BINUS Online

Kuliah Jurusan Sistem Informasi Banyak Keunggulannya, Lho! Simak di Sini!

Sistem Informasi adalah jurusan yang masih belum cukup umum di masyarakat. Terkadang, masih banyak yang salah paham bahwa kuliah jurusan Sistem Informasi ini sama dengan jurusan Teknik Komputer. Padahal, keduanya cukup berbeda. 

Pada umumnya, jurusan Sistem Informasi mayoritas dilaksanakan dalam perkuliahan reguler. Akan tetapi, sudah ada beberapa universitas yang menyediakan sistem kuliah online untuk jurusan ini, salah satunya BINUS ONLINE LEARNING. Selain itu, saat ini, sudah banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan dari jurusan Sistem Informasi. Oleh sebab itu, mari simak beberapa keunggulan jurusan Sistem Informasi di bawah ini!

Sistem Informasi adalah jurusan yang masih belum cukup umum di masyarakat. Terkadang, masih banyak yang salah paham bahwa kuliah jurusan Sistem Informasi ini sama dengan jurusan Teknik Komputer. Padahal, keduanya cukup berbeda. 

  1. Cocok untuk yang menyukai teknologi

Sistem informasi, teknik komputer, dan teknik informatika bisa dibilang serupa tapi tak sama. Ketiganya sama-sama berhubungan dengan teknologi, tetapi berbeda di beberapa bidang. Teknik komputer dan teknik informatika lebih fokus pada komponen hardware dan software

Namun, sistem informasi adalah bidang ilmu yang menggabungkan dasar keduanya dengan ilmu bisnis. Sama seperti penerapan kerjanya, di zaman yang semakin berkembang ini, materi sistem informasi sudah bisa diakses secara digital melalui kuliah online.

  1. Banyak dicari perusahaan

Saat ini, digitalisasi sudah menjamur ke berbagai industri, sehingga berbagai perusahaan mulai meningkatkan performa pelayanan yang ramah teknologi. Oleh sebab itu, banyak perusahaan yang memerlukan posisi eksekutor teknologi, termasuk lulusan Sistem Informasi. 

Hal ini menandakan prospek kerja yang tersedia bagi jurusan ini cukup luas. Beberapa posisi pekerjaan yang cocok bagi lulusan Sistem Informasi dan banyak dibutuhkan saat ini adalah Business Analyst, Web Developer, Project Manager, dan lain-lain. Bahkan, sektor pemerintahan saat ini sudah mulai membutuhkan lulusan dari Sistem Informasi. 

  1. Bisa jadi programmer

Saat ini, programmer sering kali disebut sebagai profesi dengan penghasilan tertinggi. Sebetulnya, profesi programmer adalah prospek kerja yang paling umum bagi lulusan jurusan Teknologi Informasi. Akan tetapi, lulusan jurusan Sistem Informasi juga memiliki peluang untuk bekerja di bidang ini. Sebagai profesi lintas jurusan, lulusan Sistem Informasi bisa mengikuti beberapa training, bootcamp, ataupun kuliah online untuk meningkatkan skill-skill yang belum didapatkan selama di jurusan Sistem Informasi.

Beberapa tokoh programmer dunia saat ini juga banyak yang menjadi pengusaha sukses, seperti Bill Gates, Elon Musk, dan Mark Zuckerberg. Apabila lulusan Sistem Informasi meningkatkan skill programmer mereka, bukan hal yang mustahil untuk meraih kesuksesan seperti itu. 

  1. Bidang ilmu yang aplikatif

Pada era digital, pengetahuan dalam sistem informasi adalah ilmu yang aplikatif di berbagai sektor. Jenis-jenis pengetahuan yang diperoleh selama pembelajaran di jurusan Sistem Informasi dapat diaplikasikan di berbagai tempat dan kesempatan. Beberapa kemampuan aplikatif yang akan dikuasai oleh para calon sarjana Sistem Informasi mencakup kemampuan menganalisis, organisir data digital, computer science, security awareness, dan lain-lain.

  1. Mempelajari bisnis dan manajemen

Selain pemahaman dalam ranah teknologi, seorang lulusan Sistem Informasi juga perlu memahami ilmu bisnis dan manajemen. Nantinya, lulusan inilah yang bertanggung jawab dalam menjadi penghubung antara teknologi ke masyarakat, terutama tentang bagaimana kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi secara digital. Begitu pula sebaliknya, tentang bagaimana penerapan teknologi bisa dipahami secara terpadu oleh masyarakat. 

Oleh sebab itu, ilmu sistem informasi berkaitan dengan bisnis dan manajemen. Ini karena sistem informasi membantu agar nilai sektor bisnis makin meningkat dengan kepuasan masyarakat atau pelanggan atas penerapan teknologi. Jadi, kemampuan analisis data sangatlah penting. Salah satu prospek kerja lulusan sistem informasi yang cukup tinggi adalah Data Analyst.

  1. Kuliah fleksibel

Pembelajaran sistem informasi tidak hanya bisa didapatkan melalui kuliah reguler, tetapi juga kuliah online. Melihat demand pasar teknologi dalam negeri yang semakin meningkat, di Indonesia juga sudah ada pembelajaran Sistem Informasi melalui kuliah S1 online dan juga kelas karyawan. Salah satu universitas bergengsi yang menyediakan program tersebut adalah BINUS UNIVERSITY dalam program BINUS ONLINE LEARNING.

Bukankah sangat menarik mengetahui fakta bahwa gelar Sistem Informasi dengan prospek kerja berpenghasilan tinggi, ternyata saat ini sudah bisa diperoleh 100% online? Jadi, kamu yang sudah bekerja pun masih bisa menempuh pendidikan kuliah S1 Sistem Informasi dengan jadwal fleksibel. Info selengkapnya terkait ketentuan pembelajaran online jurusan Sistem Informasi bisa kamu cek di sini!

Whatsapp