Memasuki dunia kerja nanti, ilmu yang kamu pelajari di bangku kuliah belum cukup menjadi bekal. Ada beberapa skill khusus yang harus kamu kuasai sebelum terjun ke dunia kerja. Apalagi menurut World Economic Forum (WEF), pada 2025 nanti banyak pekerjaan akan tergantikan oleh mesin. Karenanya, selama masa kuliah, kamu perlu menguasai skill yang tak akan bisa diterapkan ke mesin. Ditambah semakin bertambahnya tahun, skill yang akan digunakan dalam dunia kerja juga berkembang. Apa saja skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja saat ini? Ini dia jawabannya!

  1. Kemahiran dalam pengoperasian teknologi

Meskipun kita akan bersaing dengan mesin, bukan berarti kita harus meninggalkan teknologi sepenuhnya. Justru kita harus bersahabat dengan perkembangan teknologi yang ada, bahkan harus sampai dalam tahap mahir. Dalam tingkat paling dasar saja, karyawan akan diminta untuk mengakses data dan menentukan cara menindaklanjutinya. Itulah kenapa dibutuhkan sekali keterampilan teknis. Setidaknya kamu harus memahami dampak potensial dari teknologi baru pada industri, pekerjaan, dan bisnis mereka.

  1. People management

Skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja berikutnya adalah people management. Skill satu ini tidak akan dimiliki oleh mesin atau robot. Pada dasarnya, people management adalah bagaimana kamu mengatur orang-orang supaya bisa bekerja sebaik mungkin, apalagi sampai mencapai target yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Baik sebagai bagian dari tim sampai bisa memimpin dan mengenal bawahan hingga seluk beluknya, people management merupakan skill yang amat penting.

  1. Kreativitas tinggi

Baik bekerja di industri kreatif atau tidak, kamu tetap harus memiliki kreativitas yang tinggi. Karena di bidang apa pun nanti kamu bekerja, kamu tetap harus kreatif untuk memaksimalkan manfaat dari semua hal baru di masa depan seperti produk baru, cara kerja, hingga teknologi yang bekerja. Itulah kenapa perusahaan-perusahaan akan tetap menuntut kreativitas karyawan dalam memberikan ide-ide baru untuk berinovasi.

  1. Kemampuan berpikir kritis

Memasuki dunia kerja, kamu harus bisa berpikir kritis. Dengan kemampuan berpikir kritis ini, kamu bisa memberikan solusi dan ide inovatif dalam memecahkan masalah yang kompleks dengan menggunakan penalaran, logika, serta mengevaluasi argumen. Untuk mengasah skill berpikir kritis ini dimulai dengan menganalisis informasi dari berbagai sumber. Usai mengamati, kamu harus bisa mengandalkan penalaran logis daripada emosi, lalu mengumpulkan perspektif pro/kontra dari situasi terbuka untuk mendapatkan solusi terbaik. 

  1. Leadership

Skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja dan tak kalah penting adalah leadership. Skill ini berkaitan dengan kepemimpinan, membantu orang lain untuk menjadi versi terbaik bagi diri mereka, serta memimpin tim agar dapat mencapai tujuan. Kamu juga harus memiliki keseimbangan antara kemajuan pekerjaan, empati, simpati, hingga bisa berpikir selangkah lebih maju dibanding lainnya. Ditambah lagi, kamu harus bisa memahami situasi sosial dengan baik.

  1. Kecerdasan emosional dan budaya

Satu lagi skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja dan tak akan dimiliki oleh mesin atau robot, yakni kecerdasan emosional dan budaya. Kecerdasan emosional ini penting untuk menginformasikan setiap interaksi yang kita miliki dengan sesama teman di dalam tim. Kamu harus bisa memiliki empati, integritas, hingga bekerja dengan baik bersama orang lain. Mesin mana pun tak akan bisa memenuhi skill ini. 

  1. Kemampuan untuk mengambil keputusan

Siapa bilang pengambilan keputusan hanya dilakukan oleh pemimpin? Bahkan karyawan sekalipun harus memiliki skill membuat keputusan dengan baik dan bijak dalam pekerjaannya. Hal yang perlu diperhatikan dalam mengambil keputusan tentunya dengan menggabungkan analisis masalah dan intuisi yang tepat, diikuti dengan berpikiran yang logis.

Skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja ini harus kamu kuasai sejak duduk di bangku kuliah. Kamu dapat mempelajarinya lewat BINUS ONLINE LEARNING. Kuliah dengan BINUS ONLINE LEARNING memiliki sistem yang sangat fleksibel tanpa ada batasan waktu dan tempat dalam belajar dan mengasah skill kamu. Cek informasi tentang BINUS ONLINE LEARNING, klik di sini!