dan relevan tentang bisnis. Daripada menjual produk, konten artikel untuk meningkatkan brand awareness berfokus pada penjualan nilai-nilai kamu sebagai bisnis dan mengapa konsumen harus membeli produk kamu.

Memperkuat kepercayaan audiens terhadap brand

Konten artikel juga dapat membantu brand membangun keahlian pada suatu topik. Melalui artikel yang ditulis dengan baik, brand kamu bisa menunjukkan expertise dan memperkuat kepercayaan audiens terhadap brand. Saat pelanggan mempercayai bisnis kamu, artinya bisnis kamu dianggap kredibel sehingga menghasilkan advokasi, loyalitas, dan keterlibatan yang lebih besar dari pelanggan. 

Jadi, buatlah konten yang ditulis secara ahli. Google ingin hasil pencarian di halaman pertama memiliki unsur keahlian karena Google ingin penggunanya puas dengan hasil pencarian. Oleh karena itu, sebelum menulis artikel, pastikan kamu memiliki pengetahuan yang cukup tentang materi yang dibahas dan kemampuan menulis secara profesional. 

Misalnya, jika kamu adalah pakar di topik tertentu tapi tidak punya kemampuan menulis, sewalah jasa penulis. Jika kamu seorang penulis, pastikan kamu memiliki akses ke berbagai materi penting untuk konten. Meningkatkan kepercayaan juga nantinya akan meningkatkan visibilitas brand, meningkatkan pendapatan, menerima basis pelanggan lebih kuat, dan mengembangkan bisnis untuk pertumbuhan berkelanjutan.

Meningkatkan kredibilitas brand

Baik saat mencoba untuk mendirikan perusahaan baru atau mengelola bisnis kecil yang telah berjalan selama bertahun-tahun, sangat penting untuk mencurahkan banyak waktu dan energi demi membangun kredibilitas brand. Ada baiknya memeriksa kredibilitas brand secara teratur dan mencari cara untuk meningkatkannya. 

Ada banyak cara untuk meningkatkan kredibilitas brand, salah satunya konten artikel. Strategi branding ini bisa dilakukan dengan menulis konten artikel mengenai produk atau jasa yang ditawarkan dan menyediakan ruang bagi pelanggan untuk berbagi review. Kamu bisa menambahkan kutipan review pelanggan dalam artikel untuk membantu menunjukkan kredibilitas.

Mempermudah brand menghasilkan leads

Menghasilkan leads atau prospek adalah tindakan mendapatkan minat pelanggan yang dapat ditindaklanjuti untuk output bisnis. Konten artikel mempermudah brand menghasilkan leads karena membantu audiens target dengan mudah menemukan bisnis kamu. 

Brand bisa menghasilkan lebih banyak leads untuk bisnis dengan memanfaatkan SEO dan SEM pada website. Mulailah dengan melakukan riset kata kunci untuk menentukan frasa apa yang dicari audiens target sebelum membeli produk atau layanan kamu. Setelah mengidentifikasi kata kunci yang tepat, optimalkan konten artikel.

Jika kamu menjual barang atau jasa yang sangat kompetitif, mendapatkan peringkat tinggi pada hasil pencarian online secara organik mungkin sulit. Sebagai solusi, gunakan perusahaan SEO untuk menghasilkan leads yang konsisten. Tidak setiap perusahaan SEO memberikan hasil yang sama, jadi penting untuk mengetahui cara memilih perusahaan yang tepat untuk bisnis kamu.

 

Mempertimbangkan berbagai alasan di atas, bisa dipastikan konten artikel dapat menjadi strategi branding yang bagus. Jika ingin memperdalam pengetahuan mengenai topik atau bidang tertentu, kamu bisa juga mengikuti BINUS ONLINE LEARNING. Sistem pembelajaran online dengan Learning Management System (LMS) ini ditujukan untuk kamu yang ingin tetap belajar dan memperoleh ilmu perkuliahan tanpa terikat dengan tempat dan jadwal kuliah. Klik di sini untuk cari tahu lebih lanjut tentang BINUS ONLINE LEARNING!