Kamu mungkin sering menemukan jurusan akuntansi sebagai pilihan program studi di berbagai perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Wajar saja, sebab jurusan akuntansi merupakan jurusan yang diminati oleh banyak mahasiswa. Hal ini tidak lain karena jurusan akuntansi merupakan jurusan yang paling dibutuhkan oleh hampir semua perusahaan, sebab berkaitan langsung dengan keuangan perusahaan.

Bila kamu tergolong orang yang teliti, disiplin, dan suka dengan angka, jurusan ini bisa jadi pilihan terbaik. Ada sejumlah keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika mengambil jurusan akuntansi sebagai program studi, lho!

Jurusan akuntansi merupakan jurusan yang paling dibutuhkan oleh hampir semua perusahaan, sebab berkaitan langsung dengan keuangan perusahaan.

  1. Peluang kerjanya besar

Lowongan akuntan merupakan lowongan yang pasti ada setiap tahunnya. Posisi akuntan merupakan posisi yang krusial bagi perusahaan sebab akuntan umumnya berkaitan dengan kondisi arus kas perusahaan. Selain itu, posisi akuntan tidak mengharuskan seseorang untuk fokus ke satu bidang perusahaan tertentu, jadi kamu bisa bebas pilih perusahaan di bidang apa saja.

Menariknya, kamu juga tidak harus bekerja di perusahaan atau akuntan publik. Sebagai akuntan, kamu juga bisa memilih menjadi seorang auditor atau bisa juga bekerja di sektor perbankan.

  1. Memiliki kemampuan perencanaan keuangan

Akuntansi membutuhkan kemampuan berhitung yang baik serta pengetahuan di bidang ekonomi. Sepanjang masa perkuliahan, kemampuan dan pengetahuan ini akan digunakan untuk fokus ke mata kuliah yang berkaitan dengan keuangan. Hal ini tentu memberikan kamu kesempatan untuk mempelajari perencanaan keuangan.

Kemampuan untuk dapat mengatur rencana keuangan tidak hanya berguna di dunia kerja. Kamu bahkan dapat menerapkannya untuk kehidupan sehari-hari, misalnya untuk mengatur keuangan setiap bulannya. Kegiatan menabung atau bahkan berinvestasi dapat kamu terapkan dengan mudah.

  1. Logika semakin terasah

Kuliah jurusan akuntansi membutuhkan kemampuan untuk menganalisis keuangan. Hal ini tidak hanya membutuhkan kemampuan berhitung yang baik, tetapi juga keahlian berlogika. Di dunia kerja, khususnya ketika kamu harus melakukan audit terhadap keuangan sebuah perusahaan, logika menjadi kunci untuk menyelesaikan masalah. Akan ada kasus di mana terdapat pengeluaran yang tidak masuk logika sehingga patut dipertanyakan. Nah, jurusan akuntansi akan membantu kamu terbiasa menggunakan logika dalam setiap mata kuliahnya.

  1. Terbiasa teliti

Menghitung dan membaca angka bisa jadi ‘makanan’ sehari-hari. Salah hitung satu angka saja, analisis keuangan bisa meleset sehingga berpengaruh terhadap pertumbuhan perusahaan. Kuliah jurusan akuntansi membiasakan diri untuk lebih teliti, khususnya ketika mengerjakan suatu studi kasus yang membutuhkan perhitungan tingkat lanjut. Hitungan berderet hingga analisis keuangan bisa jadi cara untuk membiasakan diri kamu lebih teliti. Bukan tidak mungkin kebiasaan ini akan terbawa di kehidupan sehari-hari.

  1. Bisa membuka jasa akuntan

Semua perusahaan membutuhkan akuntan untuk menghitung dan menganalisis arus kas. Sayangnya, tidak semua perusahaan mampu merekrut akuntan untuk mengerjakan laporan keuangan mereka. Di sinilah celah usaha yang dapat kamu manfaatkan sebagai peluang usaha. Seorang akuntan, apalagi yang sudah memiliki pengalaman bekerja, dapat membuka jasa akuntansi sendiri untuk membantu perusahaan-perusahaan skala kecil dalam membuat laporan keuangan.

Keuntungan kuliah di jurusan akuntansi memang cukup menarik, khususnya untuk kamu yang ingin segera bekerja atau butuh ilmu lebih untuk menunjang karier. Namun, bila kuliah jadi sulit karena jadwal yang padat, tidak ada salahnya untuk mendaftar kuliah online. BINUS ONLINE LEARNING memungkinkan mahasiswa untuk memilih sendiri jumlah mata kuliah yang diinginkan sehingga kuliah jadi lebih efektif.

Selain itu, metode pembelajaran online memungkinkan mahasiswa untuk belajar tanpa batasan waktu dan tempat sehingga lebih fleksibel mengikuti jadwal kegiatan sehari-hari, Mahasiswa juga dapat berinteraksi dengan dosen ketika dibutuhkan tanpa ada batasan waktu dan tempat. Tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri kamu dalam program BINUS ONLINE LEARNING dan temukan berbagai bidang keilmuan perguruan tinggi untuk meningkatkan kemampuan diri, termasuk akuntansi!