Perusahaan cenderung suka dengan karyawan yang multitalenta. Namun, hanya ada beberapa jurusan kuliah yang memungkinkan mahasiswanya untuk lebih terlatih dalam mendalami banyak talenta sekaligus. Salah satunya adalah kuliah di jurusan Industrial Engineering atau teknik industri.

Industrial Engineering mengajarkan sejumlah keahlian selain hanya ilmu teknik. Keahlian tersebut antara lain proses industri, sistem informasi, hingga manajemen. Hal ini membuat prospek lulusan Industrial Engineering cukup bersaing, bahkan di era digital seperti saat ini. Lalu, apa hal lain yang membuat jurusan Industrial Engineering punya prospek bagus?

Ilustrasi kuliah industrial engineering. Perusahaan cenderung suka dengan karyawan yang multitalenta. Namun, hanya ada beberapa jurusan kuliah yang memungkinkan mahasiswanya untuk lebih terlatih dalam mendalami banyak talenta sekaligus. Salah satunya adalah kuliah di jurusan Industrial Engineering atau teknik industri.

  1. Mempelajari bisnis secara menyeluruh

Bagaimana bisa jurusan kuliah teknik mampu mempelajari bisnis? Sebenarnya hal ini berkaitan dengan salah satu mata kuliah, di mana mahasiswa Industrial Engineering harus mampu belajar mengenai sisi manajemen, mulai dari keuangan hingga prospek bisnisnya. Industri sendiri melibatkan banyak elemen, mulai dari manusia sebagai tenaga kerja, mesin, material, informasi, dan energi.

Jika kamu pikir hanya ini saja, maka kamu salah besar. Sebab, kuliah jurusan Industrial Engineering memberikan mata kuliah yang berkaitan dengan kelajuan industri. Kemampuan teknik mesin dan teknik informatika, misalnya, memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa teknik industri untuk menguasai proses industri secara menyeluruh.

  1. Peluang kerja yang besar

Banyaknya bidang ilmu yang terlibat dalam pembelajaran dalam jurusan kuliah Industrial Engineering membuat lulusannya memiliki peluang kerja yang besar. Sejumlah area pekerjaan seperti desain pengembangan produksi hingga konservasi energi di lingkungan pabrik dapat menjadi pilihan. Selain itu, lulusan Industrial Engineering juga bisa bergabung di lima bidang perusahaan, antara lain pertambangan dan penggalian, pengolahan, informasi dan komunikasi, serta jasa keuangan dan asuransi.

  1. Bisa jadi entrepreneur

Berkat kemampuan yang dibekalkan setelah menjalani masa kuliah jurusan Industrial Engineering, kamu tidak hanya bisa mendapat kesempatan untuk bekerja di berbagai bidang perusahaan. Kemampuan ini merupakan bekal yang cukup untuk menjadi seorang entrepreneur. Dengan kemampuan dan keahlian dalam bidang industrial engineering, kamu dapat mendirikan perusahaan kontraktor yang bekerja sama dalam berbagai bentuk proyek.

  1. Wawasan luas, tak hanya soal teknik

Mahasiswa jurusan Industrial Engineering juga dituntut untuk memiliki wawasan yang luas. Hal ini berkaitan dengan efektivitas pengerjaan suatu proyek yang mengikuti segala bentuk perkembangan zaman. Jurusan Industrial Engineering akan selalu update mengenai teknologi hingga pengetahuan baru untuk mendukung perkembangan zaman. Menariknya, wawasan pengetahuan ini tidak hanya terbatas pada dunia teknik. Sepanjang itu berhubungan dengan teknik industri, maka ada wawasan yang harus digali lebih lanjut.

  1. Bisa belajar secara online

Ketika kamu mengambil jurusan Industrial Engineering, maka ada beberapa hal yang mungkin kamu harus paham. Mata kuliah Industrial Engineering bergerak dinamis, terutama dalam bidang wawasan teknologi. Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa proses belajar mengajar juga bisa dilakukan secara online.

Kuliah online dengan jurusan Industrial Engineering sangatlah sesuai dilakukan. Tidak seperti mata kuliah lain yang membutuhkan tatap muka untuk metode praktik, industrial engineering dapat dipelajari dengan modul-modul pembelajaran sesuai kurikulum. Hal ini tentu saja hanya berhasil dengan fasilitas kuliah online yang memadai seperti milik BINUS ONLINE LEARNING.

BINUS ONLINE LEARNING memungkinkan perkuliahan dilakukan secara online tanpa mengurangi kualitas pengajaran untuk masing-masing mahasiswa. Program kuliah online ini tidak hanya menawarkan mahasiswa jam belajar yang fleksibel, tetapi juga kehadiran dosen yang tidak terbatas pada waktu dan tempat.

Selain itu, BINUS ONLINE LEARNING juga memanfaatkan Learning Management System BINUSMAYA yang mudah dipakai sehingga memungkinkan mahasiswa untuk saling berinteraksi, baik dengan mahasiswa lain maupun dosen atau pembimbing, mengenai perkuliahan. Semua terintegrasi menjadi satu tanpa perlu mencampuri urusan pribadi.