Di tengah pandemi, perkuliahan harus dilakukan secara online. Berkat bantuan teknologi, perkuliahan pun bisa berjalan meski tanpa tatap muka langsung. Mahasiswa bisa melakukan kuliah online dengan mengandalkan perangkat elektronik seperti PC, smartphone, tablet, dan laptop. Meski memiliki keunggulan seperti bisa dilakukan di mana saja, kuliah online tetap menimbulkan kekhawatiran sendiri. Bahkan mungkin banyak dari kamu yang bertanya-tanya apakah kuliah tanpa tatap muka langsung bisa dilakukan secara efektif.

Jawabannya adalah yes, bisa saja. Namun, ada sejumlah tips khusus yang perlu kamu terapkan agar kuliah berjalan efektif selama pandemi. Apa saja tips-tips tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini!

  1. Ubah mindset kamu 

Selama ini, banyak mahasiswa yang menganggap kalau kuliah online lebih santai dibandingkan kuliah tatap muka langsung. Karena anggapan santai ini, maka tanpa sadar kamu juga menjalani aktivitas kuliah daring dengan tingkat keseriusan yang tidak sebesar kuliah offline. Karenanya, supaya kuliah online lebih efektif, cobalah untuk mengubah mindset kamu.

Meski tak bertatapan langsung dengan dosen, tanamkan pikiran kalau kuliah online juga sama pentingnya. Tunjukkan keseriusan kamu mengikuti kuliah dengan lebih berkonsentrasi, mencatat materi perkuliahan, dan mengerjakan tugas tepat waktu.

  1. Buat reminder kegiatan dan pengumpulan tugas

Baik kuliah tatap muka langsung atau online, jangan sampai menyampingkan kewajibanmu sebagai mahasiswa. Ingat, tak hanya kuliah, kamu juga harus mengerjakan tugas tepat waktu sesuai dengan deadline. Bagaimana caranya bisa mengumpulkan tugas sesuai dengan deadline? Caranya dengan membuat reminder sesuai dengan jadwal pengumpulan tugasmu. Kamu bisa memajukan reminder menjadi satu hari lebih awal untuk bisa mengeceknya sekali lagi sebelum mengumpulkannya ke dosen.

  1. Hadir tepat waktu

Salah satu kelebihan kuliah online adalah kamu tak perlu datang ke kampus untuk mengikuti perkuliahan. Namun, hal ini jangan dijadikan alasan untuk bersantai. Usahakan untuk tidak bergabung dalam waktu yang mepet saat kuliah. Ingat, kamu harus memastikan jaringan internet di rumah lancar saat mengikuti kuliah online.

Bagaimana jika waktu kuliahnya sudah tiba, tapi jaringan internet malah tidak lancar? Oleh sebab itu, luangkan waktu beberapa menit sebelum mulai untuk mengetes jaringan internet lancar. Siapkan pula buku kuliah dan buku catatan agar kamu lebih siap kamu siap menjalani kuliah secara efektif.

  1. Ciptakan ruang belajar yang nyaman

Kuliah online juga membutuhkan suasana yang nyaman supaya kamu bisa berkonsentrasi menerima materi perkuliahan. Kenyamanan ini dapat kamu ciptakan dengan merapikan dan membersihkan area belajar di rumah.  Pastikan ventilasi udara lancar sehingga ruang belajar tidak panas, dan tentunya tidak ada barang-barang yang bisa memecah konsentrasi saat kuliah. Dijamin, dengan membuat ruang belajar yang nyaman, pasti kamu bisa lebih lancar menerima materi perkuliahan.

  1. Catat hal penting selama perkuliahan

Saat kuliah online, kamu juga perlu mencatat hal-hal penting yang disampaikan dosen. Pastikan catatan ini bisa kamu baca ulang dengan mudah. Caranya dengan mencatatnya di buku catatan secara rapi supaya bisa dibaca ulang dengan nyaman dan mudah tanpa harus membuka laptop. Kamu juga bisa menghias catatan kuliah kamu supaya nanti bisa lebih semangat membacanya.

  1. Manfaatkan sesi tanya-jawab dengan dosen

Biasanya di akhir, dosen akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk bertanya. Nah, kalau kamu masih kurang paham dengan materi yang diajarkan, inilah momen kamu untuk memanfaatkan sesi tanya-jawab dengan dosen. Kamu bisa mencatat bagian mana yang belum kamu pahami, lalu saat dosen membuka sesi tanya-jawab, kamu bisa langsung menanyakannya. Jadilah mahasiswa yang aktif dan selalu punya rasa ingin tahu tinggi agar kuliah bisa lebih optimal lagi.

Kalau kamu kuliah di BINUS ONLINE LEARNING, interaksi produktif antara dosen dan mahasiswa menjadi salah satu fokus utama. Seusai perkuliahan, dosen selalu memberikan sesi-tanya jawab untuk berinteraksi dengan mahasiswanya. Jadi, buat kamu yang mau kuliah online dengan sistem interaktif antara dosen dan mahasiswanya, BINUS ONLINE LEARNING adalah jawabannya!