BINUS Online

Perbedaan Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika

Perbedaan jurusan sistem informasi dan teknik informatika sebenarnya cukup signifikan meski banyak orang menganggapnya sama. Sebenarnya, teknologi informasi merupakan bagian dari sistem informasi. Pemikiran bahwa kedua istilah ini sama tentu dapat membingungkan calon mahasiswa yang tertarik untuk menempuh jurusan yang terkait dengan teknologi tersebut.

Terlepas dari kesamaan kedua bidang ini yang sama-sama berurusan dengan komputer, kedua jurusan ini mempunyai karakteristik berbeda dengan jalur karir yang juga tidak sama. Keduanya bahkan membutuhkan metode pembelajaran berbeda. Simak terus artikel ini untuk mengetahui detail tentang masing-masing jurusan tersebut.

Perbedaan Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika: Apa Saja?

Pertama-tama, kenali dulu sistem informasi. Istilah ini mencakup sistem, sumber daya manusia serta proses yang didesain untuk merancang sekaligus menyimpan dan mendistribusikan informasi. Tepatnya, bidang ini menjembatani bisnis serta ilmu komputer. Bisa jadi, mereka yang tidak dapat membedakan antara sistem informasi dan teknik informatika adalah karena mereka berpikir semua sistem informasi merupakan sistem yang berbasis komputer.

Kenyataannya, sistem informasi juga bisa dikaitkan dengan alat sederhana untuk membuat dan menyebarkan informasi. Bahkan pulpen dan selembar kertas adalah sistem yang digunakan untuk merekam informasi. Sistem informasi memang sangat bergantung pada komputer serta perangkat berbasis teknologi lainnya. Namun, sistem informasi lebih dulu ada daripada komputer serta dapat mencakup sistem non-teknologi.

Contoh paling akurat adalah sistem informasi manajemen, yang memanfaatkan informasi seperti database dalam peningkatan kinerja, pembuatan laporan, serta pengambilan keputusan. Sistem ini memanfaatkan database serta pendukung keputusan komersial dalam upaya bisnis seperti prediksi, pemrograman linier, serta deretan keputusan.

Lalu, apa itu teknologi informasi? Teknologi informasi merupakan bagian dari sistem informasi. Namun, TI tetap terkait erat dengan teknologi yang terlibat dalam sistem tersebut. Teknologi informasi terkait erat dengan pembelajaran, rancangan, implementasi serta pengelolaan sistem informasi berbasis komputer.

Teknologi informasi terkait dengan perangkat keras dan perangkat lunak serta database dan network atau jaringan. Teknologi informasi melakukan pengaturan akan proses perolehan data yang diproses untuk disimpan dan disebar dalam bentuk informasi digital. Fokus teknologi informasi adalah tata kelola teknologi serta manfaatnya dalam memajukan tujuan bisnis secara keseluruhan.

Bidang Studi dan Karir Lulusan Jurusan Sistem Informasi

Perbedaan jurusan sistem informasi dan teknik informatika juga terkait pada bidang studi dan karir. Bidang studi dalam sistem informasi merupakan penggabungan aspek teori informasi, sistem hardware dan software, serta konsep bisnis dan jaringan. Mahasiswa akan mempelajari tentang dasar sistem informasi, teori dan desain network, pemrograman basis data dan Java, serta materi kuliah lainnya.

Sistem informasi terkait erat dengan bagaimana sumber daya manusia dalam menjalankan bisnis yang memanfaatkan komputer dalam menyelesaikan pekerjaan. Sistem informasi menyediakan berbagai peluang kerja yang luas, terlebih jika lulusan sistem informasi memiliki pengalaman kerja yang relevan.

Tidaklah sulit mengingat mayoritas kampus dengan jurusan ini memberikan peluang kerja bagi mahasiswa sembari kuliah. Jenis pekerjaan potensial untuk lulusan sistem informasi termasuk analis sistem komputer, administrator keamanan sistem, dan bahkan analis bisnis. Selain bekerja di perusahaan, tentu lulusan sistem informasi juga dapat memiliki perusahaan sendiri.

Perbedaan jurusan sistem informasi dan teknik informatika yang terkait dengan karir juga cukup signifikan. Lulusan sistem informasi juga memiliki jenjang karir bagus. Saat ini, bidang yang berkembang untuk jurusan sistem informasi adalah analis bisnis, di mana mereka harus menggunakan data dalam mempelajari tren, merancang proyeksi, sekaligus memuat keputusan dalam pengembangan strategi dalam perusahaan.

Jenjang karir lainnya adalah manajer sistem informasi. Deskripsi pekerjaan meliputi pengawasan keamanan sistem informasi tertentu sekaligus desain dan operasi. Manajer sistem informasi melakukan penilaian kebutuhan perusahaan sekaligus merancang strategi serta program dalam pemenuhan kebutuhan tersebut.

Bidang Studi dan Karir Lulusan Jurusan Teknologi Informasi

Sedangkan bidang studi untuk jurusan teknologi informasi berfokus pada rancangan serta keamanan sistem teknologi informasi, di mana hal inilah yang juga mendasari perbedaan jurusan sistem informasi dan teknik informatika. Beberapa bidang studi yang ada di teknologi informasi adalah manajemen database, administrasi TI, manajemen keamanan teknologi, rekayasa perangkat lunak, dan semacamnya.

Bidang studi tersebut terkait dengan pekerjaan yang memadukan perangkat lunak, perangkat keras, jaringan, dan database. Jenjang karir lulusan teknik informatika adalah cyber security, administrator database atau network, manajemen infrastruktur TI, dan yang terkait dengan perencanaan sumber daya perusahaan, seperti pemrograman komputer dan pengembangan perangkat lunak, direktur IT, analis cybersecurity, manajer sistem TI, dan profesi semacamnya.

Bagi mereka yang berminat menjadi administrator jaringan, mereka harus berfokus pada konfigurasi perangkat lunak dan perangkat keras yang diperlukan dalam membuat jaringan internet atau intranet. Selain itu, mereka juga memastikan bahwa sistem keamanan aman. Lulusan TI juga dapat menjadi ahli cybersecurity yang melindungi sistem sekaligus infrastruktur komputer dan jaringan dari cyberattack.

Lulusan jurusan TI juga dapat menjadi spesialis komputer yang menjadi staf IT perusahaan untuk memperbaiki masalah perangkat lunak, perangkat keras, serta jaringan koneksi. Selain itu, karir sebagai administrator ahli database juga dapat memberikan ilmu mereka untuk konfigurasi pengamanan gudang informasi digital yang krusial untuk bisnis berbasis data. Spesialis TI juga dapat menjadi network architect yang merancang jaringan baru untuk kebutuhan perusahaan.

Mana yang Lebih Prospektif?

Perbedaan jurusan sistem informasi dan teknik informatika yang sudah tersebut di atas menunjukkan bahwa kedua jurusan ini menjanjikan karir prospektif. Ahli di dua bidang ini sama-sama dibutuhkan perusahaan di era digital.

Pilih universitas yang tepat dengan pengalaman terbaik, di mana lulusannya sudah terbukti menjadi pilihan banyak perusahaan yang membutuhkan jasa ahli sistem informasi dan ahli teknik informatika, salah satunya BINUS ONLINE, salah satu Perguruan Tinggi Indonesia terbaik dengan metode kelas online terbaiknya.

Whatsapp